Penjelasan Resmi Tentang Transaksi VCG Token yang Tidak Wajar pada 8 November 2022


Logo VCGamers
Promo Mobile Legends
Promo Mobile Legends

Kami akan memberikan penjelasan tentang adanya transaksi 1.911.000 VCG Token yang terjadi pada Selasa 8 November 2022 dinihari pukul 02.26 WIB.

Kami menyadari bahwa transaksi penjualan sebanyak 1,9 juta VCG Token dari wallet deployer tentu menjadi perhatian seluruh holders.

Sehingga, penting bagi kami untuk memberikan penjelasan dan informasi kepada seluruh holders VCG Token sebagai salah satu bentuk transparansi.

Penjelasan ini kami sampaikan untuk memberikan gambaran secara utuh mengenai peristiwa yang terjadi. Sekaligus, untuk meluruskan isu-isu yang beredar di kalangan crypto enthusiast tanah air yang kami cintai.

Baca juga: VCGamers Rilis Fitur Proses Kilat, Top Up Game Jadi Makin Cepat!

Penjelasan & Kronologis

Kami ingin menyampaikan bahwa transaksi tersebut merupakan peretasan yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab dan tidak dilakukan internal VCGamers.

Berikut kronologis mengenai adanya transaksi tidak wajar dari wallet deployer di atas:

  1. Peristiwa ini bermula dari munculnya malicious access dari peretas pada 8 November 2022 yang kemudian mengakses wallet deployer VCG Token dan melakukan aksinya.
  2. VCGamers kemudian mengetahui adanya hal tersebut dalam rentang waktu kurang dari 10 menit.
  3. VCGamers kemudian langsung berupaya untuk mengamankan aset yang ada di dalam wallet deployer.
  4. Hasilnya, total loss yang dialami yaitu sebesar 1,911,000 VCG dan Liquidity Pool USD dari sisi ETH Cross Chain sebesar 33K USD dari potensi loss lebih dari 20 juta token VCG
Baca juga: VCGamers Luncurkan Social Hub, Social-Commerce untuk Gamers Pertama di Indonesia

Langkah VCGamers

Kami tentu tidak berdiam diri dengan adanya persoalan ini. Hingga kini, kami masih terus berupaya untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dan terukur. Berikut beberapa langkah yang kami lakukan terkait dengan peristiwa ini:

  1. Melakukan tracing dari sisi keamanan, dan mitigasi pengamanan asset yang dikelola oleh VCG dengan cara memigrasikan seluruh asset ke wallet baru serta menambah lapisan sekuriti menggunakan hard wallet.
  2. Setelah diperiksa, ditemukan bahwa celah didapatkan dari device yang terkena serangan (bukan jaringan maupun as system blockchain feature).
  3. Kami menjamin keamanan aset VCG Token seluruh holders dan disarankan untuk menggunakan hardware wallet untuk memitigasi hal yang tidak diinginkan.
  4. Fitur Staking kami non-aktifkan untuk sementara waktu, holder yang melakukan stake tidak perlu khawatir karena token sudah kami recovery.

Atas insiden ini, kami ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh holders VCG Token. Hal ini juga akan menjadi evaluasi bagi kami dari sisi keamanan dan kami telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa di kemudian hari.

Sebagai informasi, peristiwa ini tidak memberikan pengaruh secara fundamental kepada VCGamers sebagai perusahaan. Seluruh product dan juga project yang ada di VCGamers masih terus berjalan.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

VCGamers

Saya merupakan salah satu dari pencari berita mengenai permainan games online yang ada di Indonesia.

Add a comment

id_IDID