MetaMask Adalah Wallet Crypto, Ini Kelebihannya!


Logo MetaMask

Bagi kamu yang sudah menekuni trading dan investasi cryptocurrency, pastinya sudah mengenali wallet atau dompet crypto seperti MetaMask wallet.

Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai MetaMask sebagai wallet crypto yang bisa kamu gunakan sebagai dompet untuk trading dan investasi cryptocurrency.

Baca Juga: Cara Transfer Aset Kripto dari Indodax ke Trust Wallet

MetaMask Wallet

Definisi MetaMask Adalah
Poster MetaMask. Sumber: metamask.io

MetaMask wallet merupakan plugin browser yang memiliki fungsi sebagai wallet crypto yang berbasis Ethereum. Kamu bisa menggunakan wallet crypto tersebut tanpa biaya atau gratis.

Meskpun utamanya adalah sebagai browser plugin, kamu juga bisa menggunakannya melalui perangkat smartphone dengan basis iOS dan Android.

Kamu bisa menyimpan berbagai token aset crypto dan tentunya token ERC-20 lainnya. Maka dari itu, wallet crypto ini bisa memberikan efisiensi untuk pengguna dengan adanya fitur transaksi ke semua alamat Ethereum.

Wallet crypto satu ini terhubung dengan aplikasi yang terdesentralisasi atau Dapps dan berbagai marketplace NFT sehingga kamu sebagai pengguna bisa melakukan banyak jenis transaksi.

Jenis transaksi tersebut bisa berupa pembelian NFT, menyimpan keuntungan dari game dengan basis NFT, bergabung dengan metaverse, dan tentunya transaksi aset crypto.

Setelah mengetahui apa itu MetaMask wallet, berikut adalah kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan crypto wallet ini. Yuk simak penjelasan kelebihannya di bawah ini!

Baca Juga: Cara Beli Crypto di Indodax dengan Mudah

Kelebihan MetaMask

Definisi MetaMask Kelebihan
Ilustrasi MetaMask. Sumber: YouTube/MetaMask

Terdapat berbagai kelebihan yang bisa kamu temukan ketika menggunakan wallet crypto ini. Kelebihan pertama adalah tersedia bagi kamu yang menggunakan browser dan smartphone Android dan iOS.

Terlebih, kamu juga bisa melakukan sinkronisasi antara plugin browser dan aplikasi yang tersedia pada smartphone pribadi.

Selain itu, kelebihan dari wallet ini yakni bersifat open source. Hal tersebut berarti bahwa terdapat komunitas developer yang besar untuk berkontribusi terhadap pengembangan aplikasi wallet crypto ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, keperluan browsing DApps dan game NFT juga akan dipermudah karena kamu bisa melakukan transaksi koleksi NFT.

Kelebihan lainnya adalah crypto wallet ini bisa mengintegrasikan transaksi ShapeShift dan Coinbase untuk memudahkan transaksi berbagai token ERC-20 dan ETH.

Mengintegrasikan pertukaran ShapeShift dan Coinbase untuk memudahkan pertukaran ETH dan token ERC-20 lainnya.

MetaMask juga terintegrasi dengan perangkat Ledger, sehingga kamu bisa melakukan peer-to-peer token swap dari crypto wallet ini tanpa harus berinteraksi dengan perantara.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Baca Juga: Cara Dapat Crypto Di Game NFT Plant Vs Undead

Keamanan MetaMask

MetaMask Mobile
Tampilan Mobile. Sumber: Kompasiana

Setelah mengetahui keuntungan dari menggunakan wallet crypto ini, mungkin kamu penasaran mengenai keamanan ketika menggunakan MetaMask wallet.

Kamu bisa mengakses MetaMask secara online dan nyatanya, plugin browser tersebut membatasi keamanannya dibanding wallet lain seperti Ledger dan Trezor.

Namun, tingkat keamanan crypto wallet ini bisa mengalahkan aplikasi wallet lainnya dan tentunya bisa menjadi kelebihan dan pertimbangan ketika ingin menggunakan wallet crypto.

Selain aman, developer juga memberikan kemudahan ketika kamu mengakses dunia Ethereum DApp karena ketersediannya yang mudah kamu gunakan di platform smartphone dan juga PC atau desktop.

Tanpa adanya MetaMask, maka sektor keuangan yang terdesentralisasi akan sulit berkembang hingga sejauh ini.

Menurut website MetaMask, seluruh data pribadi terlindungi dan terenkripsi pada browser dan password pengguna.

Cara Membuat Crypto Wallet

Tampilan Halaman Utama
Halaman Utama Website. Sumber: metamask.io

Bila kamu tertarik, berikut adalah cara yang mudah untuk membuat akun MetaMask Wallet. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Unduh dan Install MetaMask Wallet.
  2. Buka Halaman Utama dalam aplikasi.
  3. Pilih Get Started.
  4. Untuk pendaftaran akun baru, klik Create a Wallet dan I Agree.
  5. Input password.
  6. Ulangi password tersebut.
  7. Klik centang Term of Use dan pilih Create.
  8. Input phrase seed rahasia dalam halaman Secret Recovery Phrase.
  9. Simpan phrase seed kamu di tempat yang aman agar tidak lupa.
  10. Pilih Next.
  11. Input phrase seed yang barusan kamu input.
  12. Akun MetaMask kamu sudah terbuat.

Kamu perlu mengingat 12 frasa phrase seed tadi agar bisa memberikan akses terhadap wallet crypto di berbagai platform.

Maka dari itu, simpan phrase seed dan jangan sampai hilang. Bila kamu kehilangan phrase seed, maka kamu tidak bisa mengakses kembali wallet crypto tersebut.

VCGamers telah merilis aset crypto dengan nama $VCG Token yang beroperasi pada jaringan Ethereum (ERC 20) dan Binance Smart Chain (BEP 20).

$VCG Token sudah terdaftar secara resmi di Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan Kementerian Perdagangan RI sebagai aset kripto yang diperdagangkan di pasar fisik aset crypto.

Saat ini, $VCG Token sudah listing di berbagai CEX atau Centralized Exchange dan DEX atau Decentralized Exchange yakni Pancakeswap, Uniswap, BitMart, dan Indodax.

Tidak hanya itu, $VCG Token menjadi mata uang resmi dalam metaverse pertama di Indonesia yakni RansVerse dengan kolaborasi VCGamers, RANS Entertainment, Shinta VR, dan UpBanx.

Ikuti terus Update $VCG Token hanya di VC News.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID