Tips Mengalahkan Ender Dragon di Minecraft, Gunakan Ini!

Minecraft memiliki bos yang cukup sulit untuk dikalahkan, yakni Ender Dragon. Para pemain Minecraft bisa mendapatkan berbagai loot ketika membunuh naga tersebut di The End.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang cara dan tips membunuh Ender Dragon di Minecraft dan mendapatkan penghargaan bernama Free The End. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: Lukisan Minecraft Terbaik untuk Pajangan di Rumah

Tips Mengalahkan Ender Dragon

Berikut ini adalah beberapa tips ketika ingin membunuh Ender Dragon untuk mendapatkan loot yang berharga seperti EXP dan Dragon Breath di The End.

Persiapkan Material dan Peralatan yang Cukup

Persiapan Membunuh Ender Dragon
Persiapan Membunuh Ender Dragon. YouTube/Eyecraftmc

Peralatan yang perlu kamu bawa ketika menghadapi Ender Dragon di Minecraft cukup bervariasi. Pasalnya, Ender Dragon cukup sulit untuk dikalahkan bagi pemula.

Berikut ini adalah peralatan yang cukup bermanfaat ketika ingin membunuh Ender Dragon dan mendapatkan loot yang berharga:

  • Diamond Pickaxe, Sword, Axe
  • Full Diamond Armor
  • Bow
  • Arrow
  • Cobblestone
  • Water Bucket
  • Golden Carrot
  • Scaffolding
  • Glass Bottle

Untuk pertalatan seperti Diamond Armor, Pickaxe, Sword, Axe, hingga Bow, akan lebih baik jika kamu memiliki enchantment yang kuat.

Sebagai contoh, akan lebih bagus jika kamu memiliki Bow dengan enchantment Power V yang akan memberikan damage lebih.

Selain itu, kamu perlu membawa Cobblestone untuk platforming dan Scaffolding untuk memanjat End Crystal yang ada di dalam pagar.

Golden Carrot tentunya akan sangat bermanfaat untuk mengisi kelaparan sehingga nyawa atau HP akan selalu terisi jika terkena damage.

Glass Bottle akan sangat berguna untuk mengambil Dragon Breath yang dihasilkan oleh Ender Dragon. Terakhir, Water Bucket bisa kamu gunakan untuk mengusir Enderman yang mungkin menyerang.

Sebelum memasuki The End, tidurlah di sebelah portal sehingga bisa respawn dekat dengan End dan mengambil peralatan yang jatuh.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Sapi Minecraft, Bertelur!

Hancurkan End Crystal

End Crystal
End Crystal di The End. YouTube/Eyecraftmc

Ketika memasuki The End, akan ada pilar yang bersifat sebagai platform untuk End Crystal. Kamu harus menghancurkan End Crystal untuk mencegah Ender Dragon regenerasi HP.

Menghancurkan End Crystal bisa kamu lakukan dengan menggunakan Bow dan Arrow dengan enchantment dari kejauhan. Terdapat 10 pilar dan dua di antaranya memiliki pagar.

End Crystal yang berada di dalam pagar tidak bisa kamu hancurkan dengan Bow dan Arrow sehingga membutuhkan Scaffolding untuk memanjat dan menghancurkan pagar dengan Pickaxe terlebih dahulu.

Jika kamu terkena Dragon Breath, maka gunakanlah Glass Bottle untuk menyimpan Dragon Breath tersebut sehingga bisa terhindar dari damage yang dihasilkan.

Ketika End Crystal berhasill kamu hancurkan, Ender Dragon akan turun dan kamu bisa langsung membunuh Ender Dragon dengan Axe atau Sword.

Seranglah kepala dari Ender Dragon untuk memberikan damage yang lebih besar sehingga naga tersebut lebih cepat untuk dikalahkan.

Baca Juga: Penjelasan dan Cara Mendapatkan Kucing di Minecraft

Menggunakan Bed untuk Membunuh Ender Dragon

Menggunakan Bed
Menggunakan Bed untuk Membunuh Ender Dragon. YouTube/Eyecraftmc

Berbicara mengenai membunuh Ender Dragon di Minecraft, terdapat tips yang sangat berguna untuk membunuhnya secara lebih cepat.

Tips tersebut adalah menggunakan Bed ketika Ender Dragon sedang mendarat di tengah, tepatnya di block Bedrock.

Ketika ingin membunuh Ender Dragon dengan Bed, bawalah banyak Bed sebelum menuju The End. Bed bisa menjadi senjata karena ketika kamu mencoba untuk tidur di The End, maka Bed akan meledak dan memberikan damage.

Kamu harus lebih sabar karena Ender Dragon tidak selalu berada di tengah. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan posisi di block Bedrock seperti gambar di atas.

Ketika naga tersebut mendarat, ledakan Bed dan usahakan untuk mengenai kepala karena damage yang dihasilkan akan lebih besar.

Menggunakan Bed untuk membunuh bos terakhir Minecraft tidak memerlukan senjata lain seperti Bow dan Diamond Sword.

Strategi ini digunakan oleh para Speedrunner Minecraft. Namun, strategi tersebut cukup membingungkan bagi para pemula karena naga tersebut bisa membunuh pemain jika tempo meledakkan bed salah.

Sebagai contoh, berikut ini adalah video kesalahan yang dilakukan Forsen ketika menggunakan Bed untuk membunuh Ender Dragon:

Melalui video tersebut, streamer Twitch bernama Forsen kehilangan tempo ketika menaruh Bed di atas Bedrock, sehingga Ender Dragon berhasil mendorongnya ke api dan akhirnya gagal membunuh naga tersebut.

Demikian pembahasan mengenai tips membunuh Ender Dragon di Minecraft, semoga bermanfaat!

Penuhi kebutuhan top up Minecraft hanya di VCGamers Marketplace Digital dan dapatkan promo yang masih tersedia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!