Trik Bikin Caption IG yang Bagus Untuk Bisnis

Filter IG terbaru

Caption IG (Instagram) di jejaring sosial saat ini telah menjadi lebih dari sekadar media sosial. Dimana caption IG telah menjadi salah satu elemen terpenting dari kesuksesan portofolio bisnis suatu perusahaan.

Apalagi jika suatu bisnis memiliki minat tertentu, seperti citra yang ingin mereka berikan kepada pelanggan melalui raksasa media sosial tersebut.

Jika sobat Vicigers melihat ini, konten dan judul untuk posting di akun menjadi sesuatu yang harus diperhatikan. Secara tidak langsung, caption IG yang menarik bisa menarik banyak perhatian publik ke akun Instagram.

Tapi apa sih definisi caption menarik di Instagram? Jadi langkah apa yang perlu sobat Vicigers ambil untuk membuat judul tulisan jadi menarik? Simak ulasannya berikut!

Apa Itu Caption IG?

caption ig
Menggunakan caption IG untuk kepentingan bisnis

Sebelum kita masuk ke penjelasan tips membuat caption IG yang bagus, pertama-tama kita perlu merinci arti dari caption ini.

Postingan yang baik dapat mencerminkan konteks dan gambar yang ingin kamu sampaikan melalui foto atau video yang diposting.

Kata-kata ini harus menarik perhatian audiens sehingga mereka ingin membacanya. Namun akan lebih baik lagi judulnya menyertakan ajakan bertindak atau ajakan yang mendorong pengikut untuk berkomentar, membagikan, atau mempromosikan postingan tersebut.

Judul sebaiknya memiliki panjang minimal 2.200 karakter, termasuk emoticon dan tagar yang dapat memperluas jangkauan postingan. Namun, kamu harus ingat bahwa terlalu banyak emoji atau tagar dapat merusak kualitas judul yang dimasukkan.

Tips Membuat Caption IG yang Menarik

Jika menurut kamu judul posting hanyalah tambahan, kamu mungkin kehilangan kesempatan untuk melibatkan pelanggan dan meningkatkan bisnis perusahaan yang sudah kamu buat.

Jadi, jika ingin membuat headline yang lebih menarik dan keren, kamu bisa membaca beberapa tips di bawah ini. Ayo, lihat!

Ketahui Demografi Pembaca atau Pengikut Kamu

caption ig
Kenali audiens dan pemabaca di Instagram (Sumber: Quartz)

Langkah pertama untuk membuat caption IG yang menarik adalah dengan terlebih dahulu mengidentifikasi audiens dan followers-mu

Mengapa? Intinya, jika kamu mengetahui tipe audiens di Instagram, akan lebih mudah bagi kamu untuk membuat strategi pemasaran Instagram yang sesuai dengan kebutuhan audiens.

Hal ini akan sangat mempengaruhi kepentingan bisnis perusahaan karena strategi pemasaran yang baik adalah yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Tunjukkan Keunikan Dari Brand

caption ig
bikin caption Instagram yang menarik (Gambar; source Sutekno)

Saat kamu membuat nama, penting untuk mengingat keunikan brand perusahaan. Jika ingin menyajikan konten dengan karakter brand yang lucu dan santai, gunakan bahasa sehari-hari dengan referensi yang ringan dan populer.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Namun, jika kamu mengelola akun perusahaan dengan citra brand yang serius dan berwibawa, lebih baik menggunakan frasa formal yang mudah dipahami. Intinya, pastikan setiap frasa yang digunakan konsisten dengan branding yang kamu bangun.

Caption Jangan Terlalu Panjang

caption ig
Bikin caption yang mudah dipahami pembaca

Followers Instagram saat ini pasti tidak ingin menghabiskan berjam-jam membaca postingan kamu saja. Jadi jangan terlalu panjang judulnya. Ini akan membuat pengikut kamu malas dan menganggap posting kamu membosankan.

Namun, jika ada cerita menarik di balik gambar yang diposting, pikirkan setiap kalimatnya agar bacaannya lebih efektif. Pastikan judul cerita memotivasi sehingga pengikut juga tertarik membaca teks panjang.

Curi Perhatian Pengikut di Kalimat Pertama

caption ig
Influencer IG yang jago bikin caption. Source: Instagram/@viviinovika

Mengenai poin sebelumnya, karena pengguna Instagram cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu untuk postingan, penting bagi kamu untuk melibatkan mereka dari kalimat pertama.

Kalimat pertama adalah aspek yang menentukan apakah audiens akan meluangkan waktu untuk membaca headline atau tidak.

Jadi untuk membuat kalimat pertama headline Instagram harus menarik, letakkan informasi penting dalam kalimat yang menarik. Jika ingin menautkan ke akun lain dan menyertakan tagar, lebih baik meletakkannya di akhir kalimat.

Karena jika kamu meletakkannya di awal kalimat, perhatian audiens dapat terpotong dan perhatian mereka akan dialihkan ke tagar dan profil akun.

Baca juga: Perjalanan Karir Kayess Tiktok, Gamer Cantik Nih Bro!

Sertakan CTA Dalam Caption IG

caption ig
Sertakan CTA dalam caption untuk melibatkan Audiens (Sumber: Digital Trends)

Tips terakhir untuk membuat caption Instagram yang menarik adalah dengan menggunakan CTA atau Call to Action.

CTa sendiri adalah instruksi berbentuk kalimat yang dirancang untuk membuat audiens merespons atau mengambil tindakan pada postinganmu. CTA pada headline dapat berupa frasa atau pertanyaan. Seperti di akhir kalimat di mana kamu dapat mengajukan pertanyaan tentang subjek gambar.

Ini akan memotivasi audiens untuk menjawab pertanyaan dengan meninggalkan komentar. Kamu juga dapat mengarahkan audiens untuk bertindak dan merespon postingan tersebut.

Caranya adalah dengan membuat kalimat undangan seperti menyuruh audiens untuk mention teman mereka di kolom komentar atau share postingan kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat caption IG kamu lebih menarik. Pada dasarnya, pikirkan kembali kebutuhan audiens. Karena konten terbaik adalah konten yang selalu memberikan topik yang relevan untuk kebutuhan audiens. 

Baca juga: Instagram Mulai Uji Coba Penerapan NFT Minggu Ini

Kalau masih penasaran dan butuh referensi, kamu bisa coba lihat caption yang terpampang di akun Instagram influencer. Judul yang mereka buat dianggap berkualitas tinggi karena menarik dan keren.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID