Pengertian Seed Phrase Dalam Crypto, Catat Ini Bro!


Seed Phrase

Seed phrase adalah frasa yang dapat digunakan untuk mengakses wallet atau dompet cryptocurrency. Seed phrase yang digunakan dalam Bitcoin, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mendanai dompet mereka. 

Sementara wallet berfungsi sebagai pengelola kata sandi, kata sandi berfungsi sebagai kata sandi utama. Kamu akan memiliki akses ke semua mata uang kripto yang ditautkan ke wallet selama sobat Vicigers memiliki kata sandi awal, bahkan jika kamu menghapus atau kehilangan wallet. 

Pengertian Seed Phrase

Iluistrasi Wallet Crypto
Pengertian Seed Phrase. Sumber: Mariia Shalabaieva via Unsplash

Pengertian seed phrase adalah serangkaian kata kunci dari portofolio aset kripto. Baris kata ini dapat memberi pemilik dompet akses ke aset kripto terkait.

Saat sobat Vicigers pertama kali membuat dompet kripto, dompet tersebut secara otomatis menghasilkan serangkaian istilah sederhana. Nah, struktur kata sederhana ini disebut kalimat benih.

Selain mengakses aset kripto, hal ini juga menggunakan dompet untuk menghasilkan kunci pribadi, yang dapat memudahkan pengguna untuk mengirim atau menyelesaikan transaksi menggunakan aset kripto. Seperti kata sandi utama, hal ini digunakan di dompet untuk menghasilkan kunci pribadi.

Private key memungkinkan pengguna mengirim dan membelanjakan Bitcoin. Umumnya, seed phrase terdiri dari rangkaian 12 sampai 24 kata yang cukup sederhana sehingga mudah diingat.

Faktanya, sistem alfabet sederhana lebih mudah digunakan karena deretan angka yang panjang sulit diingat atau bahkan ditulis dengan benar. Bayangkan betapa sulitnya memasukkan kata sandi yang panjang dan sulit diingat.

Hal ini dapat memudahkan pengguna untuk membuka dompet, dengan kunci pribadi yang terkait dengan keamanan semua aset kripto yang tersimpan di dompet. 

Cara Kerja Seed Phrase 

Ilustrasi Proof of Stake
Cara kerja Seed Phrase. Sumber: Argent Wallet

Saat kamu membuat dompet kripto, kata sandi awal akan tersedia secara otomatis. Seed phrase  adalah representasi dari string panjang yang biasanya berisi kata-kata acak.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Alasan pengguna diberikan kata-kata dalam suku kata (bukan rangkaian angka acak yang panjang) adalah karena manusia lebih mudah mengingat dan berinteraksi dengan kata-kata.

Oleh karena itu, lebih mudah bagi pengguna untuk mengingat kata sandi jenis ini dibandingkan dengan kata sandi dengan banyak angka dan simbol. Setiap seed phrase diekstraksi dari daftar 2.048 kata sederhana.

Baca juga: Mengenal Sollet, Wallet Token Solana

Konsep ini mulai mendapatkan adopsi luas setelah munculnya Bitcoin Improvement Proposal 39 (BIP-39) pada tahun 2013, yang menetapkan standar untuk “dompet deterministik” di mana frase kunci tunggal akan mengontrol semua kunci enkripsi yang tersimpan. Apa yang disebut dompet deterministik sekarang digunakan oleh banyak dompet kripto.

Standar ini juga membuat dompet cryptocurrency kompatibel. Jika pengguna ingin mengganti dompet, yang harus mereka lakukan hanyalah memasukkan kata sandi ke dompet baru mereka dan pengguna dapat mengakses aset kripto mereka.

Namun, jika dompet hilang atau jika pengguna memutuskan untuk menghapus dompet kripto mereka, pengguna dapat membuat dompet baru menggunakan persyaratan yang sudah mereka miliki. Oleh karena itu, pastikan pengguna menjaga frasa awal mereka aman dari peretas, serangan phishing, atau jenis serangan lainnya.

Jika pengguna secara tidak sengaja menghapus frase benih dari portofolio aset kripto. Jelas, pengguna juga kehilangan akses ke aset kripto yang dulunya milik mereka. Kecuali seseorang mencuri seed phrase, aset kripto akan terus disimpan di blockchain.

Baca juga: Cara Menggunakan Ronin Wallet Untuk Menerima Axies

VCGamers saat ini memiliki token crypto sendiri yang ada di DEX, seperti Indodax dan BitMax. Naman token crypto tersebut adalah VCG Token yang bisa kamu staking untuk mendapatkan bunga setiap hari.

Dapatkan update VCG Token terbaru hanya di VCNews!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID