Simak! Rekomendasi Monitor Terbaik Untuk Segala Keperluan!

Monitor Terbaik

Pemilihan monitor untuk keperluan PC sangatlah penting. Terdapat banyak sekali pilihan monitor yang tersedia di pasaran. Mungkin Vicigers ingin membeli monitor terbaik, namun masih kebingungan dalam memilih. Artikel ini akan membahas monitor terbaik untuk segala keperluan, seperti bermain game, sekedar menonton, hingga keperluan desain grafis.

Monitor kini tersedia dalam layar LED. Saat ini, sudah banyak merek yang telah merilis layar LED. Namun, apa yang membedakan layar LED dengan layar LCD? Tentunya, kesamaan dari kedua jenis layar tersebut adalah menggunakan liquid crystal sehingga mampu membuat gambar dan warna yang jernih. Tapi, layar LED memiliki lebih banyak kelebihan daripada layar LCD.

Baca Juga: Rekomendasi Monitor Gaming Murah 2022

Monitor LED sebagai Monitor Terbaik

Monitor LED vs LCD
LED vs LCD. Source: TingaWinga5

Kelebihan pertama adalah hemat listrik. Berbeda dengan LCD, LED ini mempunyai daya yang mampu menghemat listrik. Hal tersebut terjadi karena adanya lampu neon yang hemat energi. Sehingga, LED menggunakan daya yang lebih rendah sebesar 40% daripada layar LCD.

Kemudian, layar LED lebih ramah lingkungan. Pembuatan LED menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Selain itu, layar LED juga tidak menggunakan timbal dan halogen, karena bahan-bahan tersebut memiliki potensi untuk merusak lingkungan.

Pemilihan barang elektronik pasti mengeluarkan panas, seperti smartphone hingga monitor. Sehingga, menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli produk tersebut. Layar LED tentunya mengeluarkan panas yang jauh lebih rendah daripada layar LCD.

Pengeluaran panas yang lebih rendah kemudian membuat layar LED lebih tahan lama daripada layar LCD. Selain itu, layar yang mengeluarkan panas lebih rendah akan mencegah hubungan arus pendek terjadi. Karena hal tersebut, Vicigers bisa menggunakan layar LED lebih lama daripada layar LCD.

Kelebihan layar LED pastinya ada pada ketajaman warna dan gambar. Monitor dengan jemis layar LED ini memiliki ketajaman hingga jutaan pixel dan kontras yang lebih tajam daripada layar LCD.

Selain itu, kedipan atau flicker menjadi salah satu kelemahan layar LCD. Tapi, monitor dengan jenis layar LED memiliki minim flicker sehingga membuat pengguna nyaman melihat kepada layar tersebut.

Terdapat banyak kegunaan untuk monitor LED, seperti bermain game hingga desain grafis. Untuk memilih monitor terbaik, yuk simak rekomendasi monitor LED terbaik untuk segala keperluan!

Baca Juga: Inilah 5 Monitor PC Terbaik Untuk Bermain Valorant!

Rekomendasi Monitor Terbaik Layar LED

Acer Nitro XV252QF

Acer Nitro
Acer Nitro XV252QF. Source: YouTube/ShortCircuit

Acer mengeluarkan banyak produk elektronik dari laptop hingga monitor untuk PC. Kemampuan produk dari Acer tentunya tidak mengecewakan. Acer menjual Nitro XV252QF dengan jenis layar LED yang bisa Vicigers gunakan untuk keperluan sehari-hari, khususnya gaming.

Acer Nitro XV252QF memiliki branding untuk keperluan bermain game. Seperti nama laptop Acer yakni Acer Nitro, Nitro XV252QF sangat cocok untuk keperluan bermain game. Karena spesifikasi yang luar biasa.

Refresh rate yang menjadi salah satu faktor monitor terbaik. Untuk mode biasa yakni HDMI, Acer Nitro XV252QF menawarkan kecepatan Refresh Rate sebesar 240hz. Untuk mode Display Port, Acer Nitro XV252QF menyediakan Refresh Rate sebesar 360hz.

Resolusi layar Acer Nitro XV252QF pastinya adalah Full HD yakni 1920 x 1080. Ukurannya adalah 24,5 inci dan dimensinya adalah 558 mm x 330 mm x 65 mm. Monitor milik Acer ini memiliki berat yang cukup ringan yakni sekitar 3,5 kg.

Memiliki harga sekitar 5 jutaan, Acer Nitro XV252QF sangat cocok bagi Vicigers yang menginginkan monitor LED terbaik untuk gaming. Keperluan lainnya seperti sekedar menonton film dan desain grafis juga bisa, karena panelnya sudah IPS dan memiliki AMD FreeSync Premium yang mencegah tearing.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Baca Juga: Xiaomi Hadirkan Gaming Monitor Di Mi Fan Festival 2021

Lenovo ThinkVision M14

Lenovo ThinkVision M14
Lenovo ThinkVision M14. Source: YouTube/Lon.TV

Lenovo kembali berinovasi dan mengeluarkan monitor yang portabel bernama Lenovo ThinkVision M14. Tentunya dengan layar LED, laptop ini dapat dibawa berpergian dan pastinya sangat tipis dan ringan. Ketebalan laptop portabel ini adalah 4,4 mm dan memiliki berat sebesar 570 gram. Layarnya yang sudah memiliki panel IPS ini memiliki resolusi FHD yakni 1920 x 1080 dan ukuran layarnya adalah 14 inci, berbeda dengan desktop lainnya.

Lenovo ThinkVision M14 ini masuk dalam kategori rekomendasi monitor terbaik dalam kelasnya yakni monitor portabel. Vicigers bisa menghubungkan Lenovo ThinkVision M14 dengan laptop dengan USB tipe C, mungkin untuk keperluan pekerjaan dan keperluan traveling.

Dengan harga sekitar 3 jutaan, Lenovo ThinkVision M14 sangat worth it untuk Vicigers yang memiliki keperluan traveling. Maka dari itu, Lenovo ThinkVision M14 masuk dalam rekomendasi monitor terbaik.

Dell UltraSharp 27 4K PremierColor

Dell UltraSharp
Dell UltraSharp. Source: YouTube/Created Tech

Dell UltraSharp 27 4k PremierColor adalah salah satu monitor LED yang memiliki tingkat kualitas luar biasa. Produk dari Dell ini memiliki fitur built-in colorimeter yang mampu melakukan kalibrasi layar kapanpun pengguna mau.

Warna yang tersedia dalam layar ini sangat akurat dan tentunya layar LED ini sangat cocok untuk seseorang yang bekerja dalam bidang visual seperti fotografer, videografer, hingga desain grafis.

Resolusi layarnya juga membuat produk ini sangat cocok untuk pekerja dalam bidang visual, karena memiliki resolusi layar yakni Ultra HD 4K atau 3840 x 2160. Kerapatan pixelnya juga sebesar 163ppi. Kontrasnya juga mengesankan, dari putih paling terang hingga warna yang sangat gelap.

Fitur lain dari produk oleh Dell ini adalah Thunderbolt 3, yang membuat Vicigers bisa menghubungkan laptop ke Dell UltraSharp untuk berbagai keperluan seperti fast charging, hingga 90W.

Dell UltraSharp adalah salah satu produk yang memiliki resolusi layar 4K. Selain itu, Dell UltraSharp juga memiliki banyak fitur yang sangat berguna sehingga harga yang tersedia cukup mahal, yakni sekitar 23,3 juta rupiah.

Apple Pro Display XDR

Apple Pro Display XDR
Apple Pro Display XDR. Source: YouTube/Linus Tech Tips

Apple Pro Display XDR memiliki layar Retina 6K dan ukurannya adalah 32 inci, pertama di dunia. Semua spesifikasi dari Apple Pro Display XDR sangat mengagumkan, seperti kecerahannya yakni 1.600 nit dan memiliki lebih dari satu miliar warna.

XDR atau Extreme Dynamic Range menunjukkan bahwa terdapat rentang dinamid yang melampaui HDR. Kerapatan pixel yang mencapai 218ppi mampu menghasilkan gambar yang sangat tajam dan detail.

Dengan harga Rp. 71,8 juta, Vicigers bisa memiliki Apple Pro Display XDR, monitor terbaik untuk keperluan visual atau desain grafis.

Untuk keperluan gaming, yuk kunjungi VC Market by VCGamers! Nikmati promo dan cashback yang tersedia!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID