Utilitas adalah Manfaat, Ini Penjelasannya dalam Konteks Crypto!


Utility Adalah

Terdapat berbagai istilah dari ilmu ekonomi yang bisa kamu terapkan ketika bermain cryptocurrency. Salah satu istilah dari ilmu ekonomi tersebut adalah utilitas.

Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai definisi utilitas secara umum dan dalam dunia crypto. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Apa itu Rasio Likuiditas? Definisi dan Jenis Harus Diketahui!

Definisi Utilitas

Utility Adalah Definisi
Ilustrasi Aset Crypto. Sumber: Alesia Kozik via Pexels

Utilitas merupakan salah satu istilah dari ilmu ekonomi yang bisa kamu terapkan terhadap dunia crypto sebagi trader atau investor.

Menurut Investopedia, utilitas adalah sebuah istilah dari ilmu ekonomi yang fokus terhadap manfaat dari mengkonsumsi barang atau jasa.

Jadi, utilitas merupakan manfaat, kepuasan, dan kegunaan yang dapat kamu peroleh dari memiliki sebuah aset.

Hal tersebut cenderung subjektif, karena sebuah aset bisa memiliki nilai yang berbeda atau manfaat yang berbeda bagi berbagai orang.

Meskipun cenderung subjektif, bila sebuah aset memiliki tingkat manfaat yang tinggi bagi mayoritas orang, maka aset tersebut memiliki daya tarik yang sangat baik.

Dalam teori, hal ini berkaitan dengan teori pilihan rasional. Hal tersebut karena seorang konsumen akan memaksimalkan manfaat atau kegunaan suatu aset.

Jika sebuah aset memberikan tingkat kepuasan tertentu karena seseorang bisa memanfaatkan aset tersebut, maka utilitasnya akan bertambah.

Baca Juga: Apa Itu Proof of Stake? Berikut Penjelasannya!

Utilitas Dalam Dunia Crypto dan Contohnya

Utilitas Bitcoin dan Ethereum
Ilustrasi Crypto Bitcoin Ethereum. Sumber: Worldspectrum via Pexels

Setelah mengetahui tentang definisi utilitas menurut ilmu ekonomi, berikut adalah penjelasan utilitas bila kamu menggunakannya dalam konteks cryptocurrency.

Proyek Blockchain dan crypto wajib memiliki manfaat dan kegunaan bagi para holder untuk meningkatkan utilitas.

Sebuah aset crypto bisa memberikan manfaat yang cukup tinggi dengan layanan yang tersedia, seperti Ethereum.

Ethereum memiliki Blockchain yang bermanfaat dan digunakan oleh banyak proyek dan memulai lahirnya gelombang altcoin. Maka dari itu, harga ETH sangat tinggi.

Selanjutnya terdapat Bitcoin yang semakin populer di berbagai negara berkat adopsi yang semakin luas.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Selain Bitcoin dan Ethereum, masih banyak lagi contoh aset crypto yang memiliki manfaat yang tinggi. Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah aset crypto yang tidak memiliki manfaat.

Seringkali terjadi aset crypto yang memiliki manfaat rendah sehingga tidak bertahan lama dan harganya bisa turun atau stagnan.

Baca Juga: Tips Belajar Investasi Crypto Biar Cuan Gede!

Cara Mengukur Manfaat

Ethereum
Utilitas Ethereum. Sumber: GuerrillaBuzz Crypto PR via Unsplash

Kamu bisa mengukur utilitas dengan berbagai pengukuran yakni total, ordinal, dan kardinal.

Konsep utilitas ordinal mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan dari konsumen atau holder berasal dari preferensi masing-masing. Jadi, konsep pengukuran utilitas ini fokus terhadap konsep preferensi yang subjektif.

Kardinal bisa kamu gunakan untuk mengukur tingkat kepuasan dengan angka atau harga. Jadi, cara tersebut bisa lebih efisien karena langsung mengukur nilai yang tersedia.

Terdapat juga konsep total yang berarti jumlah kepuasan bisa diterima oleh seseorang dari mengkonsumsi sebuah aset atau layanan tertentu.

Demikian penjelasan singkat mengenai utilitas dan konsepnya dalam dunia crypto.

VCGamers telah merilis aset crypto dengan nama $VCG Token yang beroperasi pada jaringan Ethereum (ERC 20) dan Binance Smart Chain (BEP 20).

$VCG Token sudah terdaftar secara resmi di Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan Kementerian Perdagangan RI sebagai aset kripto yang diperdagangkan di pasar fisik aset crypto.

Saat ini, $VCG Token sudah listing di berbagai CEX atau Centralized Exchange dan DEX atau Decentralized Exchange yakni Pancakeswap, Uniswap, BitMart, dan Indodax.

Tidak hanya itu, $VCG Token menjadi mata uang resmi dalam metaverse pertama di Indonesia yakni RansVerse dengan kolaborasi VCGamers, RANS Entertainment, Shinta VR, dan UpBanx.

Ikuti terus Update $VCG Token hanya di VC News.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID