Pengertian Defi Crypto, Pemula Wajib Tahu!


coin yang decentralize

Decentralized finance atau DeFi crypto adalah sistem yang bertujuan untuk menyediakan layanan keuangan yang terbuka, tanpa otorisasi, transparan dan dapat diakses oleh semua orang tanpa otoritas terpusat.

Hal ini dimungkinkan oleh DeFi crypto berkat teknologi kontrak pintar yang mendasarinya, yang memungkinkan pengembang untuk membuat fungsi yang jauh lebih kompleks daripada mengirim atau menerima mata uang digital. DeFi crypto secara universal dapat menggantikan layanan keuangan apa pun yang kamu gunakan. 

Contohnya termasuk tabungan, pinjaman, bisnis, dan asuransi. Yang kamu butuhkan hanyalah smartphone dan koneksi internet dan semua orang di dunia dapat mengaksesnya. Meskipun dapat diakses secara terbuka, pengguna masih memiliki kontrol penuh atas aset mereka menggunakan aplikasi atau dapps yang terdesentralisasi.

Definisi DeFi Crypto

Whitepaper Crypto - Prediksi BNB
defi dalam dunia crypto

Keuangan terdesentralisasi, atau singkatnya DeFi crypto, adalah ekosistem aplikasi keuangan berbasis blockchain yang dapat beroperasi tanpa otoritas pusat seperti bank atau lembaga keuangan lainnya. Saat ini, hampir semua layanan keuangan termasuk tabungan, pinjaman, asuransi dan bursa masih dikelola oleh sistem terpusat. 

Dengan kata lain, kita harus memiliki rekening bank atau dapat mengakses lembaga keuangan agar dapat menikmati berbagai produk dan layanan keuangan.

Sedemikian rupa sehingga masih banyak orang yang tidak memiliki rekening bank dan tidak memiliki akses ke layanan keuangan. 

Sementara itu, akses layanan keuangan terbukti mampu mengangkat masyarakat dari kemiskinan dan memacu pertumbuhan ekonomi.

Dengan penemuan teknologi blockchain Bitcoin, orang sekarang dapat mentransfer aset kripto ke bagian lain dunia tanpa harus memiliki rekening bank. 

Bagaimana jika teknologi blockchain digunakan untuk membangun berbagai layanan keuangan terdesentralisasi yang tidak hanya terbatas pada pengiriman dan penerimaan mata uang digital? Di sinilah pengembangan DeFi memainkan peran penting.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Kelebihan DeFi

Apa Itu Staking? - Whitepaper Crypto
defi dalam dunia crypto

Manfaat utama memiliki ekosistem DeFi crypto adalah kemudahan menggunakan layanan keuangan untuk semua orang. Sistem keuangan tradisional bergantung pada lembaga perantara seperti bank untuk mendapatkan keuntungan.

Artinya, layanan keuangan tidak selalu tersedia untuk semua lapisan masyarakat, terutama masyarakat berpenghasilan rendah. 

Penggunaan DeFi secara signifikan mengurangi biaya penggunaan layanan keuangan, dan pada akhirnya membuka pintu layanan keuangan untuk dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

Penemuan aplikasi DeFi pada dasarnya memfasilitasi realisasi inklusi atau kondisi keuangan bagi setiap orang untuk mengakses produk atau layanan keuangan.

Hal ini diperlukan karena inklusi keuangan telah terbukti mampu mengangkat masyarakat dari kemiskinan, mengurangi ketimpangan sosial, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Baca juga: Perbedaan DEX dan CEX dalam Dunia Kripto

Cara Kerja DeFi

bisnis crypto
defi dalam dunia crypto

Pengembangan berbagai aplikasi DeFi crypto terutama dimulai dengan penemuan blockchain Ethereum menggunakan teknologi kontrak pintar. Kontrak pintar adalah istilah untuk program komputer yang ditulis di blockchain Ethereum.

Kontrak pintar secara otomatis menjalankan perintah yang telah diprogram untuk mentransfer token antara alamat Ethereum atau melakukan jenis transaksi lain ketika kondisi tertentu yang ditentukan dalam perangkat lunak terpenuhi. 

Baca juga: 5 Aplikasi Kripto yang Tercatat di Bappebti, Cocok untuk Pemula!

Menggunakan teknologi kontrak pintar, blockchain Ethereum memungkinkan lapisan pemrograman yang lebih kompleks, memberi pengembang kebebasan untuk bereksperimen dengan kode dan membuat aplikasi yang disebut aplikasi terdesentralisasi (DApps). DeFi pada dasarnya adalah program DA yang berfokus pada desentralisasi layanan keuangan tradisional.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID