Pixel 6 Diduga Akan Mendukung Ultra-Wideband (UWB)

Pixel 6 Diduga Akan Mendukung Ultra-Wideband (UWB)

Peluncuran Pixel 6 semakin dekat, diperkirakan HP ini akan dipamerkan pada event Google I/O 2021.

Banyak dirumorkan, bahwa Pixel 6 nantinya akan disematkan fitur seperti yang dibawa iPhone 11 dan 12 series, serta beberapa seri Ultra terakhir dari Samsung.

Kalian tahu fitur apa? Ya sesuai judul artikel, UWB atau Ultra Wideband dirumorkan nantinya akan diperkenalkan pada Pixel 6.

Mishaal Rahman dari XDA Developers dan tim 9to5Google telah mendengar bahwa Google Pixel 6 nantinya dapat hadir dengan kemampuan UWB.

Kalian pasti penasaran kan, UWB tuh apaan sih? Masalahnya fitur ini memang belum banyak di temukan pada HP mainstream. Walaupun kami yakin juga banyak dari kalian yang sudah menggunakan iPhone 11 dan 12 series, serta Samsung Galaxy versi Ultra terbaru, kalian tetap tidak sadar kan kalau di smartphone kalian tersebut sudah dibenamkan fitur UWB?

Pixel 6 Diduga Akan Mendukung Ultra-Wideband (UWB)
Google Pixel 5, Sumber: GSMArena

Pixel 6 mendukung UWB, Ultra-Wideband apa sih?

UWB (Ultra Wideband)
UWB (Ultra Wideband)

UWB adalah teknologi nirkabel berbasis gelombang radio atau protokol komunikasi jarak pendek yang mirip dengan wifi atau bluetooth. Fitur ini memungkinkan perangkat kalian dapat terhubung satu sama lain dengan tingkat presisi yang tinggi.

Bedanya dengan wifi dan bluetooth, fitur UWB ini mampu mentransfer data antar perangkat dalam jarak jauh dan juga mendeteksi posisinya secara akurat, serta fitur ini juga tidak menghabiskan banyak daya sama sekali.

Selain muncul pada semua seri iPhone 11 dan 12, kamu dapat menemukan fitur UWB ini di beberapa perangkat lain, termasuk beberapa model Samsung Galaxy seri Ultra terbaru, dan juga tracker Apple AirTag yang beberapa hari lalu baru meluncur secara global, serta Galaxy Smart Tag+.

FYI, untuk Galaxy Smart Tag, yang dibekali oleh fitur UWB, hanyalah seri plus (+), karena seri Galaxy Smart Tag biasa hanya didukung oleh teknologi Bluetooth LE.

Baca juga: Sudah Beli Apple AirTag 30 April Kemarin?

UWB hadir di Pixel 6 atau Google berencana membuat Pixel Tracker sebagai kompetitor Apple AirTag?

Sejatinya, kalau kalian membaca thread yang dituliskan pada XDA Developers dan 9to5Google tentang UWB ini. Keduanya mempunyai pendapat bahwa teknologi UWB sama sekali tidak cocok untuk muncul di Pixel 6.

Karena belum ada informasi resmi dari Google mengenai hal ini, maka jika Google tidak berencana membenamkan UWB pada Pixel 6, mungkin Google sedang berencana untuk membuat saingan berbasis Pixel untuk perangkat tracker seperti Apple AirTag.

Tenang, #adavcgamers yang bisa memenuhi kebutuhan game kamu. Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment