Perubahan Harga Steam Terbaru, Semua Jadi Mahal?!

Perubahan Harga Steam, cara beli steam wallet di vcgamers

Setiap negara memiliki mata uang dengan nilai yang berbeda-beda dan hal tersebut mempengaruhi perubahan harga game yang tersedia di Steam.

Tidak hanya itu, faktor inflasi juga mempengaruhi perbedaan harga game di setiap negara. Sebagai contoh, kamu bisa membeli game dengan harga yang lebih murah melalui mata uang di negara yang memiliki tingkat inflasi lebih tinggi.

Salah satu negara tersebut adalah Argentina dan Turki. Dengan menggunakan akun Steam negara Argentina atau Turki, kamu bisa membeli game dengan harga yang lebih murah.

Namun, Steam memiliki solusi terhadap isu tersebut. Mereka mengumumkan bahwa adanya rekomendasi perubahan harga sesuai dengan mata uang terhadap developer game.

Baca Juga: Cara Main COD: Modern Warfare 2 di Steam Deck

Rekomendasi Perubahan Harga Game oleh Steam

Perubahan Harga Games Steam
Kumpulan Game di Steam. Sumber: Deasilex

Pada tanggal 25 Oktober, Steam memberikan pengumuman dan rekomendasi penyesuaian harga terhadap harga game.

Penyesuaian tersebut bergantung terhadap nilai mata uang setiap negara. Karena nilai mata uang berbeda-beda, Steam memberikan rekomendasi terhadap developer game mengenai harga game.

Rekomendasi tersebut berdasarkan nilai mata uang setiap tahunnya. Meskipun terdapat perubahan harga, perubahan tersebut hanyalah rekomendasi dari Steam.

Para penggemar game yang tersedia di platform Steam mungkin memiliki strategi untuk membeli game dengan harga yang lebih murah.

Salah satu strategi tersebut adalah dengan menggunakan akun Argentina atau Turki agar membeli game dengan harga yang jauh lebih murah.

Namun, rekomendasi perubahan harga ini akan mempengaruhi cara tersebut. Di bawah ini adalah bagaimana rekomendasi perubahan harga bisa mempengaruhi cara membeli game melalui akun Argentina dan Turki.

Baca Juga: 5 Game Steam Gratis Terbaik 2022, Wajib Dimainkan!

Contoh Pengaruh Perubahan Harga

Perubahan Harga Steam Mata Uang
Contoh Perubahan Harga Sesuai Mata Uang. Sumber: SteamDB

Terdapat perubahan yang cukup drastis khususnya untuk mata uang Argentina yakni Peso dan mata uang Turki yaitu Lira.

Sebelumnya, kamu bisa membeli game dengan harga $34.99 USD hanya dengan ARS$ 389,99 (sekitar Rp. 38,000).

Namun, harga tersebut berubah menjadi ARS$ 2400,00 (sekitar Rp. 238,000) yang berarti harga tersebut naik hingga 515%.

Tidak hanya harga melalui akun Steam Argentina yang berubah. Jika kamu menggunakan akun Steam Indonesia, rekomendasi harga untuk game juga berubah cukup tinggi.

Menurut SteamDB, kamu bisa membeli game yang berharga $34.99 USD dengan Rp 159,999. Sekarang, terdapat kenaikan sebesar 78% menjadi Rp 284,999.

Berbagai mata uang terpengaruhi dari rekomendasi perubahan oleh Steam ini. Namun, berikut ini adalah mata uang yang tidak terpengaruhi menurut SteamDB:

  • Singapore Dollar
  • Kuwaiti Dinar
  • Costa Rican Colon
  • Israeli New Shekel
  • South Asia – USD
  • U.A.E. Dirham
  • CIS – U.S. Dollar
Baca Juga: Cara Lock Akun Steam Dengan Mudah

Developer Game Masih Bisa Mengatur Harga

Developer Game Steam
Ilustrasi Developer Game Steam. Sumber: Pulse College

Meskipun terdapat perubahan harga yang cukup tinggi terhadap game di Steam, developer setiap game tetap memiliki hak untuk menentukan harga.

Perubahan dari Steam hanyalah sebagai rekomendasi untuk menyeimbangkan harga setiap tahunnya. Namun, Steam mengumumkan bahwa setiap game harus memiliki harga untuk setiap mata uang.

Jika developer game tidak menentukan harga untuk salah satu mata uang, maka akun Steam yang menggunakan mata uang tersebut tidak bisa membeli game dari developer tersebut.

Sebagai contoh, jika developer game tidak menentukan harga untuk harga Indonesia Rupiah, maka akun Steam Indonesia tidak bisa membeli game tersebut.

Demikian pembahasan mengenai rekomendasi perubahan harga game oleh Steam. Untuk keperluan pembelian Steam Wallet, jangan lupa untuk top up di VC Market by VCGamers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!