Platform Game Diblokir Kominfo, Termasuk CS:GO dan Dota

Kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo mengenai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat (platform digital) terus diberlakukan. Hari ini, berbagai platform game yang populer di Indonesia telah diblokir oleh Kominfo.

Platform Game yang Diblokir

CSGO Diblokir
CS:GO. Source: VCGamers

Pemblokiran tersebut membuat Vicigers tidak bisa mengakses platform game dan beberapa game yang ada dalam platform tersebut. Berikut adalah list platform game yang diblokir Kominfo hari ini, tanggal 30 Juli 2022, menurut siaran pers resmi Kominfo No. 308:

Dapatkan Laptop ROG Gratis dan hadiah menarik lainnya hanya dengan ikutan Discord Quest #GamingYourWay di VCGamers. Gabung Sekarang Di Sini!

  • Steam (platform game)
  • Origin (platform game)
  • Epic Games (platform game)
  • Battle Net (platform game)
  • Dota 2 (game)
  • CS:GO (game)

Selain platform game yang diblokir, terdapat dua game dalam platform tersebut juga terblokir oleh Kominfo, yakni Dota 2 dan CS:GO. Dengan demikian, Vicigers tidak bisa mengakses platform game yang diblokir.

Baca Juga: 5 Game Keren di Steam Summer Sale 2022, Wajib Beli!

Akibat Platform Game diblokir Kominfo

Keenam platfom game tersebut diblokir oleh Kominfo karena belum mendaftarkan diri mereka ke Kominfo meskipun telah menerima surat teguran. Kewajiban untuk mendaftarkan diri ini merupakan kebijakan Kominfo MR5 atau Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 mengenai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup privat.

Pada tanggal 23 Juli, Kominfo telah mengirimkan surat teguran terhadap PSE dengan sistem elektronik tersebut yakni Valve Corp, Epic Games, Blizzard Entertainment, dan Electronic Arts. Surat teguran tersebut berlaku selama 5 hari kerja, dimulai pada tanggal 25 Juli hingga 29 Juli.

Hari Sabtu, 30 Juli 2022, keenam platform game tersebut masih belum mendaftarkan dirinya ke Kominfo, sehingga hari ini keenam platform game tersebut diblokir sementara oleh Kominfo.

Epic Games

Platform Epic Games Diblokir
Epic Games. Source: VCGamers

Bila Vicigers tetap mencoba untuk mengakses platform game Epic Games, tampilan di atas akan muncul. Vicigers tidak akan bisa masuk ke dalam Epic Games karena Kominfo benar-benar telah memblokir platform game yang belum mendaftarkan diri setelah menerima surat peringatan dari Kominfo.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Baca Juga: Jangan Ketinggalan! Ada Diskon Game Gratis di Epic Games!

Steam

Platform Steam Diblokir
Steam Library. Source: VCGamers

Tampilan Steam Library bagi Vicigers yang mencoba membuka Steam akan tetap ada. Namun, status Vicigers akan dalam keadaan offline dan Vicigers tidak akan bisa mengakses Store, Community, dan bagian Steam lainnya yang memerlukan akses internet.

Baca Juga: Platform Streaming Gaming Terbaik, Mana Andalanmu?

Origin

Platform Origin Diblokir
Origin. Source: VCGamers

Sama halnya dengan platform game yang terblokir lainnya, Origin juga mengalami pemblokiran. Vicigers tidak akan bisa mengakses halaman Origin dan status pemain akan berupa offline.

Menurut Kominfo, Pendaftaran Sistem Elektronik merupakan wujud komitmen dari PSE untuk memberikan perlindungan pengguna internet seperti perlindungan data pribadi dan ruang digital yang aman serta produktif.

Meskipun hari ini keenam platform game telah diblokir oleh Kominfo, status pemblokiran tersebut hanya bersifat sementara. Vicigers tidak perlu khawatir akan pemblokiran permanen, karena platform digital yang terblokir bisa segera mendaftarkan diri agar Kominfo bisa membuka status pemblokiran tersebut.

Untuk keperluan gaming setelah pemblokiran selesai, jangan lupa untuk mengunjungi VC Market by VCGamers.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID