Rekomendasi Senjata SSR Tower of Fantasy, Wajib Punya!

Tower of Fantasy baru-baru ini rilis untuk versi Global. Sebelumnya, game tersebut telah lama rilis di China. Tower of Fantasy merupakan game MMORPG open world dengan sistem gacha untuk mendapatkan senjata terbaik yakni senjata SSR Tower of Fantasy.

Game ini sering dibandingkan dengan game saingannya yakni Genshin Impact. Namun, terdapat banyak perbedaan dari kedua game tersebut, salah satunya adalah aspek multiplayer. Meskipun sama-sama memiliki sistem gacha, mendapatkan senjata bintang 5 atau SSR lebih mudah dalam Tower of Fantasy.

Vicigers yang sudah memainkan ToF mungkin sudah memiliki setiaknya satu senjata SSR. Terdapat berbagai kategori senjata dan untuk tim yang optimal, VCGamers akan membahas mengenai komposisi tim dan senjata SSR yang wajib Vicigers punya.

Vicigers perlu mengingat bahwa berikut ini hanyalah rekomendasi berdasarkan pengalaman bermain penulis selama 4 hari bermain dan saat ini sudah mencapai level 36.

Tower of Fantasy memiliki banyak pilihan senjata yang cukup banyak, sehingga Vicigers bebas menggunakan senjata kesukaan bila sesuai dengan selera.

Baca Juga: Build Rosaria Genshin Impact: Skill, Artefak, Hingga Party

Senjata Shatter SSR: King / Meryl

Tower of Fantasy King
King dalam Menu Simulacra. Sumber: VCGamers

Senjata Shatter adalah senjata yang bisa memberikan damage lebih terhadap shield musuh. Seperti namanya, senjata Shatter akan lebih cepat menghancurkan shield musuh.

Senjata ini sangat penting dan wajib Vicigers miliki karena seluruh bos yang ada dalam game ini memiliki shield. Bila Vicigers tidak memiliki senjata Shatter, maka akan lebih sulit untuk membunuh bos tersebut.

VCGamers merekomendasikan King dan Meryl sebagai senjata SSR yang sangat baik. King dengan senjata elemen apinya akan sangat mudah menghancurkan shield musuh.

Kombo attacknya sangat cepat, skill 1-nya sangat sakit, dan Ultimate-nya mengeluarkan senjata api yang mampu memberikan damage api terus menerus. Namun, King sangat buruk dalam mode PVP karena banyak senjata lain yang dapat meng-counter serangan King karena ultimate-nya hanya ada dalam satu tempat kecil dan tidak bisa berpindah-pindah.

Bila Vicigers tidak memiliki atau tidak menyukai gaya permainan King, maka Meryl mungkin bisa menjadi pilihan. Meryl menggunakan pedang besar dan memberikan damage es yang sakit.

Meryl juga sering digunakan dalam mode PVP. Ia merupakan senjata Shatter yang mampu memberikan damage serta imunitas sementara saat menggunakan skill. Selain itu, ultimate-nya juga bisa menjebak musuh dalam satu area kecil.

Selain Meryl, Huma dan Shiro bisa menjadi pilihan yang cukup bagus. Huma menggunakan shield dan bisa berubah menjadi kapak dengan mengaktifkan skill. Ia merupakan senjata Shatter SSR sekaligus tanker yang dapat memiliki damage reduction.

Shiro merupakan senjata Shatter SSR lain yang mampu memberikan damage shatter berupa physical. Kelemahannya mungkin ada dalam tipe serangannya yakni physical, melihat senjata shatter lain menggunakan elemen.

Senjata Charge SSR: Samir

Tower of Fantasy Samir
Samir dalam Menu Simulacra. Sumber: VCGamers

Senjata Charge adalah senjata yang mampu memberikan damage sekaligus charge untuk mengisi ultimate. Rekomendasi senjata Charge SSR terbaik menurut VCGamers adalah Samir.

