Kegunaan dan Cara Menggunakan Penyimpanan Cloud PS4

PlayStation 4 atau PS4 memiliki fitur penyimpanan cloud yang akan sangat berguna ketika kamu bermain game. Seperti namanya, penyimpanan tersebut berupa online dan bisa kamu aktifkan secara otomatis.

Kali ini, VCGamers akan membahas secara singkat mengenai penyimpanan cloud di PS4. Khususnya, akan ada pembahasan mengenai kegunaan, cara menggunakannya, dan mengenai PlayStation Plus.

Baca Juga: Seeds Minecraft PS4 dengan Diamond, Gunakan Kode Ini!

Kegunaan Penyimpanan Cloud PS4

Penyimpanan Cloud PS4 Online
Penyimpanan Cloud PS4 Online. Sumber: CBackup

Penyimpanan cloud PS4 tersedia dalam paket PlayStation Plus. Penyimpanan Cloud atau online ini bisa berguna untuk tempat menyimpan data atau progres berbagai game yang kamu mainkan.

Data atau progres game yang kamu mainkan akan tersimpan secara online jika memiliki langganan PlayStation Plus. Menyimpan secara online tentunya sangat mentungunkan karena tidak memerlukan kartu penyimpanan fisik.

Karena merupakan penyimpanan online, tentunya ada kebijakan mengenai batas ukuran data. Menurut halaman resmi PlayStation, kamu hanya bisa menyimpan data secara online hingga 100 GB untuk PS4.

Selain PS4, kamu juga bisa menyimpan data PS5 secara online hingga 100 GB. Penyimpanan data atau progres akan berbentuk file. File maksimal yang bisa tersimpan adalah hingga 1000.

Untuk bisa mengakses penyimpanan online PS4, kamu perlu memiliki langganan PlayStation Plus atau PS Plus. Dengan adanya member PS plus, kamu bisa menyimpan atau mengunggah file data game secara online.

Lantas, bagaimana cara menggunakan penyimpanan cloud tersebut setelah berlangganan PS Plus? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Baca Juga: Kode Cheat GTA V Untuk PS4, Banyak Cheat Senjata!

Cara Menggunakan Penyimpanan Cloud

Auto Backup
Auto Backup PS4. Sumber: CBackup

Mengunggah save data sebuah game menuju penyimpanan cloud di PS4 sangatlah mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengaktifkan fitur tersebut:

  • Buka menu pengaturan PS4
  • Pilih menu Application Saved Data Management
  • Akan ada opsi Auto-Upload
  • Pilih game yang ingin kamu simpan di cloud secara otomatis
  • Selesai

Metode tersebut bisa kamu ikuti untuk mengaktifkan penyimpanan cloud secara otomoatis. Dengan mengaktifkan fitur secara otomatis, save data dari game yang kamu aktifkan akan secara langsung tersimpan.

Fitur ini tentunya sangatlah berguna. Sebagai contoh, kamu bisa saja sedang bermain PS4 namun tiba-tiba mengalami mati listrik. Jika sudah mengaktifkan penyimpanan online otomatis, maka save data game tersebut akan tersimpan.

Jika tidak mengaktifkan fitur secara otomatis, pengguna PS4 juga bisa menggunakan fitur penyimpanan online secara manual. Terdapat opsi untuk memilih Download/Upload Saved Data yang tersedia.

Ketika kamu ingin melakukan upgrade atau mengganti konsol PS4, maka kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk tidak kehilangan progres suatu game.

Setelah mendapatkan konsol PS4 yang baru, kamu bisa langsung menuju PlayStation Network dan mengunduh data yang tersimpan secara online.

Baca Juga: 7 Hal yang harus kamu ketahui sebelum membeli Playstation 5!!

PlayStation Plus

PlayStation Plus
PlayStation Plus. Sumber: Eraspace

PlayStation Plus adalah jasa langganan yang bisa kamu beli sebagai pengguna konsol PlayStation seperti PS4 dan PS5. Sebagai pengguna PlayStation Plus, kamu bisa bermain berbagai game secara online.

Tidak hanya itu, terdapat juga fitur spesial lainnya yang hanya bisa digunakan oleh PlayStation Plus member. Salah satu fitur tersebut adalah penyimpanan cloud.

Terdapat tiga pilihan paket untuk PlayStation Plus. Setiap paket tentunya memiliki fitur dan keuntungan yang berbeda. Namun, jika kamu hanya ingin menggunakan PlayStation Plus untuk bermain online dan cloud save, maka jangan khawatir!

Seluruh paket yang tersedia menyediakan fitur penyimpanan cloud, sehingga kamu bisa membeli paket yang paling murah untuk menikmati penyimpanan cloud.

Pilihan paket yang tersedia yakni Deluxe, Extra, dan Essential. Pengguna konsol PS4 bisa memilih menu PlayStation Plus melalui function screen dan menentukan plan yang terbaik.

Demikian pembahasan mengenai penyimpanan cloud PS4, semoga bermanfaat!

Penuhi kebutuhan top up PSN hanya di VCGamers Marketplace Digital dan dapatkan promo yang masih tersedia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!