12 Fakta Menarik New Poco F3 Flagship Killer Reborn – Part 1

xiaomi poco f3

Ternyata selain peluncuran Poco X3 NFC, kemarin Xiaomi Indonesia juga mengeluarkan smartphone Poco seri F terbaru, yaitu Poco F3.

Sebenarnya hal ini sempat di mention di sosial media Instagram Xioami Indonesia, bahwa peluncuran Poco X3 Pro akan ditemani oleh produk lainnya. Seperti banyak tebakan dari warganet, ternyata Poco F3 benar meluncur resmi di Indonesia.

Hadir dengan tajuk Flagship Killer Reborn, sebenarnya beban tanggung jawab HP ini semakin besar untuk benar-benar menjadi sebuah flagship killer. Namun, Xiaomi akhir-akhir ini memang senang membuat sebutan istilah baru untuk smartphone mereka.

Baca juga: Poco F3 Flagship Baru Dari Poco by Xiaomi!

12 Fakta Menarik New Poco F3 Flagship Killer Reborn

1. Desain serta bodi yang slim dan ringan

bobot poco f3
Sumber: Launch Event Poco X3 Pro Indonesia

Mempunyai desain menyerupai Mi 11, Poco F3 hadir lebih slim dengan tebal hanya 7.8mm dan berat 196 gram. Cukup ringan untuk ukuran HP flagship.

Xiaomi pun dengan yakin mengklaim bahwa HP ini merupakan smartphone Poco tertipis saat ini. Ya memang, kenapa ga bandingin dengan HP lain?

Tapi kita juga ga tahu sih HP apa yang bisa lebih tipis dari 7.8mm. Paling yang kita tahu ada Galaxy S21 dari Samsung yang tebalnya 7.9mm. Coba Vicigers kalian tahu HP apa yang lebih tipis dari Poco F3? Tulis komen di bawah ya.

2. Prosesor & GPU teranyar 2021

prosesor poco f3 snapdragon 870
Sumber: Launch Event Poco X3 Pro Indonesia

Kalau kita bilang, siapa yang ga tahu Snapdragon 870? Kita yakin sih, banyak kalian yang ga tahu kehadiran prosesor anyar dari Qualcomm ini.

Kehadirannya memang tidak biasa, karena penomorannya mundur dari prosesor terngebut mereka Snapdragon 888 yang menggunakan fabrikasi 5nm.

Entah apa yang direncanakan Qualcomm, namun kita berspekulasi hadirnya Snapdragon 860 dan 870 adalah untuk lebih meramaikan pilihan prosesor pada smartphone untuk di rentan harga tertentu.

Jadi, alih-alih kalian semakin banyak pilihan, tapi kalian malah dibikin bingung untuk membeli HP yang mana karena rentan harga yang tidak begitu jauh dari generasi prosesor yang satu ke yang lainnya dalam satu seri.

Snapdragon 870 hadir dengan fabrikasi 7nm dan Prime Core tertinggi saat ini yaitu 3.2GHz, bahkan lebih tinggi dari Prime Core milik Snapdragon 888 yang sebesar 2.84GHz. Semoga Prime Core yang tinggi ini didukung dengan efisiensi yang baik secara keseluruhan.

antutu poco f3
Sumber: Launch Event Poco X3 Pro Indonesia

Saat peluncurannya, Xiaomi memamerkan dengan bangga, hasil AnTuTu benchmark milik Poco F3. Tapi ada yang aneh disini, Xiaomi juga memasukkan A14 Bionic milik iPhone 12 series di tabel perbandingan AnTuTu milik mereka. Kurang relevan sih menurut kita, karena perbandingan ini dilakukan lintas platform.

Tapi skor yang dihasilkan memang bukan kaleng-kaleng bahkan jauh melampaui adik kandungnya Snadragon 865.

3. RAM & ROM smartphone tercepat saat ini

memori poco f3
Sumber: Launch Event Poco X3 Pro Indonesia

HP ini hadir dengan 2 varian penyimpanan dan RAM, yaitu 6/128GB dan 8/256GB. Kenapa kita beri sub-judul tercepat?

Bukan tanpa alasan, karena HP ini sudah dibekali dengan teknologi penyimpanan terkini yaitu UFS 3.1 dan seri RAM teranyar LPDDR5.

Maka, dengan hadirnya perpaduan UFS 3.1 yang ngebut dan LPDDR5 terbaru, voila maka inilah nominasi HP flagship tahun 2021.

Namun sayangnya, HP ini tidak memiliki ekspansi microSD untuk menambah ruang penyimpanan.

4. Jaringan 5G dan Wifi 6 anti lelet

5g poco f3
Sumber: Launch Event Poco X3 Pro Indonesia

Bersyukur Snapdragon 870 sudah dibenamkan modem 5G didalamnya, tidak seperti adiknya Snapdragon 860 yang masih harus puas dengan hanya dibekalkan modem 4G.

Setidaknya, apabila jaringan 5G pada akhirnya sudah ready di Indonesia, maka kamu yang berminat ingin membeli HP ini, nantinya tidak perlu membeli HP lagi ke yang sudah support 5G, karena HP ini ya sudah 5G!

Emang kapan 5G launching di Indonesia? Kita juga ga tahu, regulasinya belum jelas dan semuanya pun masih samar, tapi yang pasti sih akan, semoga secepatnya.

wifi6 poco f3
Sumber: Launch Event Poco X3 Pro Indonesia

Lalu, HP ini pun dibekali wifi 6 yang diklaim pintar dan anti lelet. Wifi seri terbaru yang mempunyai kode 802.11ax ini juga memiliki fitur target wake time (TWT) yang memungkinkan penggunaan daya baterai menjadi lebih hemat. Keren kan?

Baca selajutnya: 12 Fakta Menarik New Poco F3 Flagship Killer Reborn – Part 2

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!