Xbox One vs PS4, Mana yang Lebih Bagus?

Xbox One vs PS4

Manakah yang lebih bagus antara Xbox One vs PS4? Tentunya hal ini bersifat relatif karena tergantung dari kenyamanan bermain setiap orang.

Xbox One dan PlayStation 4 telah menjadi konsol yang menentukan dekade 2010-an. Konsol Microsoft dan Sony menunjukkan peningkatan besar dari sistem mereka sebelumnya dan memberikan peningkatan besar pada game dengan konsol baru yang kuat.

Meskipun Xbox One vs PS4 akan segera tumpang tindih dengan konsol generasi berikutnya, PS5 dan Xbox Series X, konsol ini akan tetap ada untuk sementara saat transisi. 

Game terkenal seperti Cyberpunk 2077 dan lebih banyak lagi masih akan melihat banyak rilis untuk konsol pada tahun 2023.

Seperti generasi sebelumnya, Xbox One vs PS4 telah menerima beberapa revisi dan peningkatan perangkat keras, model, harga, dan kemampuan. 

Lantas, apa saja perbedaan antara Xbox One vs PS4? Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Yuk Top Up Games Murah dan Cepat di VCGamers Marketplace!

Perbedaan Xbox One vs PS4

Untuk membandingkan kedua konsol ini, VCGamers telah merangkum beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui seperti pada penjelasan di bawah ini.

Desain

Xbox One vs PS4
Xbox One vs PS4. (Source: Euro Gamer)

Xbox One S sedikit lebih besar dari PS4 Slim. PS4 asli kira-kira sebesar dan sebesar Xbox One tetapi PS4 Slim adalah versi yang dipangkas dan menyediakan fungsionalitas yang sama. 

PS4 Slim juga menggantikan PS4 asli di rak toko secara permanen. Xbox One X – 295 x 230 x 64 mm memiliki berat 2,9 Kg, sedangkan PS4 Slim – 265 x 39 x 288 mm punya berat 2,1 Kg.

Kedua konsol ini memiliki fitur 3x USB 3.0, 1x HDMI 2.0, Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac. PS4 Slim juga memiliki dukungan untuk USB 3.1.

Penyimpanan

Cara Mengganti Karakter di GTA 5
Xbox. (Source: VCGamers)

Baik Xbox One S dan PS4 Slim menawarkan penyimpanan 1 TB dengan hard drive bawaan. Kamu memiliki opsi untuk memilih penyimpanan 500GB untuk Xbox One S tetapi PS4 Slim akan selalu hadir dengan penyimpanan 1 TB, meskipun memiliki penyimpanan 500GB saat dirilis.

Jika kehabisan penyimpanan 1 TB, kamu juga dapat menggunakan hard drive eksternal untuk mengunduh game, film, musik, dan lainnya dan mengaksesnya dari penyimpanan itu.

Game

Cheat GTA 5 Xbox One
Game GTA.

Sama seperti konsol sebelumnya, ada banyak game yang eksklusif baik untuk PS4 maupun Xbox One. Banyak game Microsoft Studio biasanya eksklusif untuk PC dan Xbox One. 

Pada umumnya game biasanya dirilis untuk kedua konsol seperti Red Dead Redemption 2, FIFA, NBA dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Menggunakan Discord di PS4 Tanpa PC

Performa

Xbox One vs PS4
Xbox One vs PS4. (Source: PhonAndroid)

Xbox One vs PS4 tidak mendukung resolusi 4K HDR untuk gamenya masing-masing. Namun, mereka menawarkan dukungan 4K HDR untuk pemutar video mereka.

Jadi, jika menonton film atau video YouTube 4K, kamu dapat merendernya.

Dukungan 4K ditambahkan ke model terbaru Xbox One X dan PS4 Pro. Ini seharusnya tidak masalah jika kamu tidak memiliki TV berkemampuan 4K.

Ada juga perbedaan terkait kinerja masing-masing konsol GPU, CPU, dan RAM. Jika kamu tidak paham secara teknis, pada dasarnya berarti bahwa Xbox One S dan PS4 Slim memiliki kekuatan pemrosesan yang hampir sama dan dapat menghasilkan resolusi yang hampir sama. Xbox One S sedikit lebih kuat, tetapi tidak begitu unggul.

Ada banyak perbedaan antara Xbox One vs PS4 seperti yang sudah kamu baca di slide sebelumnya. Banyak orang adalah fanboy hardcore tentang seri khusus yang eksklusif untuk konsol Xbox/PS. 

Banyak yang merupakan penggemar berat dari Halo Series yang merupakan salah satu seri terbaik dalam sejarah game sehingga mereka memilih konsol Xbox One.

Banyak penggemar eksklusif unik seperti God of War, Spider-Man, The Last of Us dan banyak lagi yang eksklusif untuk PS4.

PS4 memiliki angka penjualan yang jauh lebih tinggi daripada Xbox.

Konsol PlayStation hampir satu dekade lebih tua dari konsol Xbox dan mereka telah mempertahankan reputasinya sejak tahun 90-an. 

Ada juga eksklusif yang jauh lebih baik untuk dipilih di konsol PS4 termasuk banyak serial anime Jepang seperti Dragon Ball, One Piece, dan lainnya.

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, sebagian besar game konsol dirilis untuk kedua konsol secara teratur.

Pada akhirnya itu adalah pilihan pribadi tentang apa yang ingin kamu lakukan dengan konsol kamu sendiri dan jenis permainan apa yang ingin kamu mainkan.

Baca juga: Cara Mudah Menggunakan Controller PS4 ke PS5

Ikuti terus informasi dan berita game terbaru serta terlengkap hanya di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!