Berserver Lokal, 3 Game Selain Free Fire Ini Juga Loh!

Free Fire Server Lokal

Hola Vicigers! Taukah kalian, bahwa selain Free Fire, ada game lain yang berserver lokal? Permainan Free Fire sebagai battle royale merupakan salah satu genre dari video games yang dimana genre ini memadukan elemen pertahanan hidup serta eksplorasi dengan konsep permainan last man standing.

Permainan ber-genre battle royale ini tentunya sangat menantang banyak pemain, mulai dari peralatan yang seadanya, kemudian mencari senjata serta armor dan selanjutnya mengeliminasi lawan sambil tetap bertahan jangan sampai keluar zona aman yang menyusut.

Game battle royale biasanya dimainkan antar individu dengan jumlah tertentu, atau bisa juga dengan dua pemain sampai tim kecil yang terdiri dari tiga sampai lima pemain.

Salah satu permainan dengan genre battle royale yang sangat populer belakangan ini adalah Garena Free Fire. Meskipun tergolong baru, namun permainan ini sudah banyak dimainkan oleh para player pemula sampai profesional.

Game yang dikembangkan oleh salah satu game developer asal Singapura, Garena, memiliki gameplay yang sangat unik ditambah dengan kualitas grafis yang juga memukau. Tidak heran jika permainan ini dimainkan oleh kalangan anak-anak hingga dewasa dan membuatnya populer.

Namun sebenarnya apa saja sih, kelebihan dari permainan ber-genre battle royale yang satu ini? Penasaran kan? Yuk, simak pembahasan di bawah!

Kelebihan Free Fire

Free Fire Memiliki Server Lokal

Kelebihan dari permainan Free Fire yaitu servernya berada di Indonesia. Hal ini dapat membuat koneksinya akan semakin cepat. Game yang mulus, lebih lama serta juga gangguan kecil jarang terjadi di Free Fire.

Grafik yang Tidak Turun

Sebenarnya Free Fire tidak memiliki grafis yang lebih unggul dibandingkan game lainnya. Akan tetapi karena permainan ini mempunyai kualitas grafis yang seadanya, sehingga kualitas grafisnya akan cenderung lebih stabil.

Nah, dari kualitas grafis yang stabil tersebut, grafis Free Fire masih dapat terlihat bagus meskipun dimainkan di smartphone kelas entry level.

Kontrol Permainan Otomatis

Kontrol game Free Fire jauh lebih sederhana dibandingkan dengan game battle royale lainnya. Dalam game ini juga sudah ada pilihan Auto Aim yang tidak dimiliki oleh permainan satu genre yang lain.

Selain itu pergerakan dalam permainan Free Fire lebih cepat dan juga sangat nyaman dimainkan saat mengontrol kendaraan.

Game Penyergapan Umum

Salah satu hal yang membuat permainan ini berbeda dari yang lain adalah Free Fire bertipe permainan penyergapan tanpa memperhatikan strategi serta bergerak dengan cepat.

Terdapat Zona UAV

Kelebihan lainnya yang tidak dimiliki game bergenre sama yaitu adanya zona UAV. Zona ini akan muncul pada saat pemain berada di pesawat. Ketika pesawat muncul, maka lingkaran berbeda akan muncul, dimana saat masuk pemain dalam lingkaran, posisinya akan terlihat musuh.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa salah satu keunggulan dari permainan Free Fire ini adalah adanya server yang berada di Indonesia atau bisa juga disebut server lokal.

Apa sih server itu? Dan apa itu server lokal? Server pada dasarnya merupakan sebuah sistem yang memiliki layanan khusus, umumnya adalah penyimpanan data dan memiliki peranan penting untuk mengirim serta menerima data juga informasi secara lebih cepat.

Berdasarkan definisi server di atas, dapat dikatakan bahwa server lokal adalah sebuah sistem yang memiliki layanan khusus yang tersedia dalam daerah tersebut (lokal), sehingga penerimaan data dan informasi menjadi lebih cepat.

Dalam game, adanya server lokal dapat mempercepat koneksi, sehingga game menjadi mulus, lebih lama dan juga terhindar dari gangguan-gangguan kecil.

Apakah ada game lain selain Free Fire yang memiliki server lokal? Tentu saja ada dong! Berikut game-game yang memiliki server lokal.

Game-Game yang Punya Server Lokal

Arena of Valor

Arena of Valor yang biasa disingkat AOV adalah permainan mobile yang memiliki genre MOBA ini diterbitkan oleh perusahaan game asal Cina, Tencent Games.

Di negara Indonesia sendiri, permainan AOV ini digarap langsung oleh perusahaan yang sama dengan Free Fire, yaitu Garena sebagai penerbitnya. Permainan AOV sudah berkembang pesat di Indonesia.

Dibuktikan dengan adanya bermacam-macam turnamen berskala nasional, serta hadirnya tim-tim esport dalam divisi game ini.

Call of Duty Mobile

Game ini merupakan game yang memiliki genre First-person shooter (FPS). Dirilis pada tanggal 1 Oktober 2019 lalu, yang diterbitkan oleh penerbit yang sama dengan AOV yaitu Garena.

Call of Duty Mobile terbitan Garena satu ini berhasil meraup keuntungan sekitar 2 juta USD atau setara dengan 28,3 miliar rupiah setelah satu hari diluncurkan.

Speed Drifters

Speed Drifters adalah game balap mobil multiplayer yang dikembangkan oleh perusahaan game terkenal asal China, Tencent Games, namun dipublikasikan oleh Garena.

Permainan ini berasal dari Cina, dan pernah meraih popularitas di negara asalnya itu karena memiliki pemain online sejumlah 2 juta pemain.

Di Indonesia sendiri sayangnya permainan ini tidak begitu memiliki banyak pemain yang tertarik. Namun Speed Drifters memiliki server lokal yang membuatnya tertarik untuk dicoba.

Itulah permainan-permainan yang memiliki server server lokal di Indonesia. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, download sekarang!

Baca juga: Wow! Ekosistem E-sports PUBG Cukup Baik Loh!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!