POCO M5, Smartphone Baru Dari Xiaomi: Spesifikasi dan Harga

Poco M5

Salah satu Sub-Brand dari Xiaomi, POCO, mengeluarkan Smartphone baru bernama POCO M5.  Setangguh apa kira-kira smartphone yang satu ini?

Penasaran dengan review, spesifikasi, dan harganya?  Simak terus artikel di bawah ini!

Baca Juga: Tablet Murah Redmi Pad dari Xiaomi: Spesifikasi dan Harga

POCO M5, Smartphone Dari Sub-Brand Xiaomi

Poco M5
Full Set Poco M5.

Pada bulan September 2022, salah satu sub-brand dari Xiaomi, POCO, mengeluarkan smartphone baru bernama POCO M5.  Smartphone ini menjadi smart phone terbaru dari seri-M milik POCO.

Dengan mengusung tema “Maksimal Performanya“, POCO M5 ingin memberikan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.  Fitur yang dimiliki smartphone ini pun bisa dibilang agak unggul dari yang lainnya.

Sebelum lanjut ke review dan harga, berikut adalah spesifikasi dan juga keunggulan dari POCO M5

Spesifikasi Smart Phone POCO M5

Mengutip dari laman resmi Xiaomi dan Gsmarena, POCO M5 memiliki spesifikasi yang sangat bagus di kelasnya.  Berikut adalah spesifikasinya:

  • Bentuk Fisik : Polycarbonate frame & back, 164 x 76.1 x 8.9 mm
  • Tampilan : 6.58″, Resolusi 2k (1080 x 2408), IPS, 90Hz
  • Pilihan Warna: Green, Yellow, Black
  • Kamera : Kamera Depan 5MP, Kamera Belakang 50MP, 2 MP (macro dan depth)
  • Speaker : 1 Buah (Mono)
  • Microphone : 1 Buah
  • Fingerprint : Side-mounted (bersama dengan tombol power).
  • Processor : MediaTek Helio G99 6nm process
  • RAM dan Penyimpanan:4 GB (+ 2 GB Extend) +64/128 GB
  • Baterai dan Charging : 5000 mAh dengan 18W fast charging
  • Operating System : MIUI 13, Android 12
  • Konektifitas : Bluetooth 5.3, Wi-Fi 802.11, USB Type-C
  • Barang Bawaannya : Adapter 22.5 W, USB Type-C, Screen Protector, Case, Guidebook, dan Warranty Card..

Dari spesifikasi di atas, smartphone ini memiliki spesifikasi yang sangat bagus.  Perlu adanya penjelasan kalau polycarbonate yang dipakai pada POCO M5 ini memiliki tekstur seperti kulit jeruk yang nyaman untuk digenggam.

Sedangkan dari segi Hardware, smartphone satu ini termasuk sebagai smartphone dengan spesifikasi tertinggi di kelasnya.  Penggunaan processor MediaTek Helio G99 menjadikan POCO M5 menjadi sangat cocok untuk kegiatan entertainment.

Power dan Sidik Jari Menjadi Satu

Sebuah fitur yang jarang sekali hadir, yaitu sidik jari yang bersamaan dengan tombol Power.  Ya, kamu tidak perlu lagi menekan tombol power, hanya cukup sentuh saja, Smart phone kamu akan terbuka.

Beberapa HP yang memiliki fitur side-mounted fingerprint biasanya berada di kisaran 3 juta ke atas.  Tapi Smart Phone yang satu ini memiliki harga yang lebih rendah, tapi memiliki kualitas yang bagus

Operating System Android 12 MIUI 13

Poco M5
Operating System MIUI 13.

Siapa bilang Smartphone murah memiliki Operating System yang rendah?  POCO M5 mematahkan stigma tersebut.  Buktinya ia dilengkapi dengan Android 12 dan MIUI 13.

Bagi yang belum tahu, Android 12 atau Snow Cone adalah salah satu Operating System terbaru dari Android.  Sedangkan MIUI 13 adalah Operating System buatan Xiaomi yang paling baru.

Fitur NFC dan Infra Red

Smartphone POCO seri ini memiliki Fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat menghubungkan antar perangkat.  Kamu juga bisa mengecek E-Money kamu menggunakan fitur NFC

Terakhir ada Infra Red.  Ya, sebagai salah satu sub-brand dari Xiaomi, POCO M5 memiliki fitur Infra Red yang dapat berfungsi sebagai remote TV ataupun AC.  Jadi bisa dikatakan kalau Smart phone ini multifungsi.

Tahap Uji – Game

Setting Mobile Legends High Quality.

Sebagai salah satu Smartphone dengan processor tinggi, perlu rasanya untuk dilakukan pengujian game.  Pengujian game pada Smart phone cukup penting, mengingat saat ini game sudah sangat beragam kebutuhan spesifikasinya.

Pengujian pertama dilakukan pada game Mobile Legends.  Terbukti dengan pengaturan grafis yang tinggi, Mobile Legends tetap stabil dengan angka FPS berada di 60.

Pengujian kedua dilakukan pada game Free Fire.  Lagi-lagi, dengan pengaturan dan kualitas grafis yang tinggi, Free Fire tetap lancar dengan FPS di angka 60.

Settingan Genshin Impact.

Terakhir adalah pengujian dengan game yang cukup berat, Genshin Impact.  Dari segi spesifikasi, POCO M5 memenuhi spesifikasi minimum dari Genshin Impact.

Tapi, saat dilakukan pengujian, FPS yang dimunculkan berada di angka 40 dan sering kali mengalami Drop FPS.  Jadi, Smartphone ini masih belum bisa mengangkat game seberat Genshin Impact

Harga POCO M5

Poco M5
Tampilan POCO M5 dengan Kotak.

Melihat dari berbagai fitur dan hardware yang dimilikinya, harga yang diberikan oleh POCO ternyata sangat murah dan terjangkau.

Bahkan, Youtuber sekelas GadgetIn dan Jagat Review mengatakan kalau POCO M5 merupakan Smartphone dengan terbaik dan termurah di kalangannya.

Harga yang diberikan oleh POCO adalah 2.199.000 Rupiah. Harga yang sangat terjangkau untuk semua fitur dari POCO M5, bukan?

Kesimpulan – Smartphone Kelas Mid-Range

Melihat dari spesifikasi, fitur, dan berbagai pengujian, POCO M5 adalah smartphone yang termasuk ke dalam kelas Mid-Range.

Harganya tidak terlalu mahal, justru sangat murah untuk Smartphone dengan processor MediaTek Helio G99.

Untuk segmentasi pasar, sepertinya Smartphone ini ditujukan untuk para pelajar atau mereka yang bekerja dengan aplikasi yang tidak terlalu berat.

Memang dari Smartphone ini tidak mendukung game berat seperti Genshin Impact.  Tapi untuk game ringan seperti Free Fire dan Mobile Legends, Smartphone ini sudah lebih dari cukup.

Jadi, apakah kamu tertarik membelinya?

Penuhi saldo game kesayangan kamu dengan Top-Up melalui VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!