Akhirnya! Persona 4 Golden Bisa Kamu Mainkan di Steam Deck!

persona 4 golden steam deck

Kabar gembira bagi para pecinta game Atlus! Persona 4 Golden akhirnya rilis dan bisa dimainkan untuk Steam Deck per 2022 ini.

Serial Persona atau Megami Tensei merupakan seri game yang cukup populer di kalangan pecinta game Playstation. Terdiri dari beberapa seri dengan latar berbeda dengan yang paling baru dikeluarkan adalah Persona 5.

Persona 4 atau Shin Megami Tensei: Persona 4 diilis oleh Atlus pada Juli 2008 di Jepang dan secara global pada akhir 2008 menjadi game paling populer dalam serial Persona ini.

Game video RPG (role-playing game) atau tema JRPG ini mendapatkan beberapa sekuel (spin-off) yaitu Persona 4 Golden, Persona 4 Arena,  Persona 4 Dancing All Night, Persona Q: Shadow of the Labyrinth, dan Persona Q2 : Cinema of Labyrinth.

Persona 4 Golden merupakan seri yang paling populer diantara seri spin-off Persona 4 lainnya. Game ini sukses membawakan ketenaran untuk Persona 4 terutama di luar Jepang berkat perilisannya pada Playstation Vita.

Ketenaran itulah yang membawa Persona 4 Golden hingga akhirnya bisa kamu mainkan di platform Steam mulai 2020 lalu

Hingga akhirnya Persona 4 Golden dirilis untuk Steam Deck, konsol yang dikeluarkan perusahaan Valve untuk kamu bermain semua game yang ada di Steam.

Baca juga : 5 Game Anime Februari 2022, Ada Attack On Titan Lho!

Berita Pengumuman Persona 4 Golden Steam Deck

persona 4 golden steam deck verifikasi
Persona 4 Golden Telah Diverifikasi oleh Valve

Steam Deck adalah konsol game yang dikembangkan oleh Valve Corporation bekerja sama dengan Advanced Micro Devices. Konsol yang direncanakan akan rilis pada 25 Februari 2022 mendatang ini mirip dengan Nintendo Switch dimana konsol ini tipe ‘on the go’ atau bisa kamu bawa kemana saja untuk bermain dan juga tetap bisa kamu sambungkan ke layar monitor.

Hal yang membedakan Steam Deck dan Nintendo Switch adalah Steam Deck ditujukan untuk bermain semua game yang berada di Steam.

Sayangnya, tidak semua game di Steam mendapatkan lambang ‘Verifikasi’ atau layak dimainkan di Steam Deck, termasuk Persona 4 Golden.

Persona 4 Golden, yang dirilis di Steam pada tahun 2020, sampai saat ini masuk dalam daftar game yang tidak bisa dimainkan di Steam Deck. 

Valve, selaku perusahaan telah melakukan uji coba dalam beberapa minggu terakhir yang dengan cepat memperluas daftar game terverifikasi dan dapat dimainkan di Steam Deck, tetapi Persona 4 Golden tetap masih dalam status tidak mendukung untuk dimainkan.

Kabar tidak bisa dimainkannya Persona 4 Golden tentunya membawa kekecewaan terhadap pemain terutama pada fans pecinta game Persona dan pecinta game konsol, karena sebelumnya Persona 4 dan Persona 4 Golden ditujukan untuk permainan game konsol.

Meskipun perilisannya termasuk terlambat di Steam pada 2020, mengingat perilisan awalnya pada 2008 silam, game ini nyatanya masih sangat dicintai dan membawa nostalgia tertentu.

Atlus selaku studio pengembang game tersebut mengumumkan pada 16 Februari 2022 lalu bahwa Persona 4 Golden telah resmi mendapatkan label Terverifikasi oleh Steam Deck dan tengah dalam fase percobaan atau testing drive.

Hal ini mengkonfirmasi bahwa Persona 4 Golden akhirnya bisa dimainkan di Steam dan bisa dinikmati tanpa terkendala.Perbaikan terkait controller Input, configuration control dan fitur lainnya juga diperbaiki serta disesuaikan demi kenyamanan pemain Persona 4 Golden.

Persona 4 Golden juga menjadi satu dari ratusan game yang diverifikasi oleh Valve pada minggu lalu untuk bisa dimainkan di Steam Deck. 

Total game yang telah diverifikasi oleh Valve mencapai 150 game di setiap minggu. Data terakhir menunjukan sudah lebih dari 300 game terverifikasi bisa dimainkan di Steam Deck.

Game lain seperti Skyrim, Fallout, SW: Squadrons dan Knockout City juga mengikuti jejak Persona 4 Golden dalam mendapatkan status verifikasi di Steam Deck oleh Valve.

Baca juga : Inilah 6 Game Baru 2022 Yang Akan Rilis, Ada Vin Diesel Di Ark 2 Lho!

Detail Mengenai Game Persona 4 Golden

persona 4 golden steam deck karakter
Karakter Utama dan Tim Persona 4 Golden

Persona 4 Golden adalah spin-off atau pelengkap dari seri Persona sebelumnya yaitu Persona 4. Memiliki cerita dan karakter utama yang sama, pada versi Golden ini kamu akan mendapatkan berbagai fitur, dungeon, dan event yang lebih banyak, seru, dan menantang untuk kamu selesaikan game tersebut hingga akhir.

Persona 4 atau Persona 4 Golden menceritakan kehidupan sehari-hari siswa sekolah menengah atas dimana kamu akan pindah ke sebuah kota kecil bernama Inaba dimana terjadi serangkaian kasus kematian yang misterius.

Kamu sebagai tokoh utama akan memecahkan masalah tersebut dengan mengeksplorasi sebuah area bernama “Midnight Channel” bersama teman-temanmu dan melawan monster bernama “Shadow” menggunakan apa yang kamu kenal dengan sebutan “Persona”.

Midnight Channel atau dikenal juga sebagai Dunia TV dan Mayonaka TV, adalah istilah yang akan paling kamu sering dengar berulang di Persona 4. Berbagai macam hal seperti urban legends dan rumor tersebar di seluruh kota Inaba akibatnya adanya keberadaan Midnight Channel. Kamu akan menyelidiki semua masalah yang ada di tempat ini.

Game dengan sistem turn-based game atau bergiliran ini cukup mencolok karena selain kamu harus bertarung seperti game RPG pada umumnya, kamu harus tetap melaksanakan hidup sebagai seorang anak sekolah biasa.

Game ini membawa kamu ke petualangan melawan monster sambil mempertahakan kehidupan kamu sebagai anak SMA dimana kamu akan terlibat dengan masalah keluarga, masalah antar teman, hingga kamu bisa menjalin hubungan intimasi dengan karakter lain.

Berbagai macam fitur untuk mengelilingi area atau dungeon yang berbeda. Mempunyai berbagai kemampuan yang mendukung kamu untuk melawan “Shadow” seperti summon berbagai macam Persona kuat yang tentu bisa kamu dapatkan dengan kombinasi dari Persona lainnya. 

Kamu juga akan tetap menikmati hari-hari sekolah kamu seperti bekerja sampingan (part time), memancing ikan, ikut festival sekolah, hingga berlibur ke pantai menggunakan motor bersama teman-teman.Semua kelengkapan fitur ini tentunya menjadikan Persona 4 digemari sampai saat ini.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!