Panduan Sistem Pity Genshin Impact yang Harus Kamu Tahu!

baal genshin impact dan archon venti zhongli

Apa itu pity Genshin Impact? Di kalangan pemain terkenal mungkin tidak asing dengan kalimat pity Genshin Impact.

Pity merupakan salah satu sistem yang diterapkan oleh Genshin Impact Gacha banner yang ada di dalam game.

Genshin Impact adalah salah satu game open world RPG terkenal karya developer asal Cina miHoYo yang baru-baru ini rebranding menjadi HoYoVerse untuk melebarkan sayap di industri game global.

Sebagai game RPG, Genshin Impact memberikan banyak kemudahan untuk para pemain karena selain game gratis kamu pun sebenarnya bisa menikmati game sebagai free to play player atau tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk menikmati game tersebut.

Banyaknya karakter dan senjata yang dirilis oleh Genshin Impact setiap update juga jadi daya tarik tersendiri untuk game ini.

Karakter dan senjata bisa kamu dapatkan di banner dengan sistem Gacha. Kamu membutuhkan primogems sebagai alat tukar agar bisa melakukan pull di banner tersebut.

Bagi kamu yang sering bermain game online dengan sistem Gacha mungkin tahu betapa susahnya untuk mendapatkan karakter yang kamu inginkan. Kamu harus pull berkali-kali dan mau tidak mau mengeluarkan uang hingga mendapatkan karakter atau senjata incaran.

Genshin Impact termasuk memiliki sistem yang baik dimana game ini mengenalkan sistem pity. Sistem ini pertama kali diperkenalkan oleh semua game besutan miHoYo dan mulai terkenal karena diadakannya sistem pity Genshin Impact.

Sistem pity Genshin Impact ini akan memberikan kamu jaminan untuk mendapatkan karakter atau senjata bintang 5 atau limited di suatu banner.

Baca juga : Daftar Istilah di Genshin Impact, Pemula Wajib Tahu Biar Pro!
CLICK HERE FOR FREE GENESIS CRYSTAL (GC) GENSHIN IMPACT!

Tipe Banner di Genshin Impact

pity genshin impact banner ganyu
Contoh Banner Karakter Ganyu

Character Event Wish dan Weapon Event Wish merupakan banner limited atau memiliki jangka waktu tertentu untuk mendapatkan karakter yang berada di banner. Kamu membutuhkan primogems yang akan dikonversikan dalam bentuk Interwined Fate.

Rotasi banner limited dilakukan setiap dengan memperkenalkan karakter bintang 5 dan senjata bintang 5 yang baru atau pun pengulangan dengan sebutan rerun banner. Dalam 1 kali update biasanya dibagi menjadi 2 rotasi banner yang akan diganti karakter dan senjata yang ditawarkan di banner.

Permanent Wish sendiri berisi karakter dan senjata yang tidak akan mengalami perubahan sehingga kamu bebas mau pull atau tidak di banner tersebut. Alat tukar primogems juga digunakan yang akan diubah menjadi Acquaint Fate.

Satu kali pull atau single pull pada Genshin Impact membutuhkan 160 primogems yang setara dengan 1 Interwined Fate atau Acquaint Fate.

Kamu juga bisa melakukan 10 kali pull atau multiple pull yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan 1600 primogems atau setara dengan 10 Interwined Fate atau Acquaint Fate.

Baca juga : Inilah Rekomendasi Build Ganyu Genshin Impact Terbaru dan Terlengkap 2022!

Apa itu Pity Genshin Impact?

pity genshin impact history pull
History Pull Genshin Impact

Pity di Genshin Impact diperkenalkan oleh game dimana kamu bisa mendapatkan karakter atau senjata tertentu ketika kamu mencapai jumlah pull atau wish di suatu banner yang telah disesuaikan oleh game.

Kamu tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan karakter yang kamu inginkan atau bahkan tidak mendapatkan karakter bintang 5 sama sekali karena ada sistem pity ini.

Setiap banner yang berlangsung kamu bisa melakukan pull atau dikenal dengan sebutan wish hingga mencapai jumlah tertentu. Jumlah pity yang kamu lakukan pun tidak akan terhapus atau reset pada saat pergantian banner.

Sehingga apabila kamu tidak sempat mendapatkan karakter atau tidak mencapai pity, kamu bisa ‘menabung’ jumlah pity kamu untuk banner selanjutnya dan kamu tidak perlu mengulang pity Genshin Impact dari awal.

Baca juga : Panduan dan Guide Event Divine Ingenuity Genshin Impact

Bagaimana Perhitungan Sistem Pity Genshin Impact?

pity genshin impact shop
Interwined Fate dan Aquaint Fate Bisa Ditukar di Shop

Pity Genshin Impact berbeda-beda tergantung banner. Pada banner Character Event Wish, kamu akan dijamin mendapatkan karakter bintang 5 satu kali pada pity ke-90 atau apabila kamu telah melakukan permohonan (wish) hingga mencapai 90 atau disebut guaranteed pity.

Sistem Pity Genshin Impact menjamin kamu untuk mendapatkan karakter bintang 5 dengan 90 Interwined Fate/ Acquaint Fate atau setara dengan 14.400 Primogems yang harus kamu keluarkan.

Perhitungan ini juga berlaku untuk Permanent Wish. dimana kamu pasti akan mendapatkan karakter atau senjata bintang 5 ketika wish atau pull kamu telah jumlah ke 90 atau pity ke 90.

Pity Genshin Impact untuk Weapon Event Wish terletak pada wish ke-80 yang memastikan kamu akan mendapatkan senjata bintang 5.

Sebenarnya terdapat 2 jenis pity di Genshin Impact. Hal ini merupakan aturan tidak tertulis yang diketahui pemain karena tidak pernah diumumkan secara langsung oleh Genshin Impact.

Pemain menamai 2 pity Genshin Impact itu Hard Pity dan Soft Pity. Hard Pity akan kamu dapatkan ketika kamu telah mencapai angka pity yang tertera di rincian banner, yaitu pada 90 untuk banner Character Event Wish dan 80 untuk Weapon Event Wish.

Soft pity terletak pada pull ke-76. Pemain Genshin Impact menyadari bawah persentase mendapatkan karakter limited meningkat sangat tinggi pada pull ke-76 ini.

Sebuah sumber terpercaya di sosial media Cina Weibo memaparkan terkait perhitungan pity Genshin Impact ini.

Sumber mengatakan bahwa setiap pull yang kamu lakukan memiliki persentase berbeda-beda. Pada pity ke-76 persentase keberhasilan pemain untuk mendapatkan karakter/ senjata limited sangat besar dan paling besar.

Kemungkinan kamu bisa untuk mencapai pity Genshin Impact mencapai 20%. Persentase atau pity rate ini paling tinggi diantara semua pull yang kamu lakukan.

Baca juga : Inilah Karakter Bintang 4 Terbaik Genshin Impact Versi 2022, Wajib Kamu Gunakan!

Cara Hitung Pity Genshin Impact

Mungkin terkadang kamu tidak menyadari sudah berapa kali pull atau wish yang kamu lakukan dalam satu banner. Mungkin juga kamu lupa ‘tabungan’ pity Genshin Impact kamu di banner sebelumnya berapa jumlahnya.

Kamu bisa mengetahui jumlah tersebut dengan menghitung jumlah yang ada di history atau riwayat banner kamu.

Cara yang bisa kamu lakukan yang pertama adalah manual. Setelah membuka wish, kamu bisa klik tombol riwayat yang ada di bawah kiri layar.

pity genshin impact  history
Cara Membuka History Pull

Pilih banner mana yang kamu mau hitung pity Genshin Impact banner yang terdapat. Dalam 1 halaman terdapat list riwayat karakter atau senjata yang telah kamu dapatkan sebelumnya bersama dengan tanggal kamu mendapatkannya.

Setiap halaman terdiri dari 6 list. Kamu cukup menghitung dengan perkalian list yang ada di dalam halaman dengan jumlah halaman yang ada di dalam list hingga mencapai list karakter atau senjata bintang 5 yang terakhir kali kamu dapatkan.

Misalkan ketika kamu membuka Character Event Wish, kamu terkahir mendapatkan karakter bintang 5 Hutao di halaman ke-6. Berarti jumlah list (6) x halaman (6) = wish ke 36 atau pity ke 36.

Hard pity terletak pada jumlah ke 90. Berarti untuk mencapai pity Genshin Impact atau mendapatkan karakter bintang 5 terjamin, kamu tinggal mengurangi jumlah guaranteed pity (90) – pity kamu sekarang (36) = 54 lagi harus kamu pull atau setara dengan 8.640 Primogems lagi yang kamu butuhkan.

Bila kamu merasa cara ini menyulitkan, kamu bisa menggunakan website khusus untuk menghitung pity kamu.

Website bernama Paimon Moe ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui semua riwayat pull dan pada pity Genshin Impact berapa kamu mendapatkan karakter.

Cara menggunakan perhitungan dengan Paimon Moe cukup mudah. Berikut adalah penjabaran perhitungan sistem pity Genshin Impact menggunakan Paimon Moe.

Langkah yang harus kamu lakukan pertama kali adalah login ke akun Game Genshin Impact kamu. Buka website Paimon moe (paimon.moe) dan masuk ke bagian wish counter. Pilih import data otomatis.

Baca juga : Rekomendasi Karakter Shielder Genshin Impact Selain Zhongli
pity genshin impact paimon moe
Fitur Wish Counter di Paimon Moe

Kembali ke game dan buka menu wish (permohonan) seperti cara perhitungan manual. Pada pojok kiri bawah pilih riwayat.

Ikuti petunjuk yang disesuaikan dengan perangkat yang kamu gunakan. Matikan sambungan internet atau koneksi WiFi kamu. klik tanda reload di pojok kanan. Akan muncul halaman error. Kamu cukup salin (copy) kalimat yang tulis cetak tebal hitam untuk melihat pity Genshin Impact kamu.

Nyalakan kembali internet, copy paste tulisan tadi di tempat yang sudah disediakan oleh website Paimon Moe, dan kamu bisa secara otomatis mengetahui jumlah pity Genshin Impact kamu. Kamu juga bisa mengetahui karakter dan senjata bintang lima atau bintang 4 yang telah kamu dapatkan selama 6 bulan terakhir kamu bermain.

Baca juga : Simak! Panduan Reaksi Elemental Genshin Impact Terlengkap

Tips Memanfaatkan Pity Genshin Impact Secara Cermat

Kamu bisa cek berapa persentase atau rate pity Genshin Impact setiap pull pada tabel berikut ini:

pity genshin impact persentase pity setiap pull
Persentase Pity Setiap Wish/Pull

Perhitungan pity Genshin Impact harus kamu cermati. Hal ini dilakukan agar kamu tidak buang-buang primogems dan harus mengeluarkan uang berlebih saat menginginkan karakter yang kamu mau.

Cara memanfaatkan pity Genshin Impact ini misalkan, kamu sebelumnya telah menghitung total berapa pity yang telah kamu lakukan.

Kamu bisa melakukan pull hingga pity Genshin Impact kamu sampai ke angkat 70 dengan menggunakan wish 10 kali.

Ketika mendekati angka 76, kamu bisa melakukan single pull atau pull 1 kali Interwined Fate sampai kamu mendapatkan karakter bintang 5. Mayoritas pemain mendapatkan bintang 5 pada pity Genshin Impact ke 76 atau mendekati angka 76 tersebut.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!