Pasar Spot Adalah Pusat Perdagangan, Ini Penjelasannya!

pasar spot adalah

Pasar spot adalah pasar di mana perdagangan berlangsung untuk pengiriman segera. Contoh pasar spot adalah sekuritas, komoditas dan pasar valuta asing (valas). Idealnya, transfer terjadi beberapa detik setelah akhir transaksi.

Namun, pada kenyataannya, butuh lebih dari 24 jam. Di pasar ekuitas tunai dan valas, pengiriman segera berarti dalam dua hari kerja. Untuk bahan baku, ini berarti dalam tujuh hari.

Bisnis berlangsung di bursa efek. Namun, beberapa pasar spot juga terjadi di pasar saham. Di satu sisi, perdagangan dilakukan melalui telepon, bukan di lantai bursa yang terorganisir.

Harga perdagangan saat ini adalah harga spot. Hal ini adalah harga di mana suatu barang dapat segera dijual atau dibeli. Pembeli dan penjual menciptakan harga spot dengan menempatkan pesanan beli dan jual. 

Pasar Spot Adalah?

Kegunaan web 3.0
Market spot adalah cara trading aman

Pasar spot adalah platform untuk memperdagangkan instrumen keuangan seperti komoditas, mata uang, dan sekuritas yang dilakukan melalui perdagangan spot atau perdagangan spot.

Contoh pasar keuangan adalah sekuritas, komoditas dan pasar valuta asing (valas). Pasar spot juga dikenal sebagai “pasar fisik” atau “pasar keuangan” karena transaksi dipertukarkan dengan aset secara efektif dan segera.

Meskipun transfer uang antara pembeli dan penjual bisa memakan waktu. Transaksi non-tunai, atau transfer, menyetujui harga saat ini, tetapi transfer dan transfer uang akan dilakukan di lain waktu.

Dalam ekuitas keuangan dan pasar valas, pengiriman segera terjadi dalam dua hari kerja. Untuk peralatan, ini berarti dalam waktu tujuh hari. Beberapa pasar spot juga berlangsung over the counter (OTC). Ini berarti bahwa perdagangan dilakukan melalui telepon, bukan di bursa yang terorganisir.

Dalam transaksi OTC, harga dapat didasarkan pada harga spot atau harga di masa mendatang. Persyaratan ini tidak boleh diatur. Oleh karena itu, transaksi over-the-counter mungkin bergantung pada pembeli dan/atau penjual.

Sebagai pertukaran, perdagangan saham over-the-counter biasanya merupakan pasar saham, sedangkan pasar forward atau forward biasanya tidak membeli uang.

Harga instrumen keuangan saat ini disebut harga spot. Ini adalah harga di mana kamu dapat dengan cepat menjual atau membeli. Pembeli dan penjual menciptakan harga spot dengan menempatkan pesanan beli dan jual.

Di pasar likuid, harga spot dapat berubah dalam hitungan detik, karena pesanan dipenuhi dan pesanan baru memasuki pasar.

Baca juga: 4 Tempat Trading Terra Luna yang Perlu Kamu Catat

Keuntungan Di Pasar Spot 

Manfaat web 3.0
Market spot adalah cara trading aman

Perdagangan lebih fluktuatif daripada perdagangan berjangka. Perdagangan spot dapat mencakup angka yang rendah. Selain itu, pihak yang berkepentingan dapat menahan sesuatu sampai mereka menemukan kesepakatan yang lebih baik. Di sisi lain, perdagangan di pasar berjangka membutuhkan banyak volume.

Pengiriman berlangsung dalam waktu singkat dan hanya membutuhkan sedikit. Oleh karena itu, investor bisa langsung mendapatkan barang yang dibeli setelah membayar sejumlah tertentu.

Hal ini mengurangi ketidakpastian dan kemungkinan kegagalan pengiriman oleh mitra. Ketiga, pasar spot biasanya membutuhkan sejumlah kecil uang.

Di sisi lain, di market spot investasi minimum biasanya diperlukan. Harga transparan dan kamu dapat menggunakan harga kemarin dan trading hari ini.

Pasar spot adalah suatu kemudahan dalam bertransaksi pada suatu market. Salah satunya adalah spot crypto. Kebanyakan trader melakukan trading spot untuk menjaga aset tidak kena likuiditas.

Baca juga: Tips Trading Etherium Biar Cuan Maksimal

Saat ini VCGamers telah memiliki token crypto sendiri yang bernama VCG Token dan sudah bisa dibeli di Indodax dan juga BitMax. Token ini digunakan sebagai alat tukar di Ransverse milik Raffi Ahmad.

Dapatkan pembaruan atau update VCG Token terbaru hanya di VCNews!

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!