Samir menggunakan dua pistol bernama Dual EM Stars yang mampu memberikan damage listrik yang besar dan bertubi-tubi. Ultimate-nya menembakkan ledakan listrik yang sakit dan skill udaranya meski memakan banyak stamina namun memberikan damage yang besar.

Tsubasa bisa menjadi pilihan Vicigers sebagai senjata Charge / DPS. Damage yang tersedia cukup besar dan mampu memberikan charge untuk melakukan ultimate. Selain itu, dengan panah es yang tersedia, Vicigers dapat menggunakan Tsubasa dari jarak jauh.

Crow juga bisa menjadi pilihan untuk senjata Charge / DPS. Skill pertamanya dapat mengeluarkan banyak chakram listrik di sekitar, memberikan damage yang cukup besar dan tentunya charge ultimate untuk senjata lain.

Baca Juga: Build Xingqiu Tersakit untuk Sub DPS Terbaik

Senjata Support-Healer SSR: Nemesis

Tower of Fantasy Nemesis
Senajta Limited Nemesis dalam Menu Simulacra. Sumber: VCGamers

Saat ini, Tower of Fantasy memiliki limited banner yang berisikan Nemesis. Limited banner berarti bahwa banner tersebut hadir dalam waktu tertentu dan bila waktu tersebut habis, maka pemain harus menunggu lama lagi untuk banner tersebut datang kembali.

Nemesis adalah senjata limited pertama dalam game Tower of Fantasy. Sebagai senjata limited, maka saat ini senjata tersebut sangat OP atau Overpowered. Bagaimana tidak, Nemesis bisa memberikan heal, slow, sekaligus damage yang cukup besar meskipun berlabel senjata healer.

Tim META PVP Tower of Fantasy saat ini pasti memiliki Nemesis dalam tim tersebut. Maka dari itu, senjata support-healer SSR Tower of Fantasy yang terbaik adalah Nemesis.

Namun, bila pemain belum mendapatkan Nemesis, bisa menggantikannya dengan Cocoritter atau Zero. Cocoritter menggunakan tombak es yang mampu memberikan heal yang cukup besar.

Selain itu, Cocoritter juga bisa memberikan stun yang cukup lama untuk musuh dengan hold attack-nya. Zero juga bisa menjadi senjata support SSR yang mendukung senjata DPS dalam tim.

Tidak hanya memberikan heal untuk tim, Zero juga bisa memberikan buff tank terhadap tim dengan ultimate-nya, sekaligus memberikan damage yang cukup besar.

Baca Juga: Build dan Komposisi Tim Kamisato Ayato Terbaik 2022

Komposisi Tim Optimal untuk PVE

Tower of Fantasy Team Comp
Kombinasi King, Samir, dan Cocoritter dalam Tim. Sumber: VCGamers

Komposisi tim yang optimal memiliki senjata Shatter / DPS dan satu senjata Healer untuk PVE. Namun, Vicigers bebas menggunakan senjata apapun dalam tim, karena pada akhirnya komposisi tim tersebut hanya untuk PVE.

Untuk PVP, komposisi tim akan berbeda, tergantung dengan META saat ini. Untuk PVE, tentunya wajib memiliki senjata Shatter untuk menghancurkan shield musuh, contohnya King dalam gambar di atas.

Selain itu, Vicigers bisa menambahkan senjata Charge atau DPS lain seperti Samir atau Tsubasa. Senjata tersebut juga memberikan keberagaman dalam hal elemental damage.

Slot ketiga bisa Vicigers isi dengan senjata Tank, Healer, ataupun DPS lainnya. Namun, bila Vicigers menggunakan senjata Shatter sehingga memiliki dua senjata Shatter dalam satu tim, maka akan sia-sia.

Jadi, gunakanlah satu senjata Shatter, satu senjata Charge, dan satu senjata Healer atau DPS lainnya. Demikian pembahasan mengenai rekomendasi senjata SSR terbaik dalam game Tower of Fantasy.

Untuk keperluan gaming, yuk kunjungi VC Market by VCGamers! Jangan lupa untuk gunakan kode “VCGARMY” unttuk para $VCG Army!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!