Simak! Panduan Reaksi Elemental Genshin Impact Terlengkap

reaksi elemental genshin impact

Genshin Impact merupakan salah satu game RPG yang memiliki keunikan pada gameplay-nya.

Damage bisa dihasilkan dari 2 hal yaitu serangan fisik (physical damage) dan dari reaksi elemental. 

Reaksi elemental Genshin Impact adalah gabungan dari kombinasi elemen yang menghasilkan damage lebih.

Elemen yang Ada di Genshin Impact

reaksi elemental genshin impact jenis elemen
Elemen-elemen yang Ada di Genshin Impact

Elemen merupakan hal yang penting di Genshin Impact. Hal ini ada kaitannya dengan vision.

Vision adalah kekuatan yang diberikan untuk orang-orang terpilih di Teyvat, latar tempat Genshin Impact.

Diceritakan bahwa vision akan memberikan elemen tambahan kepada setiap orang.  Dasar elemen apa yang diberikan ke setiap orang dan sebenarnya siapa yang memberikan vision belum diketahui karena dalam salah satu quest Archon dijelaskan bukan Archon itu sendiri yang memberikan vision.

Tidak perlu pusing kehabisan Genesis Crystal Genshin Impact karena di VCGamers kamu dapat melakukan Top Up Genshin Impact dengan mudah dan cepat.

Vision inilah yang membuat karakter yang kamu mainkan (kecuali traveler) bisa menggunakan elemen. Setiap karakter saat ini hanya bisa menggunakan 1 elemen saja.

Terdapat 7 elemen yang bisa digunakan oleh karakter yaitu Pyro, Cryo, Electro, Hydro, Geo, Anemo, dan Dendro. 

7 Elemen ini melambangkan 7 regional negara dan Archon di Genshin Impact, misalnya Liyue dan Morax melambangkan eemen Geo.

Berikut ini adalah daftar elemen yang ada di Genshin Impact:

  • Anemo : udara (angin)
  • Hydro : air
  • Pyro : api
  • Electro : listrik
  • Geo : tanah
  • Cryo : es
  • Dendro : kayu
Baca juga : Daftar Istilah di Genshin Impact, Pemula Wajib Tahu Biar Pro!

Penjelasan Lengkap Reaksi Elemental Genshin Impact

tabel reaksi elemental genshin impact
Tabel Reaksi Elemental Genshin Impact

Reaksi elemental Genshin Impact dipicu dengan menerapkan kombinasi efek elemen tertentu pada target yang bisa berupa musuh, sesama pemain pemain, atau pun objek.

Ketika sebuah elemen diterapkan ke target, elemen itu akan memberikan status/ aura. Untuk melihatnya kamu cukup melihat dari animasi musuh atau adanya lambang kecil di bar HP objek.

Misalnya, ketika kamu menyerang dengan Pyro akan terdapat lambang api kecil diujung kri bar HP musuh. Animasi kadang juga dilengkapi dan terlihat musuh terbakar.

Elemen yang diterapkan biasanya akan bertahan selama 9-12 detik (terkadang lebih lama) tergantung pada keterampilan yang digunakan. Status akan hilang apabila tanda kecil tadi hilang dari bar musuh, atau animasi hilang. 

Reaksi elemental Genshin Impact terjadi saat menerapkan beberapa elemen ke target. Ketika kamu menerapkan elemen lain ke musuh yang sudah terkena elemen sebelumnya maka akan terjadi reaksi elemental.  

Terkadang, reaksi akan menghilangkan aura elemental dari target. Misalnya ketika kamu menggunakan karakter claymore seperti Chongyun, dapat terjadi shatter yang menghilangkan reaksi elemental dan status Cryo.

Baca juga : Inilah Karakter Bintang 4 Terbaik Genshin Impact Versi 2022, Wajib Kamu Gunakan!

Reaksi elemental Genshin Impact tidak memiliki cooldown, tetapi skill baik itu elemental skill dan elemental burst memiliki waktu cooldown. 

Jika kamu adalah tipe yang bermain dengan reaksi elemental Genshin Impact, kamu harus memperhitungkan waktu pengaplikasi elemen dari setiap karakter kamu.

Semua damage yang dihasilkan dari reaksi elemental Genshin Impact dapat ditingkatkan apabila stat elemental mastery yang cukup. 

Semakin tinggi elemental mastery karakter maka damage reaksi elemental Genshin Impact akan semakin tinggi.

Urutan pengaplikasian suatu elemen dan elemen lain sebelum terjadi reaksi elemental Genshin Impact sangat berpengaruh.  Hal ini karena setiap urutan akan menghasilkan total damage yang berbeda.

Baca juga : Rekomendasi Build Kamisato Ayaka Genshin Impact 2022

Jenis Reaksi Elemental Genshin Impact

chart hubungan reaksi elemental elemen genshin impact
Bagan Reaksi Tiap Elemen yang Menghasilkan Reaksi Elemental

Terdapat total 9 reaksi elemental Genshin Impact yaitu: overloaded, melt, frozen, superconduct, Electro-charged, vaporize, swirl, crystallize, dan burning.

Saat ini untuk reaksi burning hanya bisa kamu lihat dari musuh seperti Metachurl yang menggunakan perisai dan barang-barang kayu.

Reaksi elemental Genshin Impact ini terjadi antara Dendro dan Pyro dan sampai saat ini karakter Genshin Impact yang menggunakan elemen Dendro belum dirilis.

Crystallize

reaksi elemental genshin impact crystallized
Crystallized Antara Hydro dan Geo memberi Shield Biru

Crystallize adalah reaksi elemental Genshin Impact yang dipicu dengan menimbulkan Geo pada target yang sudah terkena Pyro, Electro, Hydro, atau Cryo. 

Tidak seperti reaksi elemental lainnya, Crystallize tidak dapat kamu dapatkan apabila target musuh sudah terkena Geo lalu kamu berikan elemen lain.

Tidak seperti kebanyakan reaksi elemental lainnya, Crystallize tidak memberikan damage.  Namun reaksi ini memberikan elemental shard yang dapat kamu gunakan sebagai shield

Elemental Shard yang cocok yang dapat diambil untuk mendapatkan perisai elemen dari elemen yang sesuai.

Baca juga : Siap Melawan Rifthound! Inilah Build Zhongli Genshin Impact Terbaik 2022

Swirl

reaksi elemental genshin impact swirl
Swirl antara Hydro dan Anemo

Swirl adalah reaksi elemental Genshin Impact yang dipicu dengan memberikan Anemo pada target yang sudah terkena Pyro, Electro, Hydro, atau Cryo. Swirl juga bisa dipicu ke arah lain dengan memberikan elemen lain ke target yang sudah terkena Anemo,

Tidak seperti reaksi elemen lainnya, Swirl dapat menyebarkan elemen (khususnya, elemen non-Anemo yang terlibat dalam reaksi) ke target terdekat, biasanya ke arah reaksi Swirl.

Baca juga : Catat! Ini Rekomendasi Build Xiao Genshin Impact Terbaru

Melt

reaksi elemental genshin impact melt
Karakter Memberi Pyro pada Cryo Slime Menghasilkan Melt
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Melt adalah reaksi elemental Genshin Impact yang dipicu dengan memberikan Pyro pada target yang sudah terkena Cryo atau sebaliknya.

Tidak seperti kebanyakan reaksi elemental lainnya, reaksi ini meningkatkan kerusakan serangan Pyro atau Cryo yang memicu reaksi. 

Selain itu, mengubah urutan penerapan elemen akan menghasilkan efek yang sedikit berbeda.

Apabila kamu memberikan musuh Pyro terlebih dahulu baru Cryo, damage yang dihasilkan besarnya akan 2x elemental mastery karakter. Jika sebaliknya, yaitu Cryo lalu Pyro akan memberikan damage sebesar 1.5x elemental mastery. 

Baca juga : Rekomendasi Build DPS Yanfei Genshin Impact Terbaik 2022

Overloaded

reaksi elemental genshin impact overloaded
Overloaded Menghasilkan Ledakan

Overloaded adalah reaksi elemental Genshin Impact yang dipicu dengan menimbulkan Electro pada target yang sudah terkena Pyro atau sebaliknya.

Reaksi ini menyebabkan ledakan damage AoE yang menghasilkan Pyro DMG. Baik damage yang dilakukan pada target reaksi maupun efek damage AoE memiliki besar damage yang sama.

Tidak seperti Swirl, Overloaded tidak dapat memicu reaksi elemental lebih lanjut karena tidak menerapkan Pyro ke target yang terkena. Sehingga akan menghilangkan status.

Baca juga : Raiden Shogun Menjadi Boss Baru Genshin Impact? Intip Informasi Boss dan Musuh di Update 2.5

Frozen

reaksi elemental genshin impact frozen
Frozen Menyebabkan Stun pada Musuh

Frozen adalah reaksi elemental Genshin Impact yang dipicu dengan memberikan Cryo pada target yang sudah terkena Hydro atau sebaliknya.

Tidak seperti kebanyakan reaksi elemental lainnya, Frozen dengan sendirinya tidak memberikan damage. Sebagai gantinya, reaksi ini membuat musuh stun sehingga musuh tidak bisa bergerak.  

Reaksi elemental ini juga memungkinkan reaksi lanjutan, Shatter, dilakukan dengan serangan berat dari Claymores, Plunging Attacks, Explosions, atau Geo DMG. Shatter diterapkan seperti reaksi elemental namun memberikan physical DMG.

Vaporize

reaksi elemental genshin impact vaporized
Vaporize

Vaporize adalah reaksi elemental Genshin Impact yang dipicu dengan menimbulkan Hydro pada target yang sudah terkena Pyro atau sebaliknya.

Tidak seperti kebanyakan reaksi elemental Genshin Impact lainnya, reaksi ini meningkatkan kerusakan serangan Hydro atau Pyro yang memicu reaksi. 

Selain itu, mengubah urutan penerapan elemen akan menghasilkan efek yang sedikit berbeda, sama seperti melt.

Apabila kamu memberikan musuh Pyro terlebih dahulu baru Hydro, damage yang dihasilkan besarnya akan 1.5x elemental mastery karakter. Jika sebaliknya, yaitu Hydro lalu Pyro akan memberikan damage sebesar 2x elemental mastery. 

Superconduct

reaksi elemental genshin impact superconduct
Reaksi Elemental Superconduct

Superkonduktor adalah reaksi elemental Genshin Impact yang dipicu dengan menimbulkan Elektro pada target yang sudah terpengaruh oleh Cryo atau sebaliknya. 

Reaksi ini memberikan AoE Cryo DMG dan mengurangi ketahanan fisik (physical RES) semua musuh di AoE.

Superconduct juga dapat terjadi di lingkungan ketika berhadapan dengan Electro ke air yang sebelumnya dibekukan oleh Cryo, memperpendek durasi frozen dan menyebabkan air di bawahnya menjadi Electro-Charged. 

Namun, tidak ada damage AoE yang diberikan, dan pertahanan (RES) musuh di sekitar pun tidak berkurang. 

Superconduct tidak akan terjadi saat menangani Cryo ke air Electro-Charged. Misalnya kamu melawan musuh dekat air sungai. Ketika kamu sudah memberikan air tersebut serangan Electro, kamu tidak bisa memicu Superconduct.

Tidak seperti Swirl, Superconduct tidak dapat memicu reaksi elemental lebih lanjut karena tidak menerapkan Cryo ke target yang terkena dan status Cryo hilang dari musuh.

Baca juga : Inilah Rekomendasi Build Ganyu Genshin Impact Terbaru dan Terlengkap 2022!

Electro-Charged

reaksi elemental genshin impact electro charged
Reaksi Electro-charged antara Hydro dan Electro

Electro-Charged adalah reaksi elemental Genshin Impact yang dipicu dengan menimbulkan Electro pada target yang sudah terkena Hydro atau sebaliknya.

Reaksi ini memberikan Electro DMG dari waktu ke waktu ke target apabila semua musuh dalam keadaan basah kamu beri serangan Electro terus-menerus. Reaksi ini yang sering digunakan untuk taser team.

Baca juga : Tips dan Rekomendasi Terlengkap Build Yae Miko Genshin Impact

Tidak seperti kebanyakan reaksi unsur lainnya, target Electro-Charged akan memiliki status Hydro dan Electro secara bersamaan, yang memungkinkan beberapa reaksi dipicu pada target jika elemen ketiga diterapkan.  

Jika serangan Electro mengenai badan air seperti sungai atau danau, air akan menjadi Electro-Charged untuk waktu yang singkat dan setiap target yang masuk ke dalamnya akan menerima Electro DMG. 

Electro-Charged Water dapat menyebabkan Overload dan Superconduct saat diserang dengan Pyro dan Cryo.

Add a comment