Menjajal Asphalt 9 Android, Kesempurnaan Visual Game Balap

Game Asphalt tentu begitu akrab bagi para gamer mobile. Game Asphalt kali pertama diluncurkan tahun 2004 khusus untuk ponsel Nokia N-Gage. Visual 3D yang ditampilkan memang benar-benar mengesankan di era itu. Seri Asphalt berikutnya pun mulai menyuguhkan kualitas visual lebih bagus, kendaraan tipe terbaru, ditambah lintasan terbaru. Kini, di zaman smartphone, pengembang menghadirkan Asphalt 9 Android.

Mengandalkan spesifikasi smartphone Android yang kuat saat ini, game Asphalt 9 tentunya juga menghadirkan berbagai hal memukau sebagaimana Asphalt N-Gage di masa itu.

Grafis Mengagumkan

Tampilan adalah keunggulan yang coba disuguhkan game seri Asphalt. Asphalt 9 pun begitu, mengusung visual yang sangat memanjakan mata pemain. Asphalt 9 boleh jadi sebagai game paling bagus dalam hal tampilan untuk perangkat mobile sekarang ini. Menyuguhkan tampilan yang seolah-olah pemain ada di belakang kemudi dan mengendarai mobil berkecepatan tinggi tentu tak mudah. Namun itu mampu diberikan oleh Asphalt 9.

Tampilan motion blur yang diaplikasikan ke seluruh layar, selain mobil akan menghasilkan pengalaman visual yang sangat seru. Untuk pencahayaan  menggunakan efek HDR dapat menghasilkan suasana yang terlihat hidup. Lalu ada efek bloom dimana akan menghasilkan bagian yang cerah akan terlihat menonjol dari sekelilingnya. Sentuhan cahaya crepuscular atau god ray diaplikasikan guna menghasilkan poros cahaya yang masuk dari celah dan di sekeliling tepian di depan sumber cahaya.

Asphalt 9 pun berorientasi pada efek partikel. Misalnya, kendaraan akan menghasilkan percikan api tiap kali saling serempet atau menyenggol pembatas track. Kemudian obyek di jalanan pun akan hancur berhamburan ke mana-mana ketika terlindas ban kendaraan. Yang juga sangat seru, tetes air akan menciprat ke layar lalu perlahan mengering. Ditemukan pula efek luar biasa yang lain, misalnya flare lensa untuk cahaya matahari atau ujung knalpot ketika menyemburkan api saat nitro dinyalakan.

Gameplay TouchDrive

Asphalt 9 menghadirkan perubahan cukup signifikan sekaligus kontroversial untuk kontrol. Kendali built-in dinamakan TouchDrive namun pemain hanya punya sedikit navigasi ke kendaraan yang digunakan. Jadi saat kendaraan balap melakukan akselerasi, melakukan pengereman atau berbalik arah, itu sudah otomatis. Yang dapat dijalankan pemain cuma melakukan drift, mengaktifkan NOS serta menentukan jalur yang caranya cukup gulir layar. Bila tersedia pilihan jalur maka otomatis menu perpindahan jalur akan ditampilkan. Pemain bisa menggulir ke kanan atau kiri saat ingin menentukan jalur yang diinginkan.

Bila kurang suka, pemain bisa mematikan opsi TouchDrive. Namun pilihan lainnya bukan mode manual. Di pilihan lain ini pemain dapat mengontrol kendali cukup dengan menyentuh atau memiringkan layar. Pemain tak bisa mengatur akselerator maupun rem dalam Asphalt 9 ini. Itu artinya, pemain akan berada dalam mode Auto Pilot. Dalam mode tersebut pemain cuma dapat membelokkan dan juga mempertahankan kendaraan tetap berada di jalurnya.

Naik Level dengan Blueprint

Agar bisa meraih kemenangan dalam balapan, pemain memerlukan kendaraan yang handal. Karena itu pemain membutuhkan semacam blueprint agar memperoleh mobil tipe tertentu yang lebih hebat. Blueprint itu hanya bisa didapatkan bila pemain memenangkan balapan. Nah saat blueprint sudah mencukupi maka pemain langsung dapat membuka kunci mobil itu. Pemain pun bisa membeli blueprint namun harganya memang cukup mahal.

Tak cuma kendali auto pilot, Asphalt 9 pun tak menawarkan fitur Restart. Oleh karena itu bila pemain berhenti di tengah race akibatnya adalah hilangnya 1 bahan bakar. Sesudah menghabiskan seluruh bahan bakar untuk mengikuti race, pemain mesti menunggu bahan bakar diisi agar dapat meneruskan balapan. Bila mau prosesnya dipercepat maka pemain bisa beralih ke mobil lain, memutar iklan yang tersedia, atau membelinya menggunakan uang sungguhan.

Perlu dipahami jika Asphalt 9 adalah game online sehingga permainan hanya bisa berjalan jika ponsel ada koneksi internet. Sementara untuk urusan suara latar, game Asphalt 9 menawarkan kombinasi yang cukup bagus dari musik elektronik yang disesuaikan dengan aksi di layar.

Nah, bila memang sedang mencari game balapan dengan tampilan nyaris sempurna, Asphalt 9 menjadi pilihan terbaiknya. Hanya saja ada sedikit kekurangan terutama untuk kontrol kendaraan yang tak begitu seru. Kemampuan pemain tak tereksplorasi dengan baik sebab sebagian besar berjalan hampir otomatis.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.