Prediksi Hero Yang Dipakai Saat TI 2022


Prediksi Hero TI 2022

Update Patch 7.32 dan 7.32b membuat banyak orang bertanya tentang prediksi hero yang nantinya digunakan saat TI 2022 nanti.  Pasalnya, pada update yang dilakukan saat akhir bulan agustus ini memberikan dampak yang cukup besar.

Untuk menjawabnya, penulis telah merangkum prediksi heroes yang digunakan saat TI 2022.  Penasaran dengan hero apa saja?  Langsung aja cek di bawah ini!

Baca Juga: 5 Counter Tiny DOTA 2 Terbaik, Hentikan Dia!
CLICK HERE FOR FREE BATTLLE PASS DOTA 2!

Update 7.32 dan 7.32b, Mengubah Gameplay

Update Dota 2 Patch 7.32
Poster Update Dota 2 Patch 7.32. Sumber: Dota 2

Patch 7.32 yang keluar tanggal 23 Agustus 2022 membuat para pero player Dota 2 sedikit panik.  Asalannya adalah patch terbaru tersebut rilis tepat di hari pertama turnamen ESL One Malaysia 2022.

Update tersebut cukup besar dan mengubah gameplay beberapa heroes, ada yang mendapatkan buff besar, nerf yang banyak, dan juga adjustment agar hero tersebut semakin balance.

Tidak berselang lama, tanggal 31 Agustus 2022, terdapat update patch 7.32b.  Patch ini berisikan fixing minor issues, bugs, dan juga memberi sedikit penyesuaian kepada heroes yang telah diupdate sebelumnya.

Prediksi Hero di TI 2022

Prediksi Hero TI 2022
Oracle dan Piala The International. Sumber: VCGamers.

Memprediksi heroes yang akan digunakan pada saat pertandingan bisa disebut agak sulit.  Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, seperti hero signature pemain, kondisi draft musuh dan tim sendiri, dan banned heroes.

Tapi, kita bisa memperkirakan heroes apa saja yang mungkin menjadi pilihan para pro player dengan melihatnya melalui update dan heroes yang telah mereka gunakan.

Penulis telah membuat rangkuman tentang prediksi hero yang besar kemungkinannya akan dipilih. Rangkuman tersebut penulis buat berdasarkan draft heroes para pemenang TI 2022 Regional Qualifier dan juga data update patch 7.32 dan 7.32b.

Baca Juga: Jadwal Lengkap, Venue, dan Format The International 11 Dota 2

Mid Lane

Prediksi Hero TI 2022
Prediksi Hero Midlaner di TI 2022 Dota 2. Sumber: VCGamers.

Mid Lane atau Pos 2 merupakan pos yang sangat krusial.  Posisinya yang berada di tengah map membuat para Mid Lane harus siap dengan kondisi terkena ataupun membantu gank.

Dari hasil catatan penulis, ada lima heroes yang sering digunakan sebagai midlaner.  Kelima heroes tersebut adalah Visage, Queen of Pain, Batrider, Lina, dan Death Prophet.

Sebenarnya Visage termasuk sebagai hero support yang mendapatkan nerf cukup banyak.  Tapi ada beberapa hal yang menguntungkan bagi Visage, seperti Familiars yang saat ini memiliki attack range lebih jauh dan stun radius lebih lebar.

Update Queen of Pain pada patch kali ini berfokus pada talent tree miliknya.  Contohnya level 15 sekarang terdapat -0.7 Shadow Strike Damage Interval yang artinya dapat memberikan damage lebih cepat.  Atau level 20 yang memberikan -60 detik cooldown Sonic Wave.

Batrider memang secara jelas tidak menjadi support atau carry, karena dia bisa bermain di keduanya.  Melihat hasil update, semua skill milik Batrider mengalami nerf, tapi kini Sticky Napalm akan memberikan damage langsung yang bisa distack.  Bisa jadi sumber damage tambahan bagi Batrider.

Untuk Lina, terdaapat rework pada Scepternya yang menambahkan skill baru, Flame Cloak.  Skill tersebut memberikan status flying movement, +30% spell damage, dan +35% magic resistance.  Apalagi talents level 25-nya membuat Laguna Blade menjadi Pure Damage dan Pierces Spell Immunity.

Terakhir ada Death Prophet yang mendapatkan buff di seluruh skillnya.  Buff yang ia terima seperti pengurangan mana cost, penambahan damage, tambahan movement speed membuat Death Prophet mampu melakukan spam skill.

Ember Spirit, Storm Spirit, Kunkka, dan Pangolier juga menjadi beberapa midlaner yang cukup sering dipilih.  Tapi jika dibandingkan dengan kelima heroes di atas, jumlah dimainkannya heroes ini agak rendah.

Baca Juga: Serba Update Dota 2 Patch 7.32 Yang Wajib Kamu Ketahui

Carry

Prediksi Hero TI 2022
Prediksi Hero Carry Safelaner di TI 2022 Dota 2. Sumber: VCGamers.

Dari seluruh posisi di Dota 2, memprediksi Carry (safelaner) adalah hal paling sulit.  Alasannya adalah saat hero tersebut berhasil memenangkan pertandingan, berikutnya ia akan dibanned.

Dari sekian banyak safelaner yang digunakan para tim pemenang TI 2022 Region Qualifier, ada empat heroes yang masuk sebagai prediksi penulis.  Heroes tersebut adalah Morphling, Terrorblade, Phantom Assassin, dan Ember Spirit.

Update patch kali ini membuat Morphling sangat bagus untuk dipilih.  Sangat terlihat sekali dari skill ultimatenya, Morph.  Dengan menambahkan Scepter, status resistance, attack speed, dan damage amplification Morphling meningkat sangat besar.

Untuk Terrorblade, memang pada dasarnya sudah sangat kuat, seperti Troll Warlord yang bisa melee ataupun ranged.  Update patch 7.32 memberikan peningkatan di turn rate dan base health regen.  Menariknya dari update ini adalah Sunder dengan mana cost berkurang sedikit

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Update 7.32 bagi Phantom Assassin adalah salah satu update terbaik.  Tanpa harus membeli item lifesteal, Phantom Assassin sudah mempunyainnya lifesteal bersamaan dengan skill keduanya, Phantom Strike.  Keren, bukan?

Terakhir ada Ember Spirit yang skillnya dibuff cukup besar.  Skill Flame Guard dan Fire Remnant yang menjadi sumber Damage over Time (DoT) dan Burst Damage mendapat buff berupa pengurangan mana.

Sama seperti di atas, masih banyak lagi prediksi hero carry untuk TI 2022 seperti Phantom Lancer dan Faceless Void.  Tapi heroes tersebut agak jarang dipilih oleh para pro player yang telah lolos ke Qualifier The International 2022.

Baca Juga: 5 Hero Hard Carry Dota 2 Paling GG 2022

Offlane

Prediksi Hero TI 2022
Prediksi Hero Offlaner di TI 2022 Dota 2. Sumber: VCGamers.

Untuk heroes offlaner,  heroes yang paling banyak digunakan adalah Visage, Mars, Enigma, Primal Beast, dan Bristleback.  Menjadi offlaner bukan soal menjadi tank, tapi mampu bertahan dari berbagai tekanan tapi tetap mendapatkan gold.

Visage memang tidak memiliki darah yang tebal, tapi Familiars memilikinya.  Dengan Familiars, Visage dapat dengan mudah mempertahankan lane selagi melakukan farming atau mengintai musuh.

Mars juga memiliki durabilitas yang kuat.  Semua skillnya bisa digunakan untuk menyerang atau bertahan, seperti Spear of Mars dan God’s Rebuke yang memberikan knockback.  Skill Bulwark-nya yang bisa menahan serangan musuh juga cocok menghadapi ranged heroes.

Kalau Enigma, sebagai offlaner, ia mampu menghabisi dan neutral creep dari sisi musuh dengan sangat cepat menggunakan Eidolons.  Dari segi update, tidak ada yang mempengaruhi kemampuan offlanernya, jadi wajar jika Enigma tetap digunakan.

Sama seperti di atas, update yang diterima oleh Primal Beast tidak mengurangi kemampuannya sebagai offlaner.  Primal Beast bahkan menjadi salah satu offlaner pilihan pro players karena dapat membersihkan lane dengan cepat dengan damage yang besar.

Terakhir adalah Bristleback.  Hero yang terlahir sebagai offlaner ini tetap worth it meski mendapatkan nerf berkali-kali.  Dengan combo Viscous Nasal Goo dan Quill Spray miliknya mampu melakukan last hit meski melawan hero ranged sekalipun.  Ditambah lagi dengan skill Bristleback yang menjadi “black mail” bagi para musuh.

Baca Juga: Hero Offlane Dota 2 Paling GG Untuk Nge-Rank

Prediksi Hero Support di TI 2022

Prediksi Hero Support di TI 2022 Dota 2. Sumber: VCGamers.

Untuk prediksi hero support, penulis akan menggabungkan antara hard dengan soft support agar lebih mudah menjelaskannya.  Meski ada perbedaan di tugasnya, tapi keduanya tetap sama-sama support.

Kebanyakan dari para pro players selalu menggunakan hero support yang versatile guna membackup carry atau offlaner.  Support paling banyak dipilih adalah Undying, Marci, Enchantress, Earthshaker, dan Chen.

Di artikel sebelumnya, Undying menjadi salah satu hero support yang banyak digunakan saat ini.  Skill pertamanya, Decay, mampu memberikan instant HP layaknya Faerie Fire.  Tidak hanya itu, dengan skill Tombstone dan Soul Rip miliknya membuat Undying juga cocok sebagai initiator dan healer.

Sepertinya penulis ada benarnya kalau menuliskan Marci sebagai hero support terbaik di patch ini.  Tercatat di Liquipedia, Marci adalah hero yang paling banyak dipilih selama rangkaian turnamen TI 2022 Regional Qualifier.  Untuk lebih jelas alasannya, kamu bisa baca di sini.

Hero Support Dota 2 Terbaik
Marci, Support Paling Banyak Dipilih di TI 2022 Region Qualifier

Enchantress tidak hanya memiliki damage yang besar, tapi juga mampu membentengi teman dari musuh.  Damage yang besar biasanya dimanfaatkan untuk “memberi makan” para carry agar lebih cepat dan kaya.  Sebagai backup, Enchantress memiliki skill Untouchable dan juga Nature’s Attendants untuk menambahkan HP.

Earthshaker bisa disebut sebagai stunner terbaik.  Seluruh skill miliknya dapat memberikan efek stun.  Para pro player mampu memaksimalkan skill Earthshaker untuk menutup jalan (skill Fissure) atau menahan musuh hingga bantuan datang.

Terakhir ada Chen sebagai dari hero support paling rumit.  Kemampuan Chen yang dapat mengontrol empat neutral creeps ini dapat membantu tim dari segi mengawasi Roshan, ganking, pushing, dan farming di jungle musuh.  Tidak ketinggalan skill Hand of God dan Martyrdom yang dapat memberikan heal ke rekan satu tim dimana saja.

Baca Juga: Rekomendasi Hero Hard Support Terbaik Dota 2 2022

Kesimpulan Prediksi Hero di TI 2022

Dari hasil prediksi hero yang penulis buat, sangat mungkin semuanya akan digunakan saat TI 2022 berlangsung.  Semua heroes di atas memang memiliki kelemahan dan kelebihannya, tapi berdasarkan data permainan, heroes tersebut sangat berguna selama TI 2022 Regional Qualifier.

Tapi kembali lagi, semuanya bergantung pada draft masing-masing tim, kemampuan pro player menguasai hero, dan banned heroes dari kedua tim.

Itulah prediksi hero di TI (The International) 2022 yang berpotensi digunakan para pro player untuk bertanding.  Jika kamu memiliki pendapat yang berbeda, silakan tulis di kolom komentar tentang hero apa yang kamu prediksikan beserta alasannya.

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID