Menikmati Teknologi Ilusi Optik dalam Game Monument Valley

Keberadaan game dari Ustwo ini sukses memberikan angin segar bagi variasi mobile gaming. Monument Valley merupakan game yang beda dari lazimnya. Monument Valley merupakan game dengan konsep puzzle adventure yang mengisahkan perjalanan Ida yaitu seorang putri untuk menemukan jati diri yang sebenarnya. Game ini memang bukan game dengan penekanan di kekuatan ceritanya, namun artistik visual sekaligus tipe puzzle yang digunakan.

Impossible Object

Monument Valley menggunakan kontrol tap to move dimana perjalanan pemain berawal dari berjalan di sebuah path yang didesain dengan sangat bagus. Path tersebut divisualkan menurut kaidah impossible object, variasi ilusi optik dengan menginterpretasikan benda 2 D ke obyek 3 D. Nyaris tiap stage yang ditemui di Monument Valley memakai impossible object untuk core puzzle yang diterapkan.

Teknologi Ilusi optik tersebut mengharuskan pemain bisa berpikir dan melihat obyek berbeda dari tiap arah. Misalnya di level 5, pemain belum dapat mengamati secara jelas, tangga yang tersedia tersusun dari berbagai potongan platform. Akan tetapi sesudah pemain memutar bangunan itu secara betul, pemain dapat mengetahui jika potongan tersebut bakal membentuk satu kesatuan utuh sebagai suatu tangga. Sudut pandang pemain ketika mengamati akan mempengaruhi posisi obyek yang nampak.

Di samping impossible object, pemain pun menjumpai yang disebut tombol. Tombol tersebut berguna untuk mengakses path atau obyek tersembunyi lain yang berfungsi dalam membuka tahap berikutnya dari puzzle yang disediakan. Pemain Monument Valley pun akan menjumpai 2 tipe peranti pemutar platform, tipe pertama yaitu pemutar yang dapat dimainkan setiap saat jika pemain menginginkan. Sementara tipe selanjutnya yaitu pemutar yang cuma dapat dimainkan tanpa keberadaan Ida di atas platform yang dimainkan.

Tanpa Game Over

Pemain tak akan mengalami game over di Monument Valley, akan tetapi sepertinya sebuah permainan menjadi tak begitu seru bila tak adanya karakter antagonis. Ida punya penghalang berbentuk burung gagak hitam. Kendati gagak itu menjadi penghalang, namun tak akan mengakibatkan pemain game over. Burung itu cuma akan menghalangi langkah pemain saja. Terkadang pemain malah dituntut untuk menggunakan gagak hitam tersebut dalam memudahkan Ida melaju menuju scene berikutnya.

Tenang, #adavcgamers yang bisa memenuhi kebutuhan game kamu. Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik.

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Add a comment