Muscle Band Pokemon Unite, Perkuat Physical Attacker Pokemonmu!

muscle band pokemon unite cover 1

Muscle Band Pokemon Unite hingga saat ini masih memegang tier paling atas dalam hal menambah physical attack untuk output physical damage yang lebih besar.

Meski cara kerja held item yang satu ini cukup sederhana, yaitu hanya meningkatkan attack point pokemon saja, ada beberapa item yang bisa kamu pasangkan dengan Muscle Band ini. Alasannya, ada beberapa pokemon dengan serangan campuran antara physical attacker dan sp. attacker.

Baca juga: Lawan Regigigas Pokemon Unite Pake 3 Pokemon, Siapa Takut?

Dalam kesempatan ini, penulis akan memaparkan rincian Muscle Band beserta cara penggunaannya dan pokemon apa saja yang cocok untuk mendapat efek bonus dari item tersebut.

Rincian status Muscle Band

Status Awal

muscle band pokemon unite tampilan 1
Efek Muscle Band Pada Charizard

Ketika kamu mendapat Muscle Band Pokemon Unite, kamu akan mendapatkannya dengan level terendah (level 1). Level dari Muscle Band ini bisa kamu tambah dengan menggunakan Item Enhancer.

Jika kamu tidak meningkatkan level dari Muscle Band, maka item ini hanya akan memberikan bonus physical attack sebesar 1 poin saja. Namun, apabila kamu menaikkan level item ini, maka pokemon penggunanya akan mendapat tambahan attack sebanyak 3 poin dan attack speed sebesar 1%.

Efek tersebut masih bisa kamu tingkatkan kembali hingga level 30, namun kamu harus rajin menabung poin di Item Enhancer yang bisa kamu dapatkan setelah selesai match.

Item ini bisa kamu dapatkan baik dengan membelinya dari shop dengan Aeos seharga 1000 Aeos. Opsi lainnya, kamu bisa mendapatkannya secara gratis dengan misi Challenge.

Muscle Band Di Level 10, 20 Dan 30

muscle band pokemon unite tampilan 2
Muscle Band Di Level 20

Di level 10, Muscle Band Pokemon Unite akan memberikan bonus attack dan attack speed masing-masing sebanyak 5 poin dan 2.5%. Di level ini, ada baiknya kalau trainer memasangkannya dengan pokemon attacker yang sudah memiliki attack point yang tinggi saat perubahan wujud pertama.

Di level 20, Muscle Band akan memberi tambahan attack point sebesar 10 dan attack speed sebanyak 5%. Kamu mulai bisa menggunakan item Muscle Band terhadap pokemon dengan skillset physical attack tanpa harus memilah-milah pokemonnya terlebih dulu.

Jika kamu berhasil meningkatkan level Muscle Band hingga level 30, maka pokemon penggunanya akan lebih menghasilkan physical damage dengan attack speed yang GG, yakni tambahan attack sebesar 15 poin dan attack speed hingga 7.5%.

Keuntungan menaikkan level item ini hingga maksimum adalah tambahan attack speed yang semakin meningkat setiap kali pokemon penggunanya menyerang target.

Misalnya, Talonflame yang punya speed tangkas serta physical damage oke jadi makin lebih mantap lagi apabila dipasangkan dengan Muscle Band level maksimum.

Baca juga: Strategi Pokemon Unite “Drednaw” Ini Bisa Buat Kamu Menang Di Setiap Game!

Memanfaatkan Muscle Band Saat Match

Kombinasikan Dengan Shell Bell

muscle band pokemon unite dengan shell bell
Shell Bell Dan Muscle Band

Shell Bell dan Muscle Band Pokemon Unite akan saling melengkapi dalam hal menambah attack dan sp. attack. Kombinasi ini hanya akan berlaku untuk pokemon dengan sp. attack saja.

Dengan Shell Bell level maksimum, pokemon penggunanya akan mendapat tambahan sp. attack sebesar 24 poin. Item ini juga punya efek pasif untuk heal HP hingga 75 poin sesuai dengan status sp. attack pokemon penggunanya.

Jika kamu menduetkan kedua item ini, maka pokemon penggunanya akan kuat secara ofensif dan defensif, khususnya apabila pokemon kamu dijadikan sebagai solo attacker.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa dalam Pokemon Unite, saat kamu mengalahkan pokemon, kamu harus mencetak gol ke keranjang lawan. Duet kedua item ini setidaknya bisa membantu kamu mengumpulkan poin lebih cepat dengan pokemon yang tepat.

Kombinasikan Dengan Choice Specs

muscle band pokemon unite dengan choice specs
Status Choice Specs

Choice Specs sedikit lebih baik daripada Shell Bell karena efek bonusnya dapat memperkuat damage dari sp. attack lebih besar sesuai dengan status sp. attack pokemon penggunanya.

Misalnya, Venusaur yang kamu gunakan punya sp. attack sebesar 500 poin, maka dengan tambahan choice specs level maksimum, sp. attack Venusaur akan menjadi 539 (+39 poin). Dengan adanya bonus sp. attack, Venusaur akan mendapat hingga 599 (+60 poin untuk sp. attack-nya).

Kombinasi Muscle Band dan Choice Specs akan memperkuat para solo attacker sehingga skillset mereka memiliki damage yang berlipat ganda untuk mengalahkan pokemon lawan dengan cepat.

Efektif Untuk Pokemon Physical Attacker

muscle band pokemon unite pokemon attacker
Para Pokemon Attacker

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Muscle Band Pokemon Unite hanya eksklusif untuk pokemon tipe attacker saja, atau pokemon dengan status bawaan physical attack yang mumpuni.

Apabila kamu menggunakan Muscle Band untuk pokemon seperti Blissey, maka Muscle Band tidak akan berguna karena Blissey lebih banyak mengandalkan sp. attack dan support.

Uniknya, Muscle Band bisa tetap kamu gunakan untuk pokemon yang punya role support merangkap attacker, seperti Decidueye. Physical attack Decidueye bisa kamu tingkatkan untuk memperkuat assist attack dari jarak jauh.

Baca juga: 3 Cara Build Wigglytuff Supaya Bisa Tampar-Tampar Pokemon Lawan

5 Pokemon Yang Nyetel Dengan Muscle Band

Lucario

muscle band pokemon unite lucario
Lucario, Pokemon All-Rounder Yang Gesit

Pokemon starter yang banyak sekali digunakan oleh para trainer di Pokemon Unite ini memang punya status attack point bawaan yang cukup besar, yakni 160 poin.

Poin tersebut kian meningkat saat Lucario naik level hingga 15, yakni sebesar 429 poin. Kalau kamu menambahkan Muscle Band sebagai held item untuk pokemon serba bisa ini, maka kamu akan mendapat bonus hingga 444 poin.

Belum lagi kalau Lucario diberi item lain semacam Scope Lens, pastinya setiap serangan Lucario akan berpotensi menciptakan critical damage.

Skill-nya seperti Bone Rush dan Extreme Speed akan makin mantap apabila kamu menduetkan Muscle Band dan Scope Lens karena Lucario bisa dengan cepat mengalahkan targetnya melalui blink attack dan serangan beruntunnya.

Garchomp

muscle band pokemon unite garchomp
Garchomp, Pokemon Dengan Kemampuan Offense Tinggi

Sama seperti Lucario, Muscle Band Pokemon Unite juga akan sangat klop dengan Garchomp yang punya attack point tinggi dari awal.

Garchomp memiliki attack point sebesar 145 dan akan mengalami peningkatan hingga 496 poin di level maksimum. Bedanya dengan Lucario, Garchomp ini lebih lamban dan sulit untuk lepas dari jebakan maupun blink skill pokemon lain.

Namun, Garchomp punya physical defense yang cukup tinggi sehingga ia akan sulit dikalahkan apabila pokemon lawan tidak menggunakan skill atau item yang tepat.

Skill ulti Garchomp dan Earthquake-nya harus diwaspadai karena akan menghasilkan damage cukup parah serta memberi efek stun dan slow. Apabila kedua serangan tersebut ditambah dengan penggunaan Muscle Band dan Scope Lens, sudah pasti targetnya langsung kocar-kacir.

Sebagai rekan tim, Garchomp bisa kamu jadikan sebagai cover dan attacker, namun sebagai pokemon lawan, kamu harus selalu mengalahkannya setiap ada kesempatan.

Baca juga: Build Garchomp Pokemon Unite Paling Sadis: Gerakan Terbaik, Item, Strategi & Lainnya

Snorlax

muscle band pokemon unite snorlax
Snorlax, Pokemon Cover Yang Kokoh

Snorlax punya style of play yang sama dengan Garchomp dalam hal ofensif dan defensif. Kalau kamu sering menghadapi Snorlax, pasti ia selalu dijadikan sebagai cover dan feeder yang agresif dalam match.

Pokemon ini memang kuat di early game, akan tetapi di level maksimumnya, ia punya attack point yang lebih kecil daripada Garchomp dan Lucario.

Peran Muscle Band di sini adalah memastikan Snorlax bisa jadi cover yang agresif untuk menemani attacker tim jungling atau levelling. Di mid hingga late game, biasanya Snorlax selalu fokus ke defense dan banyak mengganggu taktik pokemon lawan.

Serangan Heavy Slam-nya bahkan bisa memberi efek stun selama 1 detik, dan biasanya serangan lanjutan akan dilakukan oleh pokemon attacker. Dengan efek Muscle Band, serangan ini bisa langsung membuat HP pokemon lawan menjadi tipis.

Sisanya, kamu bisa gunakan Unite Move Snorlax untuk memberikan shield dan membuatnya kebal terhadap serangan lawan sembari menghambat jalan mereka.

Skill ini juga bisa digunakan untuk menipu pokemon lawan dengan memencet Unite Move-nya lagi sehingga Snorlax terbangun dan menyerang targetnya secara tiba-tiba.

Baca juga: Simak Build Snorlax Pokemon Unite Terbaik Saat Ini!

Talonflame

muscle band pokemon unite talonflame
Talonflame, Pokemon Dengan Attack Tinggi

Si burung lincah ini akan makin garang ketika dipasangkan dengan Muscle Band Pokemon Unite. Di antara ketiga pokemon di atas, Talonflame yang punya lebih banyak attack point dari early game.

Talonflame memiliki attack point sebesar 170 dan mengalami peningkatan pesat hingga 623 di level maksimumnya. Akan tetapi, Talonflame tidak memiliki defense yang tinggi seperti Garchomp dan Snorlax sehingga ia dapat dengan mudah di-counter dengan serangan beruntun lawan.

Supaya Talonflame tidak dengan mudah di-counter, kamu bisa melengkapi item Muscle Band dengan Buddy Barrier supaya ia bisa bertahan dengan bonus HP dan Shield dari item tersebut.

Skillset Talonflame seperti Flame Charge dan Fly bisa kamu manfaatkan baik untuk menyerang ataupun kabur dari lawan. Flame Charge bisa menambah kecepatan Talonflame, sementara Fly dapat membantunya melarikan diri dari kejaran lawan dengan cepat.

Tsareena

muscle band pokemon unite tsareena
Tsareena, Pokemon Ahli Combo Attack

Secara statistik statusnya, Tsareena punya kemiripan dengan Lucario. Kedua pokemon ini juga memiliki gameplay yang hampir mirip dan bisa ditempatkan di lane manapun.

Bedanya, kalau kamu menggunakan Lucario, kamu akan lebih bisa naik ke arena lawan seorang diri. Sedangkan Tsareena masih harus “digendong” dalam beberapa situasi, contohnya saat menghadapi pokemon lawan yang punya serangan jarak jauh dan burst damage.

Meskipun begitu, Muscle Band bisa menambah kekuatan Tsareena sehingga skill Stomp dan Triple Axel-nya bisa memberi damage lebih.

Bila kamu juga menggunakan Scope Lens, maka Tsareena akan banyak menciptakan serangan critical beruntun. Inilah kelebihan Tsareena yang tidak dimiliki oleh Lucario.

Singkatnya, gunakan Lucario apabila ingin solo attack lane lawan, dan gunakan Tsareena untuk gameplay yang lebih dinamis.

Baca juga: Simak! Build Tsareena Pokemon Unite Ini Bisa Tendang-Tendang Lawan!

Muscle Band Pokemon Unite belum punya tandingan lain dalam hal menambah attack point pokemon penggunanya. Kombinasikan item ini dengan item penambah sp. attack atau critical damage supaya para pokemon attacker jadi makin GG ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!