Review Lengkap Xiao Genshin Impact, DPS Anemo Terbaik 2022

Xiao Genshin Impact

Genshin Impact telah merilis lebih dari 50 karakter yang bisa Vicigers mainkan, termasuk Xiao. Seiring rilisnya karakter baru, META dalam Genshin Impact terus berubah. Selain itu, monster yang tersedia juga menentukan apakah karakter tersebut termasuk META atau tidak.

Salah satu karakter Genshin Impact yang VCGamers nilai masih META adalah Xiao, karakter yang sudah rilis satu setengah tahun yang lalu. Sebelum membahas lebih jauh mengenai Xiao, VCGamers akan membahas sedikit mengenai apa itu META dalam game Genshin Impact.

META dalam Genshin Impact berarti karakter yang kuat dan sangat berguna bagi tim dalam menyelesaikan konten end game yakni Spiral Abyss. Untuk META kali ini, terdapat karakter Kazuha sebagai support / sub DPS, Bennett sebagai support, Xiangling sebagai sub DPS, dan karakter kuat lainnya, termasuk Xiao.

Baca Juga: Rekomendasi Karakter Pengguna Noblesse Oblige Genshin Impact

Xiao Genshin Impact sebagai DPS Anemo

Xiao Sebagai DPS Anemo
Xiao Sebagai DPS Anemo. Sumber: YouTube/Genshin Impact

Xiao adalah karakter dari Liyue, tepatnya sebagai salah satu dari Yaksha yang membantu Morax, Archon Geo dalam membasmi monster yang ada di Liyue. Ia menggunakan senjata polearm dengan vision atau elemen Anemo.

Ciri khas elemen Anemo adalah sebagai elemen yang paling berguna dalam Genshin Impact. Elemen tersebut memiliki keunikan yakni grouping atau mengelompokkan musuh yang banyak pada satu tempat. Selain itu, elemen Anemo juga memiliki damage tambahan berkat set artifak khusus Anemo yakni Viridescent Venerer.

Sebagian besar karakter dengan elemen Anemo adalah karakter support. Karakter tersebut yakni Kazuha, Venti, Sucrose, Sayu, Jean, dan karakter Anemo terbaru yakni Heizou adalah karakter bintang empat Anemo DPS yang menggunakan catalyst. Namun, bagaimana halnya dengan Xiao, DPS Anemo bintang lima?

Kali ini, VCGamers akan membahas review atau ulasan mengenai Xiao Genshin Impact, satu-satunya DPS Anemo bintang lima. Tidak hanya itu, ia juga menjadi salah satu DPS terbaik dalam game Genshin Impact.

Ulasan ini dibuat menurut analisa dari VCGamers yang sudah memainkan Genshin Impact semenjak rilis dan menggunakan Xiao sebagai DPS utama. Yuk simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Baca Juga: Catat! Jangan Lakukan Ini Saat Menggunakan Kazuha Genshin

Kelebihan Xiao

Damage Output Xiao Genshin Impact
Damage Output Xiao Genshin Impact dengan Calamity Queller R2, 2 Set VV dan 2 Set Gladi, tanpa Food Buff. Sumber: VCGamers

Xiao memiliki damage output yang tinggi sebagai DPS. Tentunya, semua karakter Genshin Impact memerlukan sebuah investasi terhadap karakter tersebut untuk menjadikan mereka karakter yang kuat. Hal tersebut sama dengan Xiao, namun investasi untuknya cukup mudah. Investasi tersebut berupa level karakter, level talent, dan tentunya artifak.

VCGamers menyarankan 2 set Viridescent Venerer dan 2 set Gladiator. Meskipun Genshin Impact telah merilis set artefak terbaru yakni Vermillion Hereafter, pemain akan lebih lama mencari artefak yang bagus untuk Vermillion. Menurut Braxophone, YouTuber Genshin Impact, 4 set Vermillion Hereafter hanya meningkatkan damage output sebesar 10% dari set awal yakni 2 VV dan 2 Gladi.

Dengan 2 set VV dan 2 set Gladi, pemain akan lebih mudah karena hanya membutuhkan 2 set VV dari domain artefak. Untuk 2 set Gladiator, pemain akan menemukannya seiring membunuh bos yang ada di Teyvat untuk material naik level karakter.

Selain kemudahan investasi artefak, Xiao juga memiliki gaya bermain yang unik dan berbeda dari karakter DPS yang lain. Melihat DPS lain menggunakan normal attack dan charged attack yang dibuff oleh skill mereka masing-masing, Xiao menggunakan plunging attack.

Plunging attack ini tentunya memiliki damage output yang lebih besar. Tidak ada karakter lain yang menggunakan plunging attack sebagai sumber damage. Dengan skill ultimatenya, Xiao dapat melompat lebih tinggi dan melakukan plunging attack. Ketika dalam efek skill ultimate, semua serangan menjadi serangan Anemo.

Damage dari plunging attack dengan ultimate tersebut sangatlah besar dan memberikan damage kepada musuh sekitar. Damage AoE atau area of effect ini menjadikan Xiao sebagai DPS terbaik dalam mengeluarkan damage dengan area yang besar.

Selain itu, sebagai karakter Anemo, ia memiliki kesempatan untuk memberikan buff terhadap satu party. Dengan memiliki karakter Anemo lain, party tersebut mendapatkan elemental resonance yang meningkatkan movement speed sebesar 10%, menurunkan konsumsi stamina sebesar 15%, dan mendapatkan cooldown reduction atau CDR skill sebesar 5%.

Damage output area yang besar, keunikan cara bermain, dan buff satu party adalah nilai plus dari Xiao. Dengan investasi yang cukup mudah dalam artifaknya, Xiao mampu memberikan damage area yang lebih besar. Tentu saja, dalam konten end game Xiao mampu bersinar sebagai DPS utama. Namun, Xiao juga memiliki beberapa kekurangan, seperti di bawah ini.

Kekurangan Xiao

Mono Pyro Party Xiao Genshin Impact
Rekomendasi Party Xiao Berisikan Bennett, Kazuha, dan Xiangling atau Mono Pyro. Sumber: VCGamers

Xiao sebagai karakter dengan elemen Anemo menjadi sebuah kekurangan tersendiri. Elemen Anemo tidak memiliki elemental shred (sebuah skill yang meningkatkan damage elemen Anemo) dan damage buff dari reaksi dengan elemen lain.

Anemo sebagai elemen yang sebagian besar karakternya adalah support memiliki skill yang mampu bereaksi dengan elemen lain dan memberikan buff terhadap elemen lain tersebut (reaksi Swirl). Contohnya, bila Kazuha dengan 4 set Viridescent Venerer menggunakan skill Anemo dan memberikan Swirl terhadap elemen pyro, karakter dengan damage pyro akan lebih besar damagenya.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Elemen lain memiliki kesempatan untuk memberikan damage yang lebih dari reaksi elemen. Contohnya, reaksi Cryo dengan Pyro akan menghasilkan Melt yang damagenya 2 kali lipat. Terdapat juga reaksi Pyro dan Cryo yang menghasilkan Vaporize. Namun, elemen Anemo hanya memiliki reaksi Swirl.

Selain itu, sumber damage dari Xiao adalah dengan skill ultimatenya. Jadi, ia membutuhkan Anemo battery atau karakter Anemo yang memberikannya energi untuk menggunakan ultimatenya. Bila pemain menggunakan artefak Energy Recharge, damagenya akan berkurang secara signifikan.

Membahas mengenai support untuk Xiao, karakter support untuknya juga terbatas sebagai DPS dengan elemen Anemo. Support yang saat ini bisa berguna untuk memberikan Xiao damage output lebih adalah ultimate dari Bennett, komposisi party dua Pyro, dan buff dari catalyst Thrilling Tales of Dragon Slayers.

Support di atas adalah support umum yang digunakan untuk memberikan buff bagi DPS lainnya. Untuk buff spesifik terhadap elemen Anemo yang dimiliki Xiao, supportnya sangat mahal. Jean C4 memiliki Anemo shred yang menurunkan Anemo Resistance musuh yang ada dalam ulti Jean. Selain itu, shield oleh Zhongli juga memiliki elemental shred yang menurunkan Elemental Resistance dengan shieldnya.

Selain mahalnya support, senjata yang paling bagus juga harus pemain dapatkan dari gacha yakni Primordial Jade Winged-Spear, Staff of Homa, dan Calamity Queller. Senjata bintang 4 yang cocok untuk Xiao harus pemain dapatkan dari mengumpulkan Starglitter dari melakukan gacha yakni Blackcliff Pole dan dari Battle Pass yakni Deathmatch.

Baca Juga: Karakter yang Cocok Menggunakan Artefak Vermillion Hereafter

Xiao untuk Dua Tipe Pemain Genshin Impact

Pemain yang Mengikuti META

Meta Spiral Abyss Genshin Impact
Penggunaan Xiao untuk Penyelesaian Spiral Abyss. Sumber: VCGamers

Untuk META saat ini, Xiao sangat cocok menjadi DPS. Meskipun membutuhkan support yang bisa melakukan grouping dan mengelompokkan musuh, Xiao tetap menjadi DPS terbaik untuk Spiral Abyss, khususnya untuk Floor 12.

Floor 12 memiliki musuh yang besar dan berkerumun sekitar pemain. VCGamers menggunakan Xiao sebagai DPS utama dengan bantuan Bennett, Kazuha, dan Xiangling untuk babak pertama. Tim mono pyro tersebut sangat efektif melawan Hilichurl dan Lawachurl dalam chamber 1 dan dengan bantuan grouping Kazuha.

Chamber 2 juga dapat dengan mudah terselesaikan berkat buff Bennett dan ultimate milik Xiangling. Untuk Chamber 3, tentunya sangat mudah berkat ultimate milik Bennett, lalu dilanjutkan dengan skill Kazuha yang menerapkan buff terhadap elemen Pyro. Buff tersebut sangat berguna sehingga ultimate milik Xiangling semakin sakit. Terakhir, Xiao menjadi DPS utama dengan plunging attack menghabiskan Mirror Maiden dan dua Fatui Cryogunner.

Jadi, bagi Vicigers yang mengikuti META, pastinya Xiao masih dalam META khususnya dalam penyelesaian Floor 12 Spiral Abyss. Damage output yang besar hanya dengan ultimate Bennett dan dua Pyro sangatlah membantu untuk menyelesaikan Floor 12.

Pemain Kasual

Xiao untuk Explore Genshin Impact
Xiao untuk Explore di Game Genshin Impact. Sumber: VCGamers

Bagi Vicigers yang hanya ingin bermain Genshin Impact secara kasual, karakter ini sangat cocok digunakan. Ia sangat mudah digunakan dengan skillnya yang khas. Selain itu, elemental burst nya juga seru untuk digunakan.

Anemo sebagai elemen utama sangat berguna untuk eksplorasi. Skillnya dapat mempermudah eksplorasi karena skill tersebut berupa dash. Selain itu, konsumsi stamina untuk mendaki juga berkurang karena skill talentnya.

Dengan skill dan burst Anemonya, karakter ini bisa dengan mudah menghilangkan shield Abyss Mage yang kerap membuat kesal pemain. Baik untuk pemain yang mengikuti META dan untuk pemain yang hanya bermain secara kasual, karakter ini sangat cocok bagi kedua tipe pemain.

Kesimpulan

Ratio Crit Rate dan Crit Damage
Detail Stat Xiao dengan Menggunakan Deathmatch. Sumber: VCGamers

Xiao adalah salah satu karakter DPS terkuat dalam Genshin Impact. Damage output yang tinggi khususnya untuk perihal damage area, terlebih untuk musuh besar yang tidak dapat terkena knockback. Untuk musuh kecil yang terkena knockback, pemain dapat mengatasi hal tersebut dengan support yang mampu melakukan grouping.

Meskipun support yang mahal dan terbatas, karakter ini tetap memiliki damage output yang tinggi dengan support yang terbatas tersebut. Untuk pemain yang mengincar META saat ini, jangan khawatir. Karakter ini sangat berguna dalam META saat ini dengan damage area yang luar biasa.

Karakter ini memang memiliki berbagai kekurangan. Namun, bila pemain memiliki senjata yang memumpuni, set artefak yang bagus, dan support yang memadai, Xiao adalah DPS terbaik dalam game Genshin Impact.

Demikian ulasan VCGamers mengenai Xiao, karakter DPS Anemo terbaik dalam game Genshin Impact. Untuk keperluan top up Genesis Crystal, yuk kunjungi VC Market by VCGamers! Banyak promo, cashback, dan tentunya harga yang murah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID