Penjelasan Shopee PayLater: Kelebihan dan Kekurangan


Shopee Paylater
Promo Mobile Legends

Siapa di sini yang suka belanja online?  Ada banyak sekali platform belanja online yang bisa kamu akses saat ini, salah satunya adalah Shopee.  Ternyata, ada satu fitur yang menarik dari Shopee bernama Shopee Paylater.

Mau tahu tentang Shopee Paylater lebih jauh?  Simak di bawah ini!

Baca Juga: Tips dan Trick Bermain Game Si Gila Belanja Shopaholic!

Apa Itu Shopee Paylater?

Shopee PayLater. Sumber: VCGamers.

PT Shopee International Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang platform belanja online yang telah hadir sejak 2015.  Di dalam platform ini, para pengguna dapat menjual ataupun membeli berbagai produk.

Mulai dari kebutuhan pangan, elektronik, peralatan rumah tangga, semua ada di Shopee.  Sebut saja Shopee ini sebagai Toserba (Toko serba ada).

Namun, banyak dari pengguna Shopee yang tidak memiliki saldo yang cukup pada saat itu, tapi sedang membutuhkan produk tersebut.  Menjawab masalah tersebut, pada tanggal 26 Agustus 2022, Shopee Paylater (SPayLater) hadir.

Shopee PayLater atau SPayLater adalah sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya meminjam sejumlah saldo dari Shopee untuk berbelanja.  Saldo yang kamu pinjam nantinya bisa kamu bayarkan setelah kamu telah memiliki uang.

Istilah singkatnya adalah “Beli Sekarang, Bayar Nanti“.  Jadi kamu bisa membeli suatu barang, tapi bayarnya setelah kamu mendapatkan gaji.

Suku Bunga dan Biaya Shopee Paylater

Setiap akun nantinya akan memiliki limit jumlah Shopee PayLater yang bisa kamu dapatkan.  Mengutip dari laman resmi Shopee, setiap akun dapat memiliki limit saldo hingga 50 juta rupiah dengan batas pembayaran hingga 12 bulan!

Berikut adalah tabel yang disediakan dari pihak Shopee PayLater:

Shopee PayLater
Sistem Shopee PayLater. Sumber: Shopee.

Agar lebih jelasnya, penulis akan memberi contoh untuk tiga kali cicilan 1x  dan cicilan 3x.

Mari ambil contoh jumlah transaksi kamu sebesar 600.000 rupiah dan ingin dibayarkan sebanyak 1x cicilan.  Artinya kamu harus membayar:

600.000 + 1% biaya penanganan + 2.95% Suku bunga, artinya

600.000 + 6.000 + 17.700 = 623.700.

Tapi, jika kamu telat membayar, kamu harus menambahkan 5% dari total di atas, yaitu sebesar 31.185 rupiah.

Contoh kedua, kamu memiliki jumlah transaksi sebesar 600.000 rupiah dan ingin membayarnya dengan 3x cicilan.  Artinya kamu harus membayar

600.000 / 3x cicilan = 200.000

200.000 + 1% biaya penanganan + 2.95% Suku bunga, artinya

200.000 + 2.000 + 5.900 = 207.900

Kelebihan

Ilustrasi Peminjaman Kredit.

Dari penjelasan Shopee PayLater, penulis menemukan enam buah keuntungan menggunakannya.  Tentunya keuntungan ini dibuat agar para pengguna Shopee lebih aman dan nyaman dalam bertransaksi.

Pertama ada suku bunga dan biaya penanganan yang rendah.  Seperti yang penulis tuliskan di atas, suku bunga dari Shopee PayLater hanya 2.95%.  Angka tersebut terbilang kecil jika dibandingkan program kredit lainnya.

Juga, biaya penangannya pun dipatok menggunakan persentase mengikuti jumlah tagihan kamu.  Bukan angka pasti seperti transfer bank ke bank lain dengan biaya penanganan 7.500 rupiah, tapi kamu hanya transfer 100.000 rupiah saja.

Kedua adalah pilihan cicilan bisa sampai 24x.  Untuk pengguna biasa, kamu bisa memilih cicilan sampai 12x.  Tapi, jika kamu termasuk pelanggan Shopee, akan ada kesempatan kamu untuk memilih cicilan sebanyak 18 dan 24x!

Ketiga adalah memilih tenggat waktu jatuh tempo.  Tidak banyak perusahaan yang nasabahnya dapat memilih tenggat waktu jatuh tempo sesuai waktu kamu meminjamnya.  Mulai dari tanggal 5, 11, dan 25 di setiap bulannya.

Dan, seperti yang penulis sebutkan, setiap pengguna memiliki waktu jatuh tempo yang berbeda.  Ia akan membulatkan tanggal kamu transaksi ke tiga angka terdekat tersebut.

Jika kamu lupa, Shopee akan memberikan notifikasi kepada kamu 10 hari sebelum jatuh tempo.

Keempat adalah dana yang kamu dapatkan bisa langsung digunakan.  Mengingat ini adalah fitur dari Shopee, maka setelah kamu mengajukannya, di saat itu juga kamu berhasil melakukan pemesanan.

Keuntungan kelima datang dari sisi penjual, yaitu uang yang dibayarkan pengguna SPayLater langsung diterima.  Sebut saja Shopee “menalangi” pembelian produk dengan uangnya.  Jadi jika seandainya pembeli tadi bermasalah, penjual tidak terkena imbasnya.

Terakhir adalah peminjaman dana yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).  Dengan begitu, kamu bisa lebih nyaman bertransaksi karena telah diawasi oleh badan resmi negara.

Kekurangan

Ilustrasi Perilaku Konsumptif.

Jika bicara kelebihan, tentu ada juga kekurangan dari Shopee PayLater.  Penulis menemukan tiga kekurangan dari fitur ini.

Pertama adalah biaya keterlambatan yang cukup besar.  Meski tidak sebesar program kredit lainnya, tapi menurut penulis, 5% itu termasuk besar.

Kedua adalah penggunaan di dalam aplikasi Shopee saja.  Ini sebenarnya bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan.  Karena ini adalah fitur dari Shopee, tentu ia ingin fiturnya bekerja hanya untuk Shopee saja.

Inilah keuntungannya, Shopee PayLater tidak bisa jadikan uang asli atau bertransaksi di tempat lain.  Hal ini berfungsi menghindari istilah Gestun atau Gesek Tunai.

Gestun adalah kegiatan illegal yang memungkinkan orang meminjam sejumlah uang dari sebuah toko, tapi uang tersebut tidak digunakan di toko tersebut.  Misal, ada pengguna yang mencoba mencairkan dana SPayLater mereka, tapi digunakan untuk membeli produk di Tokopedia.  Tentu hal itu tidak akan bisa.

Terakhir adalah menimbulkan sifat yang hedonisme atau konsumtif.  Ya, jika kamu sering menggunakan SPayLater, bukan tidak mungkin kamu akan memiliki mindset “Beli saja, nanti gajian langsung bayar“.

Tentu hal tersebut bertolak belakang dengan sistem menabung.  Apalagi jika hari gajian kamu mundur, kamu akan mendapatkan tambahan biaya jatuh tempo yang cukup besar.

Bekerjasama Dengan VCGamers

Shopee Paylater
Metode Pembayaran Dengan Shopee Pay. Sumber: VCGamers.

Sebuah informasi penting bagi para Vicigers kalau VCGamers akan berkolaborasi dengan Shopee.  Setelah adanya metode pembayaran Shopee Pay, kali ini VCGamers menambahkan metode Shopee PayLater.

Sedikit bocoran, kolaborasi ini mirip seperti di atas, tapi bedanya kamu membeli produk VCGamers Marketplace.  Jadi, kamu bisa beli voucher game saat ini, bayarnya nanti.

Nantikan berita selanjutnya terkait tanggal rilis kolaborasinya ya!

Baca Juga: Makin Gampang, Top Up Game di VC Market Akan Bisa Pakai Shopee PayLater

Penutup

Itulah penjelasan, kelebihan, dan juga kekurangan dari Shopee PayLater atau SPayLater.  Semoga dengan artikel ini, kamu memiliki pertimbangan untuk mengaktifkan SPayLater dan bijak dalam menggunakannya.

Jadi, apakah kamu sudah mencoba Shopee PayLater?

Penuhi kebutuhan game kamu dengan Top-Up menggunakan Shopee Paylater di VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID