Pengertian Stagflasi Dan Penyebabnya


stagflasi

Kondisi seperti pandemi kemarin membuat banyak negara khawatir akan munculnya stagflasi. Jika kamu berpikir bahwa inflasi adalah hal terburuk dalam krisis ekonomi dan harga kripto jatuh sekarang, maka bersiaplah untuk masalah besar bernama stagflasi.

Lantas, apakah yang disebut dengan stagflasi dan apa yang menyebabkan hal ini terjadi pada dunia crypto? Pada dasarnya, hal ini tidak terjadi saja pada crypto, namun pada beberapa sektor perekonomian juga terkena dampaknya.

Pengertian Stagflasi

Trading crypto
Pengertian stagflasi dalam crypto

Stagflasi adalah fenomena ekonomi yang langka ketika resesi dan inflasi terjadi secara bersamaan. Situasi stagflasi kontradiktif, karena pertumbuhan ekonomi lambat bahkan menyebabkan pengangguran tinggi, tetapi harga terus meningkat.

Selain itu, konsep ini juga dapat didefinisikan sebagai periode inflasi yang dikaitkan dengan stagnasi Produk Domestik Bruto (PDB).

Stagflasi adalah istilah ekonomi baru yang baru dan properti ekonomi yang lemah, yang paling umum, kebanyakan, biasanya merupakan eksploitasi ekonomi.

Salah satu contoh terbaik dari stage halation terjadi pada tahun 1970, pada waktu itu, banyak negara yang membuat dunia ini terkena dampak krisis ekonomi, tidak ada pekerjaan dan terkena inflasi.

Kejadian ini memiliki efek negatif pada crypto dan saham. Saat ini crypto memiliki keterkaitan yang kuat dengan saham, sehingga diharapkan stagflasi ini akan berdampak negatif pada crypto, terutama terkait dengan penurunan harga yang akan membawa crypto ke bear market.

Baca juga: Pengertian Bullish Divergence Dalam Dunia Crypto

Penyebab Terjadinya Stagflasi

mengenal istilah dead cat bounce - cara main crypyo
Penyebab terjaidnya penurunan crypto

Tidak seperti ekonomi makro, penyebab pasti hal ini masih diperdebatkan hingga saat ini. Hal ini dapat disebabkan oleh kebijakan moneter.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Ketika bank sentral mencoba mempromosikan stabilitas keuangan dan kebijakan dalam negeri dengan mencetak lebih banyak uang, pasokan uang meningkat dan inflasi terjadi.

Pada tahun 2022, kebijakan pengamanan yang dilakukan untuk menghilangkan penyebaran virus Covid-19 sebenarnya menghambat kemajuan ekonomi.

Terutama dalam hal mengganggu operasional bisnis dan rantai pasok. Ketika permintaan barang dan jasa menurun sementara penawaran meningkat, ini menyebabkan hal tersebut terjadi.

Guncangan pasokan, peningkatan atau penurunan pasokan yang tiba-tiba, juga dapat menyebabkan keruntuhan. Sementara itu, komoditas seperti minyak berada pada titik tertinggi sepanjang masa, menunjukkan bahwa pendapatan menyusut. Situasi ini menunjukkan konflik antara peningkatan biaya dan penurunan pendapatan.

VCGamers menyediakan banyak sekali berita dan informasi tentang dunia cryptocurrency, blockchain, dan investasi mendalam dalam bahasa yang mudah dipahami dan tips hebat yang dapat kamu coba.

Baca juga: Perbandingan Saham Vs Crypto, Mana yang Lebih Untung?

Bahkan kamu bisa membeli VCG Token yang merupakan milik VCGamers di Indodax dan BitMax. Token ini bisa kamu staking untuk menghindari stagflasi ataupun inflasi.

Dapatkan update VCG Token terbaru hanya di VCNews!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID