Panduan Reaksi Elemental Genshin Impact Terbaru


Reaksi Electro-Charged
Promo Mobile Legends

Genshin Impact merupakan game yang cukup kompleks karena adanya berbagai reaksi elemental. Setiap karakter dalam game ini memiliki elemen yang bisa kamu padukan sehingga menghasilkan reaksi elemental.

Reaksi elemental tersebut memberikan buff dan damage terhadap target sehingga akan lebih mudah untuk mengeliminasi berbagai musuh yang ada.

Kali ini, VCGamers akan membahas lengkap mengenai reaksi elemental yang ada dalam Genshin Impact. Semua hal mengenai reaksi ini berdasarkan halaman Genshin Impact Wiki dan juga demonstrasi oleh penulis untuk membuktikan fakta dan data yang tersedia.

Baca Juga: Build Nahida Genshin Impact: Skill, Gear, dan Team Comps

Elemen Genshin Impact

Elemen yang ada di Genshin Impact
Elemen yang ada di Genshin Impact. Sumber: Kickstarter/Pineko

Dalam Genshin Impact, pastinya kamu mengetahui ada tujuh elemen yang berbeda-beda. Elemen atau Vision adalah kekuatan yang dimiliki setiap karakter Genshin Impact.

Berikut adalah tujuh elemen beserta karakter yang memiliki elemen tersebut:

  • Anemo: Jean, Kaedehara Kazuha, Sayu, Shikanoin Heizou, Sucrose, Venti, Xiao, Traveler
  • Cryo: Aloy, Chongyun, Diona, Eula, Gantu, Kaeya, Kamisato Ayaka, Qiqi, Rosaria, Shenhe
  • Dendro: Collei, Nahida, Tighnari, Traveler
  • Electro: Beidou, Cyno, Dori, Fischl, Keqing, Kujou Sara, Kuki Shinobu, Lisa, Raiden Shogun, Razor, Yae Miko, Traveler
  • Geo: Albdeo, Arataki Itto, Gorou, Ningguang, Noelle, Yun Jin, Zhongli, Traveler
  • Hydro: Barbara, Candace, Kamisato Ayato, Mona, Nilou, Sangonomiya kokomi, Tartagila, Xingqiu, Yelan
  • Pyro: Amber, Bennett, Diluc, Hu Tao, Klee, Xiangling, Xinyan, Yanfei, Yoimiya

Dari semua karakter yang tersedia, mereka memiliki vision dan elemen yang bisa kamu padukan sehingga menghasilkan reaksi elemen.

Saat ini, terdapat lebih dari 10 reaksi elemen yang bisa kamu hasilkan dari berbagai elemen berbeda. Setiap reaksi elemen akan menghasilkan buff atau damage yang unik.

Buff dan damage yang dihasilkan akan sangat berpengaruh dengan Elemental Mastery karakter yang bersangkutan ketika menghasilkan reaksi elemental.

Artikel ini akan merangkum semua reaksi elemen yang ada dalam game genshin impact hingga update elemen terbaru yakni dendro.

Baca Juga: Rekomendasi Ganyu Build Genshin Impact Tersakit 2022

Elemental Mastery Genshin Impact

Contoh Elemental Mastery Kazuha
Contoh Elemental Mastery oleh Kazuha. Sumber: VCGamers

Sebelum membahas mengenai reaksi elemental yang ada dalam game Genshin Impact, sebaiknya kita membahas mengenai Elemental Mastery terlebih dahulu.

Damage dari berbagai reaksi elemental bisa pemain tingkatkan dengan Elemental Mastery atau EM dari karakter yang memicu reaksi elemental.

Terdapat menu dalam game yang menunjukkan bonus damage dari Elemental Mastery satu karakter. Bonus damage tersebut diterapkan dengan berbagai cara yang berbeda dan bergantung dengan jenis reaksi.

Sebagai contoh, gambar di atas merupakan Elemental Mastery yang dimiliki oleh Kaedehara Kazuha. Elemental Mastery sebesar 826 memberikan bonus damage terhadap reaksi elemental seperti gambar di atas, sesuai dengan besarnya EM.

Baca Juga: Build F2P Terbaik Untuk Kaedehara Kazuha Genshin Impact

Daftar Reaksi Elemental Genshin Impact

Vaporize

Reaksi Elemental Genshin Impact Vaporize
Contoh Reaksi Vaporize. Sumber: VCGamers

Vaporize merupakan reaksi elemental yang terjadi jika adanya kombinasi elemen Hydro dan Pyro. Pemain bisa mengaplikasikan Hydro pada target yang terkena Pyro dan sebaliknya akan menghasilkan reaksi Vaporize.

Reaksi ini akan meningkatkan damage dari serangan Hydro atau Pyro yang memicu reaksi tersebut. Jika kamu menggunakan serangan Pyro untuk memicu Vaporize, maka damage serangan Pyro akan dikalikan dengan 1,5 atau bernama Reverse Vaporize.

Jika kamu mengaplikasikan serangan Hydro untuk memicu Vaporize, maka damage dari Hydro akan dikalikan dengan 2.

Baca Juga: Genshin Impact Xiangling Build, Support OP Menghasilkan Damage Besar!

Overloaded

Reaksi Overloaded
Contoh Reaksi Overloaded. Sumber: VCGamers

Overloaded merupakan reaksi elemental dalam Genshin Impact sebagai hasil dari interaksi Electro pada target yang terkena Pyro dan berlaku sebaliknya.

Reaksi tersebut akan menimbulkan damage Area over Effect atau AoE dalam radius 5 meter. Damage AoE bersifat knockback yang cukup signifikan pada musuh yang lebih kecil.

Karena damage knockback yang cukup signifikan, reaksi ini bisa menimbulkan Shatter yang cukup efektif untuk memberikan damage terhadap shield musuh.

Contoh gambar di atas merupakan hasil dari Elemental Skill Yae Miko yang mengaplikasikan Electro terhadap Ruin Guard dan Elemental Skill Bennett yang mengaplikasikan Pyro sehingga menghasilkan reaksi Overloaded.

Melt

Reaksi Elemental Genshin Impact Melt
Contoh Reaksi Reverse Melt. Sumber: VCGamers

Melt adalah reaksi elemental yang memberikan buff terhadap damage seperti Vaporize. Berbeda dengan Vaporize, reaksi Melt dipicu dengan mengaplikasikan Pyro terhadap target yang sudah terkena Cryo dan berlaku sebaliknya.

Reaksi ini memberikan buff terhadap damage serangan Cryo atau Pyro yang memicu reaksi tersebut.

Jika Cryo memicu reaksi Melt, maka damage akan dikalikan dengan 1,5 seperti contoh di atas dan dinamakan Reverse Melt. Ganyu memberikan Charged Attack kepada Hilichurl Chieftain yang sudah terkena Pyro oleh Elemental Skill Bennett.

Namun, jika Pyro memicu reaksi Melt, maka damage akan dikalikan dengan 2. Elemental Mastery dari karakter yang memicu juga akan berpengaruh dengan damage output reaksi tersebut.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Nahida Genshin Impact Pada Update 3.2 

Swirl

Reaksi Swirl Kazuha
Contoh Reaksi Swirl oleh Kazuha. Sumber: VCGamers

Swirl merupakan reaksi elemental yang terjadi jika memberikan Anemo terhadap target yang sudah terkena elemen Cryo/Electro/Hydro/Pyro dan berlaku sebaliknya.

Reaksi tersebut memberikan elemental damage dari elemen yang termasuk dalam reaksi Swirl. Sebagai contoh gambar di atas, Kazuha menggunakan Elemental Skill yang memberikan Swirl dan juga damage elemental berupa elemen Hydro.

Damage dari elemen yang termasuk dalam Swirl bisa mencapai radius hingga 6 meter. Berbeda dengan damage Anemo yang memiliki stat damage dari level dan Elemental Mastery, damage dari elemen hasil Swirl bisa pemain tingkatkan dengan Attack, CRIT, Damage Bonus, dan Level Talent.

Crystallize

Crytstallize Zhongli
Contoh Crystallize oleh Zhongli Skill. Sumber: VCGamers

Reaksi yang dipicu dengan adanya Geo pada target yang sudah terkena Cryo/Electro/Hydro/Pyro ini tidak akan menimbulkan damage tambahan.

Namun, reaksi Crystallize akan memberikan Elemental Shard sesuai dengan elemen yang bersangkutan. Elemental Shard akan memberikan shield sesuai elemen jika kamu mengambil Elemental Shard tersebut.

Sesuai dengan gambar di atas, Raiden Shogun memberikan damage Electro terhadap Hilichurl. Setelah itu, Zhongli menggunakan Elemental Skill dan memberikan damage Geo sehingga menghasilkan Elemental Shard Electro.

Baca Juga: Tips dan Rekomendasi Terlengkap Build Yae Miko Genshin Impact

Electro-Charged

Reaksi Electro-Charged
Contoh Reaksi Electro-Charged. Sumber: VCGamers

Reaksi Electro-Charged merupakan reaksi elemental hasil dari perpaduan antara Electro pada target yang sudah terkena Hydro dan juga berlaku sebaliknya.

Electro-Chared memberikan damage Electro yang bersifat Damage over Time atau DoT. Damage tersebut akan menuju target yang terkena Electro-Charged dan juga target yang terkena status Wet dari serangan Hydro di sekitar.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat gambar di atas yang menunjukkan adanya reaksi Electro-Charged setelah mengaplikasikan Ultimate Skill dari Yelan dan Elemental Skill dari Yae Miko.

Frozen

Contoh Reaksi Frozen
Contoh Reaksi Frozen. Sumber: VCGamers

Reaksi elemental selanjutnya adalah Frozen. Frozen merupakan reaksi elemental dari paduan Cryo pada target yang sudah terkena Hydro dan juga berlaku sebaliknya.

Frozen ini tidak memberikan damage, namun akan membekukan musuh selama sisa durasi terendah dari dua elemen yang diterapkan.

Menurut Genshin Impact Wiki, kamu bisa mengaplikasikan Shatter kepada musuh yang beku. Shatter merupakan damage fisik tambahan yang bisa menghilangkan status Frozen musuh.

Superconduct

Reaksi Elemental Superconduct
Reaksi Elemental Superconduct. Sumber: VCGamers

Superconduct merupakan reaksi elemental yang bisa kamu terapkan jika mengaplikasikan Electro kepada target yang sudah terkena Cryo atau sebaliknya.

Reaksi ini akan memberikan damage Cryo yang cukup luas yakni dalam radius 5 meter. Tidak hanya itu, musuh yang terkena Superconduct akan lebih rentan terhadap damage fisik, lebih tepatnya sebesar 40% selama 12 detik.

Superconduct sangat diperlukan untuk memberikan buff terhadap damage fisik. Salah satu karakter dengan damage fisik yang mengandalkan Superconduct adalah Eula.

Quicken

Reaksi Catalyze yakni Quicken, Aggravate, dan Spread
Reaksi Aggravate dan Spread sebagai Hasil dari Quicken Aura. Sumber: VCGamers

Quicken merupakan reaksi elemental yang bisa terbilang baru dalam game Genshin Impact. Dengan memberikan damage Dendro terhadap musuh yang terkena Electro atau sebaliknya, kamu akan menghasilkan reaksi Aura Quicken atau sering disebut sebagai reaksi Catalyze.

Kemudian, kamu bisa mengaplikasikan Dendro atau Electro terhadap target yang ada dalam Aura Quicken tersebut untuk menghasilkan reaksi elemental tambahan.

Jika kamu mengaplikasikan Dendro terhadap target dalam Aura Quicken, maka akan ada reaksi elemental Spread. Sebaliknya, jika kamu mengaplikasikan Electro maka akan ada reaksi bernama Aggravate.

Spread dan Aggravate akan memberikan flat bonus damage. Seperti gambar di atas, kamu bisa menghasilkan reaksi Aggravate dan Spread bersamaan dengan Elemental Skill dari Nahida dan Auto Attack dari Yae Miko.

Hal tersebut bisa terjadi karena menghasilkan Spread atau Aggravate tidak akan mengkonsumsi Aura Quicken.

Bloom

Reaksi Elemental Bloom menjadi Burgeon dan Hyperbloom
Reaksi Elemental Bloom menjadi Burgeon dan Hyperbloom. Sumber: VCGamers

Reaksi Elemental bernama Bloom juga merupakan reaksi yang baru dalam game Genshin Impact. Kamu bisa menghasilkan reaksi Bloom dengan memadukan elemen Hydro dan Dendro terhadap musuh.

Reaksi tersebut kemudian akan menghasilkan Dendro Core di sekitar target yang terkena Bloom. Kamu bisa menghiraukan Dendro Core tersebut selama enam detik dan akan meledak sendirinya sehingga memberikan damage.

Namun, jika kamu menggunakan serangan Pyro terhadap Dendro Core, maka akan meledak dan menghasilkan reaksi Burgeon yang memberikan damage Dendro hingga radius 5 meter kepada musuh dan karakter.

Jika kamu memberikan serangan Electro terhadap Dendro Core, maka Dendro Core akan memberikan damage Dendro seperti Homing Missile namun menghasilkan reaksi Hyperbloom.

Contoh gambar di atas menunjukkan reaksi Burgeon yang berupa ledakan yang dipicu oleh Elemental Skill Bennett terhadap Dendro Core. Gambar sebelah kanan menunjukkan reaksi Hyperbloom dan misil yang akan keluar berkat Elemental Skill Cyno terhadap Dendro Core.

Burning

Contoh Reaksi Burning
Contoh Reaksi Burning. Sumber: VCGamers

Burning merupakan reaksi elemental yang dipicu dengan aplikasi Pyro terhadap target yang sudah terkena Dendro dan juga berlaku sebaliknya.

Reaksi ini akan memberikan damage AoE dan DoT Pyro Damage dan menerapkan 1 gauge unit dalam radius hingga 1 meter terhadap musuh dan karakter. Seperti elemen lainnya, aplikasi Pyro juga memiliki Internal Cooldown hingga dua detik.

Pada gambar di atas, Nahida menghasilkan reaksi Burning dengan menggunakan Elemental Skill terhadap Cryo Regisvine yang terkena Pyro berkat Elemental Skill oleh Bennett.

Demikian pembahasan mengenai reaksi elemental Genshin Impact dan semoga bermanfaat ketika menjelajahi Teyvat, para Pengembara!

Penuhi kebutuhan top up Genshin Impact hanya di VC Market by VCGamers! Nikmati harga yang lebih murah dengan promo yang masih tersedia.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID