Simak! Tim Blacklist ML Filipina, Banyak Prestasinya!

Blacklist International

Blacklist ML adalah tim Mobile Legends yang berasal dari Filipina. Tim tersebut memiliki popularitas yang cukup tinggi, berkat kemenangan mereka dalam turnamen M3 World Championship.

Mungkin Vicigers yang mengikuti scene esports game Mobile Legends penasaran mengenai tim Filipina tersebut. Wajar halnya bila Vicigers penasaran, karena tim esports Blacklist International ML memiliki roster yang talentanya luar biasa.

Keahlian dari tim Blacklist International ML ini terbukti dalam berbagai turnamen Mobile Legends yang bergengsi, seperti MPL Filipina dan M3 World Championship. Tidak hanya itu, Blacklist International ML juga memiliki sejarah yang lama, mengingat tim tersebut sebenarnya adalah tim lama yang sering berganti nama.

VCGamers kali ini akan membahas sejarah, roster, dan prestasi dari tim legendaris Filipina yakni Blacklist International.

Baca Juga: Yuk Kenalan! Roster Terbaru ONIC PH Untuk MPL PH S10

Sejarah Blacklist ML

Logo Blacklist International
Logo Blacklist International. Source: RedBubble

BLCK, nama singkatan dari Blacklist International adalah organisai esports multi-gaming yang berasal dari Filipina, memiliki banyak divisi salah satunya adalah ML atau Mobile Legends. Dilansir dari Liquipedia, tim tersebut lahir pada tahun 2020 dan saat ini memiliki total hadiah kemenangan sekitar $449,155 USD atau setara dengan Rp. 6,6 miliar.

Awal dari meningkatnya popularitas tim Blacklist ML adalah menjuarai MPL Filipina Season 7 pada tahun 2021. Setelah itu, mereka juga mendapatkan juara 2 atau menjadi runner up dalam turnamen dengan skala internasional yakni MLBB Southeast Asia Cup 2021.

Penggiat esports Mobile Legends banyak yang penasaran dengan pencapaian tim tersebut. Menjuarai MPL dalam sebuah negara bukan hal yang mudah, terlebih menjadi juara 2 dalam turnamen internasional MLBB Southeast Asia Cup 2021.

Sebelum menjadi tim yang bernama Blacklist International, tim dengan kapten OhMyV33nus ini sering kali berganti nama. Pertama kali, tim tersebut bernama SXC Imbalance dan mulai memasuki scene kompetitif Mobile Legends dalam turnamen MPL Filipina Season 2.

Tim ini sebenarnya pernah menjadi bagian dari organisasi esports EVOS. Satu musim setelah menjadi SXC Imbalance, EVOS melakukan akuisisi. Selama menjadi bagian dari EVOS, tim ini memiliki nama EVOS PH. Namun, banyak masalah yang mendatangi EVOS PH. Salah satunya adalah indikasi korupsi oleh manajemen EVOS PH dan akhirnya mereka bubar setelah MPL Filipina Season 4 berakhir.

Setelah pembubaran dari EVOS PH, organisasi esports bernama Tier One Entertainment melakukan akuisisi beberapa roster dan akhirnya mengumumkan nama tim yang baru, yakni Blacklist International.

Bila Vicigers penasaran dengan roster dari tim ini, jangan khawatir! Yuk simak pembahasan roster lengkap tim Blacklist ML di bawah ini!

Baca Juga: Bocoran Roster EVOS Legends di MPL ID Season 10, REKT Tidak Main?

Roster Blacklist ML

Blacklist International
Blacklist International. Source: ONE Esports

Saat ini, roster aktif tim Blacklist ML menurut Liquipedia terdapat tujuh pemain. Mereka dipimpin oleh Salic Alauya Imam atau Hadji, sebagai kapten tim yang memiliki role roamer. Hadji saat ini masih berumur 19, membuatnya salah satu pemain muda untuk tim tersebut. Role roamer juga diisi oleh Jonmar Villaluna atau OhMyV33NUS, pemain profesional Filipina yang cukup terkenal.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Kiel Calvin Q. Soriano atau OHEB mengisi posisi gold lane. Ia saat ini masih berumur 17, menjadi salah satu pemain paling muda. Hero favoritnya adalah Beatrix, Clint, Harith, dan Lunox menurut Liquipedia. Selain itu, Mark Jayson Gerardo dengan nickname ESON mengisi posisi middle lane. Ia telah lama berkarir sebagai pro player Mobile Legends, yakni sejak 2018 dengan tim Cignal Ultra dan akhirnya pindah ke Blacklist International.

Terdapat dua pemain profesional yang bermain sebagai posisi jungler yakni Kent Xavier Lopez (KEVIER) dan Danerie James Del Rosario (Wise). KEVIER baru menekuni karirnya sebagai pemain profesional dari Blacklist International, sedangkan Wise telah lama menjadi pro player, semenjak tahun 2019 dengan ONIC PH.

Posisi terakhir yakni EXP Lane berisikan EDWARD atau Edward Jay Dapadap. Ia merupakan salah satu pemain lama yang bermain untuk Blacklist ML, tepatnya semenjak Blacklist masih berupa EVOS Esports PH.

Demikian pembahasan roster Blacklist ML. Selanjutnya, yuk cek pembahasan prestasi mereka dalam scene kompetitif Mobile Legends di bawah ini!

Baca Juga: Daftar Skin Karina Mobile Legends Terbaik, Mana Favoritmu?

Prestasi

M3 World Championship
M3 World Championship. Source: YouTube/Mobile Legends: Bang Bang Official

Prestasi oleh tim Blacklist International ini sangat luar biasa. Dari tahun 2021, mereka berhasil memenangkan MPL Filipina Season 7 dengan mengalahkan tim Execration dan berhasil membawa pulang hadiah sebesar $31,400 USD atau setara dengan Rp. 466 juta. Hal tersebut menjadi salah satu faktor awal dari naiknya popularitas tim tersebut. Karena, MPL Filipina adalah turnamen bergengsi di Filipina.

Setelah itu, mereka berhasil menjadi juara 2 atau runner up dalam turnamen internasional MLBB Southeast Asia Cup 2021. Tidak hanya itu, MPL Filipina Season 8 kembali mereka juarai dengan mengalahkan ONIC PH dan membawa hadiah sebesar $45,200 USD atau setara sekitar Rp. 670 juta.

Pencapaian terbesar mungkin untuk turnamen M3 World Championship. Turnamen tersebut merupakan turnamen tier-S dan turnamen global Mobile Legends. Hadiah untuk juara pertama juga sangat besar. Tentunya, Blacklist International berhasil mengalahkan ONIC PH dan menjadi juara dalam turnamen tersebut. Mereka membawa pulang hadiah sebesar $300,000 USD atau sekitar Rp. 4,4 miliar.

MPL Filipina Season 10

MPL PH Season 10
Roster Blacklist MPL PH Season 10. Source: SKOR.ID

Perjalanan Blacklist International tidak sampai M3. Mereka saat ini sedang mempersiapkan untuk turnamen MPL Filipina Season 10. Edward, Wise, OhMyV33NUS, OHEB, dan Hadji akan menjadi tim inti menurut Liquipedia.

Mereka akan menghadapi banyak lawan yang cukup sulit, seperti ECHO, Bren Esports, dan ONIC PH yang baru saja merombak roster tim mereka.

Kejuaraan tersebut akan mulai pada tanggal 12 Agustus tahun ini. Untuk Vicigers yang mengikuti scene esports Mobile Legends, jangan kelewatan! MPL Filipina juga tidak kalah seru dan kompetitif dibanding MPL Indonesia.

Demikian pembahasan mengenai Blacklist International ML. Untuk kebutuhan top up diamond Mobile Legends, jangan lupa untuk mengunjungi VC Market by VCGamers! Nikmati promo, cashback, dan harga yang lebih murah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID