Daftar Perguruan Tinggi Desain Game di Maryland

Perguruan Tinggi Desain Game Maryland Institute College of Art

Maryland adalah salah satu negara bagian di Amerika Serikat yang memiliki berbagai pilihan perguruan tinggi yang menawarkan kursus dan program ilmu desain game.

Artikel kali ini akan membahas beberapa pilihan perguruan tinggi yang menawarkan kursus dan program gelar desain game di Maryland. Beberapa gelar desain game mencakup gelar sarjana, master, hingga doktor.

Baca Juga: 5 Sekolah Desain Game di California

Perguruan Tinggi Desain Game di Maryland

Johns Hopkins University

Johns Hopkins University
Gedung Johns Hopkins University. Sumber: Visit Baltimore

Universitas Johns Hopkins menawarkan kursus untuk desain video game yang mencakup aspek sosial, teknikal, dan artistik dalam video game.

Para mahasiswa yang menjalani kursus desain video game akan belajar segala hal mengenai video game, dari sejarah, programing, desain grafis, animasi karakter, perkembangan plot dan karakter, hingga pengaruh video game terhadap aspek sosial dan psikologis.

Menurut website resmi John Hopkins University, terdapat pelajaran bagi mahasiswa untuk mendesain dan mengimplementasikan eksperimen video game dalam tim yang terdiri dari 3 hingga 4 mahasiswa sebagai proyek dalam satu semester.

Untuk mengikuti kursus video game, kamu wajib mendaftarkan diri di 601.255: Pengantar Desain Video Game dan 601.256: Pengantar Lab Desain Video Game.

Baca Juga: 5 Sekolah Desain Game Di Florida Paling Bagus

University of Maryland, Baltimore County

University of Maryland, Baltimore County
University of Maryland, Baltimore County. Sumber: Smapse

Universitas Maryland memiliki Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi yang menaungi Departemen Ilmu Komputer dan Teknik Elektro. Departemen tersebut menawarkan program gelar Sarjana Sains dengan Game Development Track.

Game Development Track bisa mahasiswa ambil setelah menjalani seluruh persyaratan Computer Science Major dan General Education Program. Setelah memenuhi kedua persyaratan tersebut, mahasiswa bisa mengambil track pengembangan game.

Program pengembangan game tersebut fokus kepada programming Game User Interface, Animasi, Grafik Komputer untuk Game, Pengembangan Platform Mobile, hingga Data Oriented Computing.

Baca Juga: Daftar Perguruan Tinggi Desain Game di North Carolina

University of Baltimore

Perguruan Tinggi Desain Game University of Baltimore
University of Baltimore. Sumber: The Business Journals

Menurut website resmi University of Baltimore, mahasiswa bisa mendapatkan gelar Sarjana Sains di Simulation and Digital Entertainment. Selain itu, terdapat juga program untuk gelar Master Sains di Interaction Design and Information Architecture.

Terdapat juga program untuk Doctor of Science di Information dan Interaction Design. Terakhir, University of Baltimore juga menawarkan program Certificate di Digital Media Production.

Menurut Animation Career Review, program Simulation and Game Design oleh University of Baltimore adalah program game desain tertua dan terbesar yang ada di Maryland. Saat ini, sudah ada lebih dari 150 mahasiswa yang menjalani program tersebut.

Program tersebut mencakup berbagai materi yang sangat berguna bagi desainer video game seperti teori desain game untuk game multiplayer. Terdapat dua pilihan yang bisa mahasiswa ambil, sebagai contoh adalah Technical Art, Koding, dan Pengembangan.

Maryland Institute College of Art

Perguruan Tinggi Desain Game Maryland Institute College of Art
Maryland Institute College of Art. Sumber: The Lighting Practice

Perguruan tinggi desain game di Maryland ini menawarkan program gelar Sarjana Seni Desain Game dan juga gelar Sarjana Seni Seni Interaktif dengan konsentrasi di Game Arts Studio atau Interactive Arts Studio.

Program desain game tersebut akan mencakup pembelajaran mengenai perspektif unik terhadap game yang hanya bisa kamu temukan di perguruan tinggi desain game.

Mahasiswa yang mengambil program tersebut akan menjalani berbagai mata kuliah seperti 3D Game Design, Game Dollaborative Studio, 3D Worlds and Level Design, dan tentunya Introduction to Design.

Para mahasiswa yang sudah lulus dari Maryland Institute College of Art dengan Sarjana Seni Desain Game sudah bekerja di berbagai perusahaan ternama sperti Kate Spade, Under Amour, Museum of Modern Art, dan lain-lain.

Demikian penjelasan mengenai rekomendasi perguruan tinggi desain game di Maryland, semoga bermanfaat bagi desainer video game masa depan.

Jangan lupa kunjungi VC Market by VCGamers untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi game dan nikmati promo yang tersedia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!