Rug Pull Adalah Penipuan, Begini Penjelasannya!

rug pull adalah

Rug pull adalah sesuatu yang harus kamu pahami dulu sebelum masuk dalam dunia Crypto yang sedang hype saat ini. Berinvestasi menggunakan cryptocurrency sebenarnya dapat menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Namun, hal ini tentu sejalan dengan risiko penipuan atau pencurian properti. Rug pull adalah salah satu cara curang yang paling umum.

Mengetahui apa itu rug pull adalah salah satu cara untuk mencegah bentuk penipuan ini. Ada banyak cara untuk menghindari risiko terseret hal ini. Yuk, simak informasi lengkapnya tentang apa itu rug pull.

Rug Pull Adalah?

rug pull adalah
BTC

Pengertian rug pull adalah kasus penipuan yang terjadi ketika seorang pengembang atau pemilik meninggalkan suatu proyek dengan mengambil modal dari investor. Tindakan ini adalah bentuk penipuan yang melibatkan pembuatan crypto palsu.

Inilah yang terjadi ketika sekelompok pengembang mengambil semua likuiditas. Hal ini mengakibatkan hilangnya kesempatan bagi pedagang untuk menjual token mereka atau token menjadi tidak berharga.

Misalnya, seorang pedagang ingin menjual token Ethereum. Namun, penjualan tidak dimungkinkan karena kurangnya Ethereum di kumpulan likuiditas.

Rug pull adalah kasus penipuan paling umum dalam proyek keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan pertukaran terdesentralisasi (DEX).

Di ekosistem ini, siapa pun dapat membuat token, mencantumkannya di DEX, dan memasangkannya dengan sejumlah aset terkenal seperti Ethereum.

Berbeda dengan ekosistem DEX, pertukaran terpusat dianggap lebih aman dari risiko rug pull. Dalam ekosistem terpusat, setiap pemilik token harus mendapatkan otorisasi sebelumnya untuk mencegah penipuan.

Rug pull pada dasarnya adalah pengingat bagi siapa saja yang ingin memasuki dunia cryptocurrency. Risiko dan bahaya selalu ada dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami cara mengidentifikasi dan memahami masalah ini.

Contoh Kasus

rug pull adalah
Swing

Rug pull adalah risiko yang bisa terjadi kapan saja dalam setiap kesempatan yang mendatangkan keuntungan besar. Berikut adalah beberapa contoh kasus yang menarik perhatian banyak trader.

Token Squid Game

Sebagai penikmat serial Netflix, pasti tahu yang namanya Squid Game yang merupakan serial populer tahun 2021. Selain itu, salah satu aset kripto bernama SQUID berhasil menarik perhatian para trader. Apalagi sejak popularitas nama tersebut di media sosial, terjadi kenaikan harga yang sangat besar.

Ada peningkatan 23 juta persen dari satu sen menjadi $2.861,80. Namun, tidak butuh waktu lama untuk diikuti penurunan tajam $0,003. Banyak pedagang telah menyadari bahwa token SQUID adalah penipuan.

Amplyfi.quarta

Contoh lain dari rug pull adalah Amplyfi.money, yang mengambil 2.500 Ethereum dari investor. Banyak informasi yang mengemuka tentang hal ini, salah satunya adalah identifikasi tim pengembang salah satu anggotanya.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Informasi mengatakan bahwa ada risiko kerentanan dompet dan tim pengembangan telah menerima sejumlah ancaman. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menghentikan proyek tersebut.

Cara Menghindari Rug Pull

rug pull adalah
Crypto

Dari penjelasan banyak kasus di atas, kamu pasti mengerti bagaimana rug pull adalah penipuan yang membawa banyak kerugian bagi banyak orang. Jadi, kamu perlu tahu cara menghindarinya.

Riset

Menghindari rug pull adalah dengan menjauhi area yang bisa jadi sasaran pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Riset adalah salah satu cara untuk menghindari rug pull.

Kamu harus yakin siapa orang-orang yang mendukung proyek tersebut. Mengetahui pengembang yang terlibat dalam proyek akan membantu mendapatkan beberapa informasi. Terlepas dari risiko penipuan, mengetahui siapa yang terlibat akan membantu mengevaluasi sistem dan rencana proyek dalam jangka panjang.

Faktanya, tidak semua orang yang terlibat dalam proyek crypto adalah ahli di bidangnya. Jika proyek dikelola oleh orang-orang berpengetahuan dari dunia cryptocurrency, ini bisa menjadi pertanda baik.

Baca juga: Stake $VCG Token dan Raih Kesempatan Mendapat Slot ILO Whitelist & Land Gratis di RansVerse

Periksa Nilai Likuiditas Proyek

Juga, tips tentang cara menghindarinya untuk memeriksa likuiditas proyek. kamu perlu melihat berapa banyak likuiditas yang dimiliki pengembang dalam proyek. Ini dapat dilakukan dengan memeriksa siapa yang memiliki token tertinggi.

Kamu dapat menyimpulkan banyak hal dengan informasi ini. Secara umum, likuiditas proyek akan didistribusikan ke banyak pengguna tanpa memandang identitas pengguna. Namun, proyek yang berpotensi menipu adalah penyebaran likuiditas yang hanya dimiliki sedikit orang. 

Manfaatkan Platform Github

Github adalah platform untuk mengembangkan proyek DeFi berbasis kode. Melalui Github, kamu dapat memeriksa keberadaan proyek dan mengikuti aktivitas perkembangannya. Jika tidak ada aktivitas aktif, ini mungkin merupakan tanda rug pull.

Pada dasarnya, masalah ini adalah tindakan penipuan yang terang-terangan di mana pengembangnya manipulatif. Alih-alih mudah dikenali, rug pull adalah trik yang sulit dikenali. Namun bukan berarti kamu tidak bisa mencegahnya.

Jika kamu mengikuti banyak nasihat dan selalu kritis, itu akan membantu menghindari kasus ini. Jadi selalu pastikan melakukan penelitian.

Baca juga: VCGamers Fokus Perkokoh Fundamental $VCG Token

Untuk itu, VCGamers menawarkan token terpercaya dan sudah terintegrasi, yaitu VCG Token. Kamu bisa menggunakan token tersebut untuk membeli berbagai top up gaming di VCGamers.

Bahkan kamu juga bisa staking untuk mendapatkan berbagai keuntungan setiap hari. Pokoknya, kamu nggak bakal nyesel membeli VCG token yang menjadi kolaborasi antara VCGamers dan RANS.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID