NFT Adalah Non Fungible Token, Begini Penjelasannya!

NFT Adalah

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token. Namun, terdapat banyak orang yang masih belum mengetahui apa arti dari Non Fungible Token.

Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai Non Fungible Token. Non Fungible Token sering bermunculan di dunia investasi dan membuat banyak orang penasaran dengan cara kerjanya.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai Non Fungible Token dalam konteks dunia investasi. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Game Penghasil Crypto Tanpa Modal, Dapat NFT Gratis!

NFT Adalah Non Fungible Token

Ilustrasi NFT Adalah
Ilustrasi Non Fungible Token. Sumber: Seeking Alpha

Non Fungible Token memiliki arti yakni Token yang tidak dapat ditukar. Hal tersebut berarti bahwa Non Fungible Token merupakan aset digital yang dapat menjadi bukti kepemilikan sebuah barang.

Barang tersebut bisa masyarakat beli dengan mata uang kripto. Pembelian tersebut berupa pembelian karya seni, musik, game, video klip, dan aset lainnya.

Mayoritas dari Non Fungible Token menggunakan teknologi bernama Blockchain Ethereum untuk mencatat transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli.

Transaksi tersebut tercatat sebagai data di Blockchain dan dataa tersebut berisikan mengenai informasi pencipta karya seni, sejarah kepemilikan, dan harga yang tertera pada transaksi tersebut.

Menurut CNBC Indonesia, transaksi tersebut dapat berupa aset seperti karya seni yang unik dan berharga dengan nilai tukar yang tidak dapat terganti.

Baca Juga: Rekomendasi Game NFT Paling Populer 2022

Bentuk dan Contoh Non Fungible Token

Bored Ape NFT Adalah
Contoh Bored Ape Yacht Club. Sumber: CCN Indonesia

Transaksi Non Fungible Token terjadi dengan menggunakan Ethereum atau ETH. Bentuk dari NFT merupakan karya seni, namun mungkin Vicigers penasaran dengan gambar NFT yang populer.

Mayoritas Non Fungible Token merupakan file digital dengan format seperti PNG, GIF, JPEG, dan lain-lain hingga mp3 dan mp4.

Jika Vicigers memiliki aset Non Fungible Token, maka Vicigers bisa menjual kembali dengan bijak. Vicigers bisa menjualnya sebagai salah satu aset digital.

Harga jual dari NFT milik Vicigers akan terpengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kualitas, kreativitas, reputasi, popularitas, dan kelangkaan.

Contoh Non Fungible Token yang terkenal adalah serial Bored Ape Yacht Club atau Bored Ape. Serial tersebut adalah kumpulan non fungible token atau NFT yang berdasarkan Blockchain Ethereum.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Serial Bored Ape Yacht Club berisikan tentang gambar profil kartun binatang kera atau gorila. Digital art tersebut dihasilkan secara prosedural dari algoritma yang tersedia sehingga terdapat berbagai NFT dengan keunikan masing-masing.

Serial CryptoPunk juga menjadi serial karya seni digital yang cukup terkenal di dunia NFT. CryptoPunk #5822 merupakan salah satu NFT yang masuk dalam daftar NFT termahal saat ini.

Selain Bored Ape Yacht Club dan CryptoPunk, terdapat juga NFT yang bisa Vicigers dapatkan dari bermain game seperti Axie Infinity.

Baca Juga: 5 NFT Keren dan Termahal di Dunia Tahun 2022

Cara Kerja NFT

OpenSea NFT Adalah
Logo OpenSea. Sumber: 1000 Logos

Bagi Vicigers yang penasaran mengenai cara kerja jual beli NFT, berikut adalah penjelasan singkat mengenai hal tersebut.

Bila Vicigers ingin membeli Non Fungible Token, Vicigers bisa langsung menuju website OpenSea, pilih karya sesuai selera, dan langsung membelinya dengan wallet Crypto yang tersedia.

Selain membeli, Vicigers juga bisa menjual Non Fungible Token karya sendiri di website OpenSea tersebut.

Terdapat banyak pasar selain OpenSea sebagai tempat penjualan Non Fungible Token, jadi Vicigers pertama-tama harus menentukan pasar atau marketplace.

Vicigers bisa menjadi penjual Non Fungible Token dengan mengklik tombol “Jual” di website tersebut untuk menjual karya sendiri.

Terdapat kolom informasi yang bisa diisi untuk memberikan informasi mengenai karya digital yang dijual agar masyarakat bisa tertarik untuk membeli.

Selain memberikan informasi mengenai karya seni digital tersebut, Vicigers juga harus melakukan promosi untuk meningkatkan popularitas karya seni digital tersebut melalui berbagai cara, misalnya melalui media sosial.

Demikian penjelasan singkat mengenai NFT sebagai Non Fungible Token. Untuk top up gaming, yuk kunjungi VC Market by VCGamers!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID