Review Game Apex Legends Mobile: Tricky Tapi Seru!


Review Apex Legends Mobile

Kali ini penulis ingin melakukan review game bernama Apex Legends Mobile.  Game yang baru rilis bulan Juli lalu sempat menghebohkan dunia game mobile.  Mau tahu seperti apa game ini?  Yuk langsung baca saja di bawah ini!

Baca Juga: Apex Legends Mobile Resmi Dirilis, Segera Download!

Review Game Apex Legends Mobile

Poster Apex Legends.  Sumber: VCGamers.

Review ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis dalam mencoba game Apex Legends Mobile.  Besar kemungkinan jika nantinya ada berbagai hal yang berbeda atau adanya perbedaan pendapat.

Jika kamu memiliki pengalaman yang sama ataupun berbeda dengan game yang satu ini, kamu bisa bercerita di komentar. Selamat membaca~

Baca Juga: Tips Push Rank Apex Legends Mobile, Auto Predator!

Pengenalan Awal

Review Apex Legends Mobile
Review Apex Legends Mobile.  Sumber: VCGamers.

Sebelum menuju ke arah Gameplay, perlu rasanya kita kenalan lebih dulu dengan game yang satu ini.

Apex Legends Mobile adalah sebuah bergenre action battle royal first-person shooter yang dikembangkan oleh Electronic Arts.  Seakan tidak asing karena sebenarnya Apex Legends Mobile adalah hasil adaptasi dari game Apex Legends di PC.

Sepertinya sudah menjadi sebuah hal biasa jika sebuah game PC yang sudah sangat hype kemudian diadaptasi menjadi game Android/iOs.  Tujuan mereka adalah menjangkau para pemain lain dengan gawai yang berbeda.

Sebut saja game saat ini seperti PUBG Mobile, Hyper Front, Ragnarok: Eternal Love, dan game lainnya yang sebelumnya berasal dari PC.  Setelah mengetahui dan ingin menjaring banyak pemain, dibuatlah versi mobile.

Bagi yang ingin tahu spesifikasi minimal Handphone (HP) untuk Apex Legends Mobile, penulis mengutip langsung dari situs resmi Electronic Arts (EA):

Untuk Android:

  • System on Chip: Snapdragon 435/ Hisilicon Kirin 650/ Mediatek Helio P20/ Exynos 7420
  • Android 6.0
  • Open GL 3.1 or higher
  • Penyimpanan kosong 4 GB
  • Minimal RAM 2 GB

Untuk iOS:

  • iPhone 6S atau terbaru
  • OS version: 11.0 atau terbaru
  • CPU: A9
  • Penyimpanan kosong 4 GB
  • Minimal RAM 2 GB

Jika melihat spesifikasi di atas, rasanya agak membutuhkan smartphone yang agak mahal.  Meski smartphone di bawah 2 juta banyak yang memiliki spesifikasi di atas, alangkah baiknya memiliki spesifikasi yang lebih baik untuk hasil yang baik.

Baca Juga: 5 Prosesor HP Gaming 5G Terbaik 2022
Baca Juga: 5 Cara Pilih HP Gaming Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

Tampilan

Review Apex Legends Mobile
Review Tampilan Lobby Apex Legends Mobile. Sumber: VCGamers.

Dari tampilan awal lobby, terlihat sangat bagus.  Bisa dikatakan grafiknya melebihi PUBG Mobile, CODM, atau Free Fire.  Seperti yang kita tahu, memang Apex termasuk game yang unggul di bidang grafik, jadi tidak begitu mengherankan.

Berdasarkan tanda plus di sisi kiri dan kanan Legends (sebutan untuk tokoh di Apex Legends), kamu bisa memainkannya secara tim dengan jumlah maksimal per tim tiga orang.

Di bagian setting, banyak sekali hal yang bisa diatur oleh pemain.  Ada yang sifatnya “lite” yang mudah, ada juga yang bersifat “advance” seperti game FPS lainnya.

Beberapa Legends dan Role di Apex Legends Mobile. Sumber: VCGamers.com.

Untuk jumlah legends yang ada di Apex Legends Mobile berjumlah 14 dan masih bertambah.  Jika dibandingkan dengan Apex Legends, agak berbeda karena saat ini game PC tersebut telah memiliki 19 Legends.

Setiap Legends memiliki skill masing-masing yang bisa dikelompokkan menjadi empat.  Ada Legends yang dapat mendeteksi musuh, Legends dengan spesialisasi penyembuhan, Legends yang memiliki skill perlindungan, dan Legends penembak.

Gameplay Review Apex Legends Mobile

Review Apex Legends Mobile
Review Gameplay Apex Legends Mobile. Sumber: VCGamers.

Pengalaman kurang menyenangkan yang dialami penulis adalah matchmaking.  Entah apa yang terjadi, sedikitnya pemain atau bagaimana, penulis harus menunggu selama 11 menit matchmaking!

Saat mulai permainan, Penulis kita disuguhkan gameplay ala Apex Legends di PC dan gameplay battle royal seperti biasanya, melompat dari pesawat menuju tempat yang pemain inginkan.  Sejauh ini tidak ada masalah yang berarti.

Justru masalah datang saat mendarat.  Hal yang sangat gila adalah banyak sekali tombol yang bisa kamu gunakan!  Jika ada kompetisi jumlah tombol terbanyak dalam satu game, sepertinya Apex Legends Mobile adalah pemenangnya.

Tapi developer sepertinya mengerti kesulitan yang nanti dihadapi pemain, sehingga mereka membuat pengaturan versi lite dan pengaturan lainnya untuk memudahkan pemain.  Misalnya mengambil barang dan membuka pintu secara otomatis atau auto-shoot saat mengeker musuh.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Jika kamu memiliki Smartphone yang mumpuni, Apex Legends menyediakan tingkatan grafik yang cukup banyak.  Ada yang memperbagus grafik, mengubah pencahayaan, dan masih banyak lagi.

Semua itu sepertinya telah dipikirkan oleh Electronic Arts untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk para pemainnya.  Jadi kamu bisa merasakan sensasi bermain yang berbeda.

Sama seperti game FPS lainnya, pemain dapat memiliki skin untuk para legends ataupun untuk senjata yang nantinya bisa kamu gunakan selama permainan.

Pilihan Map dan Recommended Party

Jumlah Maps Apex Legends Mobile. Sumber: VCGamers.

Jika PUBG memiliki empat map yang bisa dimainkan, Apex Legends Mobile punya 12 Maps.  Untuk battle royale, terdapat tujuh maps yang bisa kamu gunakan, sedangkan lima maps sisanya ada yang berupa maps baru atau hanya perbedaan mode saja.

Dengan banyaknya maps tersebut membuat para pemain Apex Legends Mobile tidak akan cepat bosan.  Justru saat merasa lelah dengan maps tersebut, pemain dapat berpindah, mencari suasana dan tim baru.

Yang tidak kalah menariknya adalah fitur recommended party.  Secara live, kamu bisa merekrut para pemain lain atau pemain sebelumnya dengan beberapa pertimbangan.

Sistem Recommended Party Apex Legends Mobile. Sumber: VCGamers.

Jika dilihat dari atas, ada beberapa hal yang bisa kamu lihat.  Kamu bisa melihat peringkat, Legends yang digunakan, jenis camera, dan yang terpenting apakah mereka bersedia On Mic atau tidak.  Communication is important!

Sistem Keamanan Yang Ketat

Review Apex Legends Mobile
Suspend Apex Legends Mobile. Sumber: VCGamers.

Keberadaan Electronic Arts yang telah lama di industri permainan membuat mereka menjadi paham tentang kondisi apa saja yang akan terjadi kedepannya.  Tapi sepertinya ada beberapa kejanggalan.

Untuk memainkan game ini, penulis menggunakan Bluestack.  Baru sempat merasakan 2-3 kali permainan, tiba-tiba mendapat pesan dari Apex Legends Mobile kalau akun penulis tersuspend dan terbanned dengan alasan yang tidak jelas.

Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan, Electronic Arts menggunakan Easy Anti-Cheat (EAC), sebuah third-party anti-cheat program untuk game Apex Legends dan Apex Legends Mobile.  Program tersebut dapat mem-banned atau men-suspend pemain tanpa alasan yang jelas.

Semua pemain yang mendapatkan masalah ini hanya bisa menunggu hingga waktu yang tertera di layar.  Tapi, jika masih berkelanjutan, kamu bisa menghubungi pihak Electronic Arts dan memberitahu masalah yang kamu hadapi.

Untuk masalah menggunakan Bluestack atau Nox, hingga saat ini penulis belum menemukan titik terang selain bertanya langsung kepada supports channel.

Kesimpulan Review Apex Legends Mobile

Dari hasil kesimpulan di atas, Apex Legends adalah sebuah game FPS Battle Royale yang sangat bagus jika bermain menggunakan smartphone yang mumpuni.  Dari segi grafis, untuk ukuran game mobile, ini sangat bagus.

Tidak perlu takut tidak bisa menguasai keseluruhan permainan, apalagi tombolnya.  Pihak dari Apex Legends Mobile telah memberikan berbagai solusi yang bisa kamu temukan di bagian pengaturan.

Yang pemain perlu tahu adalah senjata apa saja yang cocok dengan gaya bermain.  Selebihnya dari Apex Legends Mobile akan membuat serangkaian rekomendasi atau tombol yang baru muncul pada kondisi tertentu.

Lalu soal Easy Anti-Cheat, penulis masih belum bisa mengetahui apakah penggunaan Bluestack atau Nox bisa menjadi indikasi Easy Anti-Cheat melakukan banned atau suspend akun.

Tertarik untuk memainkannya?

Penuhi kebutuhan Syndicate Gold Apex Legends Mobile kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID