4 Tips Ampuh Merawat Laptop Agar Tetap Ngebut!

merawat laptop

Hai Vicigers, kali ini kami akan membagikan tips seputar merawat laptop agar laptop milikmu tetap ngebut dan dalam kondisi yang prima.

Untuk kamu yang baru membeli laptop belum lama ini, seharusnya sih tidak ada masalah dong ya?

Tapi, untuk kamu yang sudah memiliki laptop lebih dari satu tahun, pasti mulai ada kendala-kendala yang muncul, seperti performa laptop yang turun, laptop panas, dan lainnya.

Namun, kami harus tahu, apakah kamu sebelumnya sudah mengganti HDD lama kamu ke SSD SATA/M.2//NVME?

Nah kalau belum, coba kamu ganti HDD lama kamu ke SSD, dan rasakan keajaiban yang terjadi Vicigers.

Kalau laptop kamu sudah menggunakan SSD sebagai drive utama, namun tetap memiliki kendala seperti performa yang menurun, dan laptop mulai menimbulkan panas yang tidak biasa, kamu bisa langsung ikuti tips ampuh merawat laptop berikut ini.

Baca juga: Bukan Hoax 5 Manfaat SSD SATA Untuk Laptop Jadul Kamu

4 Tips Ampuh Merawat Laptop Agar Tetap Ngebut

1. Bersihkan Fan/Kipas

Tips ampuh pertama adalah bersihkan fan atau kipas laptop kamu, tidak jarang laptop yang kamu pakai dalam kurun waktu yang lama akan menyimpan banyak debu di dalamnya.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kamu dapat membersihkan fan laptop kamu secara berkala.

Tapi ingat ya, jangan meniup fan kamu dari arah luar ke dalam, saat posisi laptop kamu sedang tidak dibongkar. Karena apa? ya karena percuma, debu yang kamu tiup akan tetap berada di dalam laptop.

kipas laptop

Kamu dapat membersihkan fan kamu secara keseluruhan dengan membongkar laptop kamu, tapi kalau kamu tidak percaya diri melakukan hal tersebut sendiri, kamu dapat meminta tolong kepada orang yang ahli atau yang biasa melakukan hal tersebut.

Pastikan juga kamu membersihkan semua bagian yang ada di dalam laptop kamu ya Vicigers, tidak jarang motherboard kamu juga akan tertutup debu, kalau kamu sering menggunakan laptop di luar ruangan, apalagi sambil merokok!

2. Ganti Thermal Paste/Pasta

Tips merawat laptop selanjutnya adalah dengan mengganti thermal paste.

Setelah membersihkan fan laptop, kayanya tanggung ga sih kalau kamu tidak mengganti thermal paste/pasta?

Karena hal ini memerlukan keahlian khusus, jadi kalau kamu belum berani melakukannya sendiri, kami menyarankan kamu dapat pergi ke tempat service ataupun ke orang yang paham dan sudah biasa melakukan hal tersebut.

thermal paste prosesor

Penting buat kamu, jangan pakai thermal paste abal-abal ya, selain kurang bagus, thermal paste abal-abal juga tidak dapat menyalurkan panas dari prosesor/GPU ke heatsink secara sempurna.

Alih-alih merawat laptop, nanti malah, baru seminggu atau 2 minggu pemakaian laptop kamu sudah panas lagi.

Ganti pasta prosesor dan GPU kamu dengan thermal paste terbaik yang cocok untuk spesifikasi laptop milikmu.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

deepcool thermal paste

Beberapa merk thermal paste yang dapat kamu beli seperti DeepCool, Cooler Master, Thermal Grizzly, Arctic, Noctua, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga yang harus kamu keluarkan untuk membeli thermal paste adalah mulai dari 30 ribuan, sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Untuk jasa membersihkan/merawat laptop dan ganti thermal paste bervariasi, mulai dari 50 ribu rupiah, sampai ratusan ribu rupiah, tergantung siapa yang menyediakan pasta, dan tingkat kesulitan membongkar laptop milik kamu.

3. Pakai Vacuum Cooler

Kalau kamu punya laptop gaming, atau kamu punya laptop yang walaupun sudah dilakukan penggantian thermal paste, tapi laptop masih terasa agak panas.

Pakai vacuum cooler adalah salah satu solusinya. Merk yang paling sering dipakai untuk vacuum cooler adalah taffware.

vacuum cooler

Taffware sendiri merupakan merk palugada (apa lu mau gue ada) asal China, yang memang menjual apa saja yang dapat mereka jual, sepertinya taffware memang sedang membuat ekosistem dari semua produk mereka, seperti Xiaomi.

Harga vacuum cooler sendiri bervariasi, dari 50 ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah, tergantung merk dan daya hisap si vacuum itu sendiri.

4. Gunakan Cooling Pad

vacuum plus cooling pad

Sebenarnya kalau sudah menggunakan vacuum cooler, kamu tidak perlu memakai cooling pad lagi sebagai tambahan, namun beberapa dari kamu pasti kurang nyaman dengan posisi laptop yang datar saat bekerja ataupun bermain game.

Bekerja ataupun bermain game dengan laptop memang paling nyaman saat posisi keyboard kamu agak miring naik sedikit dari posisi defaultnya.

cooling pad

Nah untuk mengakali hal tersebut, kamu dapat menggunakan cooling pad sebagai solusinya, selain dapat membuat posisi laptop semakin nyaman, cooling pad juga dapat membuat laptop kamu memiliki suhu yang semakin terjaga.

Dua merk rekomendari cooling pad dari kami adalah DeepCool dan Cooler Master.

Banyak model cooling pad yang dapat kamu pilih dari dua merk tersebut, dan harganya juga bervariasi, mulai dari 100 ribuan saja, sampai satu jutaan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Laptop Baru Untuk Bekerja Dan Bermain Game

Jadi, apakah kamu sudah rutin merawat laptop kamu Vicigers? Jangan malas untuk merawat laptop kamu ya, agar laptop kamu memiliki masa pakai yang panjang, sebaiknya lakukan pembersihan dan pergantian thermal paste laptop kamu secara berkala.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment

id_IDID