Penpot Alternatif Figma, Mudah dan Praktis!

Penpot Alternatif Figma

Melihat akuisisi Adobe terhadap Figma, banyak pengguna yang cukup skeptis mengenai masa depan Figma. Namun, terdapat Penpot sebagai alternatif Figma yang bisa Vicigers gunakan.

Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai Penpot sebagai alternatif dan pengganti Figma sebagai platform desain kolaborasi.

Meskipun memiliki berbagai perbedaan dengan Figma, Penpot memiliki berbagai kelebihan tersendiri. Berikut adalah penjelasan mengenai Penpot dan kelebihan dari alternatif Figma ini.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto Paling Keren di Android 2022

Apa Itu Penpot?

Website Penpot Alternatif Figma
Website Penpot Alternatif Figma. Sumber: Penpot

Seperti Figma, Penpot adalah platform desain. Namun, platform desain ini merupakan prototype Open Source pertama.

Penpot sebagai alat mampu mengundang berbagai desainer dari seluruh dunia dan tertarik terhadap open source sekaligus membuat pengembang atau developer bersemangat tentang proses desain.

Software Open Source yang gratis merupakan fondasi dari Penpot dan mereka percaya bahwa terdapat kemungkinan untuk membangun produk yang dirancang dengan sangat baik.

Produk ini mengutamakan komunitas dan tentunya didorong juga oleh komunitas tersebut. Umur dari Penpot cukup muda yakni 4 tahun semenjak terbentuknya pada tahun 2018.

Tidak tergantung pada sistem operasi, Penpot memiliki basis web dan bekerja dengan standar web terbuka atau SVG.

Penpot optimis mengenai potensi komunitas terbuka dan berbagai pengetahuan. Selain itu, tim Penpot juga menganggap bahwa potensi teknologi adalah potensi yang serius.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Baca Juga: Adobe Akuisisi Figma, Bagaimana Kelanjutannya?

Kelebihan Penpot Sebagai Alternatif

Kelebihan Penpot Alternatif Figma
Contoh Kelebihan Penpot Alternatif Figma. Sumber: Penpot

Kelebihan pertama Penpot adalah berbasis open source. Penpot dibangun oleh desainer dan untuk desainer yang ingin membawa developer, teknologi, dan kepentingan lainnya terhadap proses desain.

Selain itu, terdapat fitur kolaborasi desain yang membuat desainer lebih mudah untuk mengerjakan sebuah proyek secara bersamaan dan sebagai satu tim.

Kelebihan ketiga adalah Penpot memiliki basis web sehingga platform ini tidak bergantung terhadap sistem operasi pengguna atau instalasi. Jadi, pengguna bisa menjalankan Penpot hanya dengan browser yang modern.

Platform Penpot dibangun untuk masyarakat dan diberdayakan oleh masyarakat. Kemampuan beradaptasi seperti kontribusi dari add-on dan plugin hingga fungsionalitas inti.

Jadi, Penpot bisa menjadi platform desain open source yang cocok bagi Vicigers yang ingin berpindah dari Figma semenjak akuisisi oleh Adobe terhadap Figma.

Kelebihan yang tersedia bisa menjadi nilai jual sebagai pengganti Figma dan bisa menjadi platform desain open source yang lebih baik daripada Figma.

Demikian pembahasan mengenai Penpot sebagai alternatif Figma. Untuk top up gaming, yuk kunjungi VC Market by VCGamers!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID