Minecraft: Pocket Edition, Gameplay, dan Cara Download Gratis!


Minecraft Pocket Edition
Promo Mobile Legends
Promo Mobile Legends

Minecraft memiliki berbagai versi, salah satunya adalah Pocket Edition. Para penggemar Minecraft bisa bermain game tersebut melalui perangkat smartphone berkat adanya versi Pocket Edition.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang Minecraft: Pocket Edition atau Minecraft PE. Lebih tepatnya, artikel ini akan mengulas lengkap Minecraft PE seperti gameplay dan cara mengunduh Minecraft untuk perangkat smartphone Vicigers.

Sebelum membahas tentang gameplay dan cara download, yuk simak penjelasan tentang sejarah Minecraft PE di bawah ini!

Baca Juga: Cara Menghilangkan Air di Minecraft, 100% Berhasil!

Sejarah Minecraft: Pocket Edition

Sejarah Minecraft Pocket Edition
Tampilan Main Menu Minecraft Pocket Edition. Sumber: Minecraft Wiki

Minecraft: Pocket Edition atau Minecraft PE merupakan judul game sebelum adanya Minecraft Bedrock Edition yang dikembangkan oleh Mojang Studios. Game tersebut khusus dikembangkan untuk perangkat smartphone sebelum versi 1.2.0 dan versi selanjutnya sebagai Pocket Edition.

Setelah berbagai update, akhirnya Minecraft PE berubah nama menjadi Minecraft biasa, khususnya setelah update bernama Better Together.

Namun, Mojang memutuskan bahwa harus ada pembeda antara kedua versi tersebut sehingga Minecraft PE untuk PC berubah nama menjadi Bedrock Edition.

Minecraft PE awalnya rilis hanya untuk Xperia Play untuk US$6.99 di Play Store pada bulan Agustus 2011. Setelah itu, Minecraft PE rilis untuk perangkat Android lainnya pada bulan Oktober 2011 dan untuk iOS pada bulan November pada tahun yang sama.

Meskipun sudah rilis pada tahun 2011, Mojang baru memberikan update sepenuhnya terhadap Minecraft PE pada tahun 2016. Pada tahun tersebut, Mojang memberikan update Ender yang berisikan tentang wilayah The End untuk membunuh Ender Dragon.

Baca Juga: Fungsi Bambu Di Minecraft Untuk Update 1.20

Gameplay

Minecraft Pocket Edition Gameplay
Minecraft Pocket Edition Gameplay. Sumber: YouTube/KruGames

Objektif dan gameplay Minecraft PE masih sama dengan Minecraft versi Java dan Legacy Console. Pemain akan membuat berbagai macam bangunan sesuai dengan keingnan di dunia terbuka yang hampir tidak terbatas.

Seperti versi lainnya, Minecraft PE juga memiliki elemen bertahan hidup seperti hunger, brewing, Nether, dan The End untuk pengalaman bermain Minecraft yang lebih imersif di perangkat smartphone Android dan Apple.

Minecraft PE juga memiliki mode multiplayer. Uniknya, mode multiplayer ini menawarkan fitur cross-play yang berarti kamu bisa bermain dengan pemain lainnya yang menggunakan device berbeda.

Namun, fitur cross-play tersebut bukan berarti kamu bisa bermain dengan teman yang memainkan Minecraft versi Java. Sehingga, fitur cross-play hanya untuk pemain dengan Minecraft versi Pocket Edition.

Ketika menambahkan versi untuk smartphone, Mojang pastinya memperhatikan mengenai adaptasi yang harus dilakukan agar kontrol di smartphone lebih nyaman.

Salah satunya adalah ketika pemain melihat suatu block, maka block tersebut akan ter-highlight. Terlebih, sistem untuk crafting juga dipermudah dengan memperlihatkan resep.

Perubahan Nama Menjadi Minecraft

Update Better Together
Update Better Together. Sumber: Minecraft Wiki

Awalnya, Minecraft Pocket Edition merupakan Minecraft khusus untuk para pengguna smartphone. Namun, seiring berjalannya waktu, Minecraft PE merubah nama menjadi Minecraft Bedrock Edition.

Berdasarkan informasi dari Minecraft Wiki, Minecraft Bedrock Edition kemudian berubah nama lagi menjadi Minecraft biasa. Perubahan nama tersebut terjadi setelah adanya update bernama Better Together pada tahun 2017.

Update Better Together kemudian menjadi update yang merubah judul Minecraft untuk smartphone menjadi Minecraft biasa. Jika kamu menulusuri “Minecraft Pocket Edition” di Play Store, maka yang akan muncul hanyalah Minecraft biasa.

Sebagai kesimpulan, kamu tidak bisa bermain Minecraft Pocket Edition lagi karena sudah tidak ada berkat update bernama Better Together.

Saat ini, para pecinta Minecraft masih bisa bermain game tersebut di smartphone masing-masing, namun namanya saja yang berubah menjadi Minecraft biasa.

Baca Juga: Daftar Texture Pack Minecraft Paling Bagus 2022

Cara Download Minecraft: Pocket Edition

Minecraft Pocket Edition Trial
Minecraft Versi Trial. Sumber: Play Store

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah dua cara mudah untuk mengunduh game Minecraft PE. Namun, kamu perlu mengingat bahwa Minecraft PE sudah tidak ada lagi karena perubahan nama menjadi Minecraft biasa.

Untuk download Minecraft PE, kamu bisa mengunduhnya langsung di Play Store untuk Android dan App Store untuk para pengguna smartphone Apple.

Mojang sebagai developer game tersebut masih mendaftarkan Minecraft di halaman Play Store sehingga para pecinta Minecraft PE masih bisa memainkan Minecraft di smartphone kalian masing-masing.

Sayangnya, untuk download Minecraft masih berbayar. Saat ini, kamu bisa membayar sebesar Rp. 109,000 untuk bisa mengunduh Minecraft melalui Play Store dan memainkannya di smartphone Android.

Jika kamu belum yakin sebelum membeli, maka kamu bisa mencoba terlebih dahulu dengan memainkan Minecraft Trial. Minecraft Trial juga tersedia di Play Store sehingga kamu bisa mencoba terlebih dahulu secara gratis.

Baca Juga: Cara Download Pixelmon Minecraft Terbaru 2022

Kesimpulan

Gameplay Minecraft PE
Gameplay Minecraft PE. Sumber: YouTube/RageElixir

Minecraft: Pocket Edition adalah Minecraft untuk perangkat mobile yakni Android dan iOS. Seiring berjalannya waktu dan update yang diterapkan, Minecraft PE berubah nama menjadi Minecraft.

Gameplay yang tersedia untuk Minecraft versi smartphone cukup sama dengan Minecraft Java. Namun, terdapat penyesuaian yang Mojang lakukan demi kenyamanan bermain di perangkat smartphone.

Kamu bisa mengunduh Minecraft PE di Play Store dan App Store, namun kamu harus membayar untuk bisa mengunduh Minecraft. Maka dari itu, Minecraft bukanlah game gratis jika kamu ingin menikmati semua fitur yang tersedia.

Meskipun berbayar, kamu masih bisa mencoba untuk bermain Minecraft melalui Minecraft Trial. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah kamu menyukai gameplay Minecraft atau tidak.

Demikian pembahasan mengenai Minecraft PE. Penuhi kebutuhan top up game dan saldo Google Play untuk membeli Minecraft hanya di VCGamers Marketplace!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID