Yuk Kenalin Asal Usul Simbol iPhone, Wajib Tau!

hp iphone 7

Siapa disini yang tidak mengenal salah satu logo legendaris dari brand ternama, iPhone. Seperti yang kita ketahui bahwa iPhone memiliki simbol dimana buah apel yang telah digigit dan simbol sederhana tersebut telah mendunia.

iPhone

iPhone merupakan salah satu smartphone yang dirancang dan dipasarkan oleh perusahaan Apple Inc. Perangkat ini menggunakan sistem operasi seluler iOS Apple dan iPhone generasi pertama diumumkan oleh CEO Apple saat itu Steve Jobs pada 9 Januari 2007.

Sejak saat itu, Apple setiap tahunnya rajin merilis model iPhone baru dan pembaruan iOS. Pada 1 November 2018, ada lebih dari 2,2 miliar iPhone yang telah laku terjual di pasaran.

iPhone memiliki user interface yang dirancang di sekitar multi-touch screen. Terhubung ke jaringan seluler atau Wi-Fi, dan dapat melakukan panggilan, menelusuri web, mengambil gambar, memutar musik, dan mengirim serta menerima email dan pesan teks.

Sejak peluncuran iPhone, fitur lebih lanjut telah ditambahkan, termasuk ukuran layar yang lebih besar, merekam video, kedap air, kemampuan untuk menginstal aplikasi seluler pihak ketiga melalui toko aplikasi, dan banyak fitur aksesibilitas.

Baca Juga: Karakter yang Cocok Menggunakan Artefak Shimenawa Reminiscence

Pencetus Simbol iPhone

simbol iPhone
Ronald Wayne

Simbol Iphone pertama kali ditemukan oleh salah satu pendiri perusahaan tersebut, yakni Ronald Wayne. Ronald Wayne sendiri meninggalkan perusahaan pada minggu keduanya setelah pembuatannya dan menjual sebesar 10% sahamnya hanya dengan hagra $800 saja.

Pada saat itu, Ronald Wayne tidak tahu bahwa Apple akan menjadi salah satu perusahaan terkaya dan terkemuka di dunia, dan dia akan menjadi miliader. Lalu simbol tersebut yang telah dicetuskan oleh Ronald Wayne kemudian menjadi merk terkemuka di dunia teknologi dan logo tersebut pun dikembangkan oleh Rob Janoff, yang merupakan salah satu Graphic Designer berbakat di Amerika.

Steve Jobs meminta dirinya untuk mengembangkan simbol iPhone tersebut karena Steve menyadari bahwa logo yang ada pada saat itu tidak cocok untuk bisnis.

Untuk membuat simbol iPhone yang akan dipakai hingga masa depan, perancang kemudian membeli beberapa produk dari Apple dan meletakannya di depannya sambil membuatkannya sketsa untuk kembali merancang simbol tersebut dan menghapus beberapa detail yang tidak perlu.

Setelah 7 hari Rob melakukan daur ulang logo iPhone, ia pun menunjukkan hasilnya kepada Jobs yang dimana hasil logo tersebut merupakan apel yang digigit dengan garis-garis multi warna.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Baca Juga: 5 Game MOBA Keren Dan Gratis Terbaik 2022

Logo Pertama Apple

simbol iPhone
Logo Pertama Apple (Source: https://inkbotdesign.com)

Kalian akan memahami secara keseluruhan makna dan pengertian dari logo perusahaan ini jika kalian melihatnya lebih dekat pada gambat diatas yang merupakan rancangan dari Wayne. Terlihat bahwa logo tersebut sangat besar dan memiliki detail yang kecil.

Pada logo tersebut, digambarkan ada Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon dan menulis sesuatu dan terdapat sebuah apel yang digambarkan di atas kepalanya yang akan jatuh, sama seperti kisah hidupnya. Pada detail lain, terdapat tulisan “Newton … Pikiran yang Selamanya Melintasi Lautan Pikiran yang Aneh … Sendiri.”

Logo tersebut menggambarkan jika pencetus iPhone dan iPad ingin membuka hal-hal baru kepada dunia, seperti apa yang dilakukan oleh Newton.

Baca Juga: Cara Menaikkan FPS Valorant Dengan Mudah

Alasan Terbentuknya Apel yang Digigit

simbol iPhone
Apple Inc.

Ada berbagai alasan mengapa simbol Apple yang kini kalian kenal berbentuk buah apel yang telah digigit. Teori tersebut adalah:

  1. Dibentuknya simbol apel yang digigit karena untuk menghormati Alan Turing, yang merupakan seorang ahli matematika terkenal di era Perang Dunia ke-2. Pada saat itu, Alan mempu menciptakan mesin dekripsi selama Perang Dunia ke-2. Namun sayang, orang menemukan fakta bahwa Alan merupakan homoseksualitas, yang dimana pada zaman itu merupakan kejahatan. Sejak saat itu ia diadili dengan cara dikebiri kimiawi sebagai hukumannya. Setelah ia diadili, Alan memilih menjadi pertapa dan setelah beberapa lama ia memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan memakan buah apel yang dilapisi dengan potasiun sianida.
  2. Pada saat membuat sketsa, Rob mulai bosan dan memutuskan untuk memakan buah apel. Tapi setelah ia menggigit buah apel tersebut, ia mendapatkan ide dari sana dan asosiasi dari kata-kata bahasa Inggris Byte dan Bite menciptakan tampilan yang familiar.
Baca Juga: Yuk Intip Map Baru Deston PUBG!

Perkembangan Logo Apple

Sama seperti logo-logo lainnya, logo apple juga memiliki perkembangan dan berevolusi sedemikian rupa hingga menjadi logo yang kita temui sekarang. Awalnya, logo apple memiliki format warna-warni pada buah apel tersebut yang dimana hal tersebut untuk mempersiapkan peluncuran Apple II dengan layar berwarna dan oleh karena itu logonya harus dibuat cerah.

Setelah logo tersebut bertahan hingga tahun 1988, terdapat pembaruan logo apelnya dimana Apple merubah logo mereka yang dimana hanya terdapat warna monokrom (hitam-putih). Hal ini dilakukan karena salah satu pencipta produk baru Apple, Jonathan Ive, memutuskan untuk mengubah tampilan logo perusahaan tersebut kembali ke versi aslinya, yakni monokrom.

Logo monokrom tersebut bertahan hingga tahun 2007 ketika perusahaan tersebut mempresentasikan iPhone pertama dan menghentikan pembuatan konsol komputer. Setelah itu, Jonathan Ive mulai mencetuskan idenya lagi dimana logo apel yang ia cetuskan memiliki warna abu-abu, mirip dengan logam dan aluminium dengan kilauan dan relevan dengan saat ini.

Daparkan semua kebutuhan gaming kalian mulai dari Top Up Diamond, Skin, Joki, dll, di VC Market by VCGamers.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID