Apakah Pengembangan Game Web3 Akan Lebih Mudah untuk Dijangkau?

Blockchain Rumah NFT, Web3

Saat ini, mungkin masih ada sebagian orang yang belum mengenal Web3. Terlepas dari semua sumber web, baik yang terpercaya maupun yang tidak tentunya pantas mendapat pujian karena membahas topik Web3 game development.

Mungkin masih tidak tahu fenomena apa yang ada di balik istilah Web3 ini. Singkatnya, Web3 memiliki semua yang diperlukan untuk menjadi literasi baru internet.

Kali ini kita akan mengulas lebih dalam tentang Web3 dan mengungkap misteri tentang bagaimana istilah baru ini akan mempengaruhi cara umat manusia mengembangkan video game.

Saat ini, kita dapat melihat beberapa manifestasi dari pengembangan game Web3, jadi banyak hal yang perlu dibicarakan. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai!

Baca juga: Kapan Web 3.0 Dimulai? Simak Penjelasannya Di Sini!

Pengertian Web3, dan Apa Kaitannya dengan Gaming

Kelebihan Blockchain Traceability
Blockchain. Sumber: Rawpixel

Banyak perusahaan, seperti misalnya, Game-Ace, telah memahami inti dari fenomena yang tersembunyi di balik istilah Web3 dan mulai mengembangkan game dengan mengandalkan teknologi blockchain.

Ya, kamu sudah menebaknya! Web3 adalah istilah yang menunjukkan revolusi internet dengan bantuan teknologi inovatif seperti kecerdasan buatan, Internet of Things, dan, tentu saja, blockchain.

Jadi inilah sistem ledger atau buku besar terdistribusi yang menggerakkan blockchain, terutama jaringan komputer yang berfungsi sebagai server bersama bagi orang lain untuk bergabung dan menyimpan data. Selain fungsi ini, Web3 memungkinkan kamu membuktikan dan mentransfer kepemilikan aset digital melalui blockchain menggunakan program yang berfungsi secara otomatis yang disebut kontrak pintar.

Dengan kata lain, pengembang game sudah memanfaatkan teknologi ini untuk memasukkan NFT ke dalam aplikasi mereka.

Tunggu, Apa NFT ini? Bagaimana hubungannya dengan Web3? Ya, itu semua sangat sederhana. 

Non Fungible Token (NFT) adalah bagian dari teknologi blockchain karena mereka adalah semacam cryptocurrency tetapi lebih kompleks dan berharga, memungkinkan pengguna internet untuk membeli atau menjual kepemilikan aset virtual seperti, katakanlah, senjata dalam game, item, karakter, atau bahkan tanah.

Nilai Web3 untuk Pemilik Game

Kelebihan Blockchain Use Case, game web3
Blockchain. Sumber: Built In

Sekarang kita tahu bahwa game NFT adalah bagian dari Web3, membuat aplikasi hiburan terdesentralisasi. Tapi apa keuntungan membuat produk seperti itu bagi pemiliknya sendiri? Ayo cari tahu.

Sumber Pendapatan Baru

Video game yang terintegrasi dengan teknologi blockchain memungkinkan kamu mendapat untung dari biaya transaksi.

Karena pemain dapat memperoleh aset dalam game dalam bentuk NFT saat mereka maju melalui game kamu, mereka bebas melakukan apa pun yang diinginkan dengannya. Jadi mereka mungkin ingin menjualnya di pasar NFT kamu sendiri.

Setelah pemilik aset baru mendapatkan haknya atas item tersebut, kamu mendapatkan biaya transaksi.

Pemirsa yang Lebih Luas & Brand Awareness

Setelah merilis game Web3 pertama kamu, kemungkinan besar kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memenangkan minat audiens yang lebih luas daripada sebelumnya. 

Dunia teknologi berkembang dengan sangat cepat, jadi sebaiknya kamu beradaptasi dengan perubahan yang cepat.

Prospek Skalabilitas

Dengan Web3 tech stack onboard, kamu dapat menskalakan game kamu dari domain tradisional ke NFT dan kemudian ke metaverse, terus mengejutkan penonton serta mendapatkan peluang baru untuk berkembang.

Bagaimanapun, pemilik game Web3 akan mendapatkan kumpulan vektor baru untuk diikuti. Mereka juga dapat menyertakan layanan pihak ketiga dalam produk mereka karena blockchain memfasilitasi fungsi tersebut dan memastikan keamanan totalnya.

Cara Terbaik Menggunakan Web3

Ilustrasi Kelebihan Blockchain game, web3
Ilustrasi Blockchain. Sumber: Al-Fanar Media

Salah satu pendekatan terbaik untuk pengembangan game Web3 yaitu melibatkan menangani studio profesional dengan banyak pengalaman membangun proyek semacam itu.  Cari mitra teknologi yang bertanggung jawab dan andal yang dapat kamu percayakan game Web3 kamu tanpa ragu-ragu. 

Tidak diragukan lagi, kamu harus meneliti pesaing, menemukan informasi tentang pengembang game Web3 yang paling cocok di luar sana, dan menyaring yang terbaik dari yang terbaik untuk menemukan apa yang kamu cari.

Namun, pada akhirnya, yang akan kamu dapatkan adalah ahli yang mahir dalam membangun proyek game Web3 kamu dari potongan kecil menjadi produk yang dapat diskalakan. 

Pihak lain atau outsourcing adalah cara yang baik untuk mulai membuat langkah pertama (atau bahkan kedua) kamu ke dunia game Web3.

Pada akhirnya, begitulah cara kamu meminimalkan risiko, memangkas anggaran pengembangan, dan memastikan bahwa aplikasi kamu bebas dari masalah besar serta menghadirkan gameplay yang menarik perhatian.

Baca juga: Simak! Ini Penjelasan Wafa Taftazani Soal Web3 Hingga Metavers

Ikuti informasi tentang Web3 hanya di VCGamers News!

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!