Yuk Kenalan sama Roblox, Platform Game yang Sedang Populer!

Robux Gratis

Roblox yang kini sedang ramai diperbincangkan oleh warganet membuat platform game menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan. Bagi Vicigers yang belum tahu, Roblox merupakan platform game online dan sistem pembuatan game yang dikembangkan oleh Roblox Corporation yang memungkinkan pemain untuk memprogram game dan memainkan game yang dibuat oleh pemain lainnya.

Platform game ini sendiri dibuat oleh David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004 dan dirilis pada tahun 2006, Sejak saat itu Platform Game ini telah menjadi tuan rumah game buatan dari para pengguna dari berbagai genre yang dikodekan dalam bahasa pemrograman Lua. Platform game ini mulai berkembang pesat pada tahun 2010-an, dan pertumbuhan ini semakin cepat akibat dampak pandemi COVID-19.

Roblox

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Roblox merupakan platform game yang gratis untuk dimainkan dan pemain dapat melakukan pembelian dalam game yang sudah tersedia dengan menggunakan mata uang virtual yang disebut Robux. Pada Agustus 2020, Platform Game ini telah memiliki lebih dari 164 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Angka itu tentunya bukan menjadi sekedar angka, Platform ini menjadi populer saat ini tentunya memiliki keunggulan pada fitur-fiturnya sehingga Platform Game ini banyak digemari oleh penggunanya khususnya anak-anak.

VCGamers akan memberitahu kalian fitur-fitur apa saja yang tersedia di Platfrom ini dan kenapa game ini menjadi begitu populer.

Baca Juga: Fakta Rosaria Genshin Impact Jarang Diketahui, Sudah Tahu Belum?

Sejarah dan Pengembangan

Roblox
Ilustrasi Game di Roblox (Sumber: Esportsnesia)

Awalnya, beta version dari Roblox ini dibuat oleh salah satu pendiri David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004 dengan nama DynaBlocks. Sejak saat itu, Baszucki mulai menguji demo pertama tahun yang sama dan pada tahun 2005, perusahaan mengubah namanya menjadi Roblox dan secara resmi meluncurkannya ke publik pada tanggal 1 September 2006.

Pada bulan Maret 2007, Roblox menjadi sesuai dengan COPPA dengan penambahan fitur seperti safe chat, yakni fitur untuk membatasi komunikasi pengguna di bawah usia 13 tahun dengan membatasi mereka untuk memilih pesan yang telah ditentukan dari menu. Dengan menggunakan fitur ini, anak-anak 13 tahun tentunya tidak akan melihat kata-kata yang tidak pantas untuk dilihat untuk seumuran mereka dan orang tau jadi lebih tidak perlu khawatir lagi.

Pada bulan Agustus, pihak pengembang melakukan peningkatan pada servernya dan merilis layanan premium membership yang bernama “Builders Club”. Fitur keanggotaan berbayar ini berganti nama menjadi Roblox Premium pada September 2019.

Baca Juga: Build Hero Guinevere Tersakit di Season 24 Mobile Legends

Roblox Studio

Roblox
Ilustrasi Avatar Roblox

Platform ini juga memungkinkan para pemain untuk membuat game mereka sendiri dengan menggunakan mesin miliknya yakni Roblox Studio yang kemudian dapat dimainkan oleh pemain lain. Di dalam game, para pemain dapat membuat konten yang dapat dibeli melalui one-time purchases atau yang lebih dikenal sebagai “game pass.”

Tak hanya itu saja, Roblox juga dapat melakukan transaksi mikro yang dapat dibeli lebih dari sekali dan yang dikenal sebagai “developer products” atau “products.”Dan faktanya bahwa mayoritas game yang telah diproduksi oleh Roblox Studio itu dikembangkan oleh anak di bawah umur dan sudah memiliki 20 juta game per tahun yang telah diproduksi.

Karena sifatnya menjadi sebagai platform game ini membuat Platform ini memiliki banyak game populer hingga pada bulan Mei 2020, game paling populer di Platform tersebut telah memiliki lebih dari 10 juta pemain aktif setiap bulannya.

Pada Agustus 2020, setidaknya terdapat 20 game yang telah dimainkan lebih dari satu miliar kali dan setidaknya 5.000 game tersebut telah dimainkan lebih dari satu juta kali. Pada Maret 2021 TechCrunch mencatat bahwa game Roblox sebagian besar berbeda dari tradisi mapan dalam video game free-to-play, TechCrunch menemukan fakta bahwa game Roblox sukses karena dapat memberikan kepuasan secara langsung dan TechCrunch juga menemukan fakta bahwa penambahan tutorial secara signifikan dapat mengurangi keterlibatan pemain, yang dalam hal ini bertentangan dengan peraturan yang sudah ada.

Baca Juga: Rekomendasi Hero ML Untuk Pemula, Mudah dan Mematikan

Items dan Mata Uang

Roblox
Ilustrasi Robux (Sumber: Roblox Wiki)

Roblox memiliki fitur dimana pemain dapat membeli, menjual, dan membuat item virtual yang dapat digunakan untuk menghias karakter virtual mereka yang juga berfungsi sebagai avatar mereka di platform tersebut. Dalam hal ini, pakaian di dalam game dapat dibeli oleh siapa saja, tetapi hanya pemain dengan keanggotaan Premium yang dapat menjualnya.

Lalu, hanya administratornya lah yang dapat menjual aksesori, body parts, gear, and package di bawah akun pengguna resmi Roblox dan beberapa aksesori lainnya yang juga dapat diterbitkan oleh beberapa pengguna terpilih dengan pengalaman sebelumnya bekerja dengan Roblox Corporation.

Selain itu, melalui platform ini mereka juga memperbolehkan para pemain untuk membeli berbagai item yang diperoleh dengan pembelian dengan mata uang nyata dari tunjangan berulang yang diberikan kepada anggota dengan keanggotaan premium dan dari pemain lain dengan memproduksi dan menjual konten virtual di Platform tersebut.

Baca Juga: Nostalgia Bareng Game Rental PS Ini, Mana yang Kamu Mainkan?

Events

Roblox
Illustrasi Gameplay

Selain menyelenggarakan Events di game, Mereka juga terkadang menyelenggarakan acara di kehidupan nyata. Di kehidupan nyata, mereka pernah menyelenggarakan acara seperti BloxCon, yang merupakan konvensi untuk pemain biasa di platform.

Selain itu, Mereka juga pernah menyelenggarakan Easter egg hunts pada saat Hari Paskah tahunan dan juga menyelenggarakan acara tahunan yang disebut “Bloxy Awards”, sebuah upacara penghargaan yang juga berfungsi sebagai penggalangan dana

Pada tahun 2020, Bloxy Awards diadakan secara virtual di platform tersebut dan menembus hingga 600.000 penonton. Roblox Corporation juga setiap tahunnya menyelenggarakan Roblox Developers Conference yang merupakan acara khusus undangan dan diselenggarakan selama tiga hari di San Francisco, London, dan Amsterdam. Melalui events tersebut, Roblox mengajak para pembuat konten teratas pada situsnya untuk mempelajari perubahan yang akan datang pada platform


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!