Pengertian Dead Cat Bounce Dalam Dunia Crypto


Dead Cat Bounce

Dead cat bounce adalah salah satu pola paling umum yang dapat muncul di grafik pasar saham, termasuk crypto. Prinsip ini harus dipandang berpotensi merugikan investor.

Jika kamu masih pemula dalam dunia crypto, kamu perlu mengetahui pengertian dead cat bounce. Sehingga ketika melakukan trading, kamu tidak terjebak pada pola grafik yang satu ini.

Pengertian Dead Cat Bounce

bearish candlestick
Mengenal arti Dead Cat Bounce

Dead cat bounce adalah salah satu yang menjebak, seakan-akan bullish padahal hanya jebakan grafik. Jika investor melihat bagian atas tingkat atas dan niatnya meningkat, penting untuk memutuskan apakah gambar ini adalah gambar warna atau tidak.

Pada dasarnya, dead cat bounce (DCB) adalah pemulihan harga aset sementara atau kenaikan harga aset jangka panjang dari tren penurunan jangka panjang. 

Pola ini bisa muncul di tengah bear market yang akan mengikuti tren penurunan harga. Banyak ahli menganggap pola ini lebih buruk daripada TR, karena kenaikan yang terjadi tidak bisa bertahan lebih dari sehari. Proses ini terjadi ketika ada pemulihan sementara atau pendek, ketika kegagalan lama.

Hal ini disebut sinyal palsu dan tidak dapat digunakan sebagai sinyal untuk menentukan apakah kondisi pasar akan membaik. Ini karena kenaikan harga yang tiba-tiba dapat berlangsung untuk sementara waktu, sebelum jatuh lebih besar di masa depan. 

Menurut analis dari Investopedia, tidak umum penurunan berakhir dengan periode pemulihan singkat atau pemulihan kecil, di mana harga naik untuk sementara dan kemudian turun lagi.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata dead cat berarti “kucing mati yang buang air besar”. Dalam analisis teknis, pemantulan dianggap sebagai pola berkelanjutan, di mana pada awalnya pemantulan mungkin tampak sebagai pembalikan tetapi dengan cepat diikuti oleh kelanjutan penurunan harga kekayaan.

Sayangnya, grafis DCB merupakan pola yang hanya terlihat setelah muncul dan sulit untuk langsung dideteksi. 

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Baca juga: Mengenal Privatekey Dalam Dunia Crypto

Penyebab Timbulnya DCB di Crypto

Profit Bullish Flag
Penyebab DCB dalam crypto. Sumber: Kanchanara via Unsplash

Penyebab dead cat bounce seringkali muncul karena berbagai macam alasan, mulai dari point hingga keinginan. Perilaku ini mencerminkan keyakinan umum investor bahwa harga aset akan segera pulih. Seringkali, investor mungkin berpikir bahwa harga cryptocurrency telah menurun.

Hal ini menyebabkan investor membeli lebih banyak properti. Hal ini menyebabkan jebakan, ketika sejumlah besar investor membeli sejumlah properti tertentu, yang mengakibatkan penurunan harga properti. Penyebab lain dari DCB juga bisa menjadi spekulasi pedagang hari dan investor jangka pendek. 

Pembeli dan investor membeli aset saat harga turun dengan harapan mendapat untung kecil dengan memanfaatkan fluktuasi sepanjang hari.

Selain itu, alasan pola ini juga dapat dipicu karena perubahan harga di pasar crypto, yang rentan terhadap berita dan spekulasi baru di pasar. 

Setiap berita negatif dapat mendorong harga turun dan konfirmasi positif dapat mendorong harga naik. Ketertarikan mendadak pada aset kripto apa pun dari berita semacam itu dapat membuat pedagang membeli lebih banyak aset kripto.

Akibatnya, harga naik tiba-tiba sampai pelanggan memutuskan untuk menjual posisi mereka. Pada saat inilah, beberapa trader terjebak dead cat bounce.

Baca juga: Mengenal USDT, Aset Stabil Dalam Crypto!

Info lainnya buat sobat Vicigers semua bahwa saat ini VCGamers punya VCG Token yang sudah bisa dibeli di Indodax ataupun BitMax.

Dapatkan update VCG Token terbaru hanya di VCNews!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID