Diluar Dugaan, The International 10 Pindah Ke Kota Bukares, Rumania!

the international 10 bukares rumania

Hai Vicigers, kamu sudah tahu belum, kalau saat ini Valve telah mengumumkan kota baru dimana akan diselenggarakannya The International 10, Dota 2 Championships loh! Benar sekali, seperti yang telah banyak dibicarakan TI10 kali ini akan diadakan di Bukares, Rumania.

Sebelumnya, kami juga sudah sempat menebak dua kota yang berpotensi akan dipilih Valve untuk diselenggarakannya kejuaraan Dota 2 bergengsi tersebut. Namun sepertinya tebakan kami semuanya melenceng, tidak ada yang benar dari dua kota yang kami sebutkan, yaitu Ukraina, dan Islandia.

Sepertinya Valve tidak tertarik dengan Ukraina yang sudah lebih dahulu melaksanakan WePlay AniMajor disana, ataupun dengan Islandia yang sudah beberapa kali mengadakan turnamen esports bergengsi di kotanya, seperti MSI 2021 (LoL) dan VCT 2021 (Valorant) pada akhir bulan Mei lalu.

Dimana Sih Kota Bukares, Rumania?

Bukares sendiri adalah ibu kota, serta pusat industri, budaya, dan finansial dari negara Rumania. Kota ini berada di tepi sungai Dâmboviţa, ga beda jauh lah ya sama DKI Jakarta, yang berada di sekitar sungai Ciliwung.

Tapi, jelas beda sih, kalau sungai di Rumania ini, lebih terjaga kebersihan dan keasriannya, kalau disini? Lumayan banyak sampah, karena kesadaran masyarakat akan kebersihan pun masih sangat kurang. Penasaran perbandingannya?

Dâmboviţa Bucharest Romania vs Ciliwung

Pasti kamu tahu dong mana DKI Jakarta dan mana yang Bucharest? Eh, sebentar kenapa malah jadi bahas sungai?

Oke, kembali lagi ke pembahasan soal The International 10. Setelah menginformasikan pengumuman resmi soal batalnya TI10 di Swedia pada tanggal 22 Juni lalu, di hari Kamis, tanggal 8 Juli 2021 minggu kemarin, akhirnya Valve mengeluarkan pengumuman resmi yang sama-sama kita tunggu.

Kali ini Bukares, Rumania resmi menjadi tuan rumah The International 10 yang ditunjuk langsung oleh Valve.

Sebelumnya di Bukares, juga sempat beberapa kali diadakan turnamen esports loh Vicigers.

bukares turnamen esports

Tercatat di situs escharts.com, Kota Bukares sempat beberapa kali mengadakan turnamen Dota 2, seperti PGL Open Bucharest (2017), The Bucharest Major (2018), dan terakhir ada The Bucharest Minor (2019).

Salah satu tim dari Indonesia, yaitu BOOM Esports saat itu juga berhasil tampil di kejuaraan The Bucharest Minor 2019 lalu.

Walaupun tim ini gagal melangkah sampai ke babak grand final, namun setidaknya mereka telah menunjukkan bahwa Indonesia masih sangat patut diperhitungkan pada persaingan Dota 2 dunia.

The International 10 merupakan turnamen dunia Dota 2 bergengsi pertama yang diadakan di Bukares, Rumania.

Baca juga: 2 Negara Kandidat Tuan Rumah Dota 2 TI10 Pengganti Swedia

Hitung Mundur The International 10

dota 2 ti10

Saat ini Valve telah menentukan tanggal dan lokasi terbaru diselenggarakannya The International 10.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Benar, TI10 tahun ini akan diselenggarakan di Bukares, Rumania. Namun, sesuai informasi yang diberikan langsung dari website resmi mereka, kali ini Valve akan menyewa stadion bernama Arena Nationala, yang lokasinya sangat strategis berada di tengah Kota Bukares itu sendiri.

Stadion ini merupakan stadion kebanggaan warga Bukares, Rumania, karena stadion ini adalah salah satu tempat diselenggarakannya pertandingan sepak bola bergengsi Euro 2020 tahun lalu, dan juga sering kali menjadi tempat konser artis dan grup band papan atas dunia, seperti RHCP (2012), Ed Sheeran (2019), serta Metallica (2019).

Stadion ini sekiranya dapat menampung sekitar 55.600 penonton, walaupun tidak seluas Gelora Bung Karno yang dapat menampung lebih dari 77 ribu penonton, namun stadion ini merupakan salah satu stadion bintang empat terbaik di Eropa.

Bukares, Rumania sebenarnya sangat beruntung menjadi tuan rumah Dota 2 – The International 10, sebab turnamen bergengsi ini pastinya akan sangat mendongkrak pamor Kota Bukares ke seluruh belahan dunia.

Drama panjang pun akhirnya usai dan Valve akhirnya mendapatkan tuan rumah terbaru mereka untuk TI10.

Di pengumuman resmi mereka, Valve juga menginformasikan bahwa turnamen ini nantinya akan digelar pada bulan Oktober 2021.

Mundur sekitar dua bulan, dari perencanaan awal, sepertinya bukan menjadi masalah besar bagi para fans Dota 2.

Semula direncakan akan dimulai pada tanggal 5-15 Agustus 2021, kini TI10 diundur menjadi tanggal 7-17 Oktober 2021.

Sesuai informasi yang beredar, nantinya babak grup akan berlangsung mulai tanggal 7 sampai 10 Oktober, sedangkan babak playoff akan dimulai per tanggal 12 Oktober setelahnya.

ti10

18 tim akan bertarung habis-habisan untuk memperebutkan Aegis alias trophy TI10 yang sangat diburu oleh semua tim.

Pastinya semua tim yang akan bertarung juga akan memperebutkan prizepool sebesar USD 40.018.195, atau sekitar hampir 600 miliar rupiah! Aduh, bayanginnya aja pusing kalo dapat uang sebanyak itu ya Vicigers.

Valve juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Rumania atas diizinkannya penyelenggaraan The International 10 di stadion kebanggaan warga Bukares.

Valve pun mengajak seluruh komunitas Dota 2 global untuk dapat berkumpul baik secara online ataupun offline di The International 10 bulan Oktober mendatang.

Baca juga: TI10 Batal Lagi? Masa Sih?

Nah, itu dia sekilas informasi terbaru seputar turnamen bergengsi The International 10, kira-kira kamu sudah punya tim jagoan belum nih Vicigers? Coba tulis di kolom komentar siapa tim jagoan kamu!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment

id_IDID