Menikmati Teknologi Ilusi Optik dalam Game Monument Valley

Keberadaan game dari Ustwo ini sukses memberikan angin segar bagi variasi mobile gaming. Monument Valley merupakan game yang beda dari lazimnya. Monument Valley merupakan game dengan konsep puzzle adventure yang mengisahkan perjalanan Ida yaitu seorang putri untuk menemukan jati diri yang sebenarnya. Game ini memang bukan game dengan penekanan di kekuatan ceritanya, namun artistik visual sekaligus tipe puzzle yang digunakan.

Impossible Object

Monument Valley menggunakan kontrol tap to move dimana perjalanan pemain berawal dari berjalan di sebuah path yang didesain dengan sangat bagus. Path tersebut divisualkan menurut kaidah impossible object, variasi ilusi optik dengan menginterpretasikan benda 2 D ke obyek 3 D. Nyaris tiap stage yang ditemui di Monument Valley memakai impossible object untuk core puzzle yang diterapkan.

Teknologi Ilusi optik tersebut mengharuskan pemain bisa berpikir dan melihat obyek berbeda dari tiap arah. Misalnya di level 5, pemain belum dapat mengamati secara jelas, tangga yang tersedia tersusun dari berbagai potongan platform. Akan tetapi sesudah pemain memutar bangunan itu secara betul, pemain dapat mengetahui jika potongan tersebut bakal membentuk satu kesatuan utuh sebagai suatu tangga. Sudut pandang pemain ketika mengamati akan mempengaruhi posisi obyek yang nampak.

Di samping impossible object, pemain pun menjumpai yang disebut tombol. Tombol tersebut berguna untuk mengakses path atau obyek tersembunyi lain yang berfungsi dalam membuka tahap berikutnya dari puzzle yang disediakan. Pemain Monument Valley pun akan menjumpai 2 tipe peranti pemutar platform, tipe pertama yaitu pemutar yang dapat dimainkan setiap saat jika pemain menginginkan. Sementara tipe selanjutnya yaitu pemutar yang cuma dapat dimainkan tanpa keberadaan Ida di atas platform yang dimainkan.

Tanpa Game Over

Pemain tak akan mengalami game over di Monument Valley, akan tetapi sepertinya sebuah permainan menjadi tak begitu seru bila tak adanya karakter antagonis. Ida punya penghalang berbentuk burung gagak hitam. Kendati gagak itu menjadi penghalang, namun tak akan mengakibatkan pemain game over. Burung itu cuma akan menghalangi langkah pemain saja. Terkadang pemain malah dituntut untuk menggunakan gagak hitam tersebut dalam memudahkan Ida melaju menuju scene berikutnya.

Monument Valley merupakan permainan mengenai pengalaman istimewa yang mesti dirasakan sendiri. Pemain dapat menikmati detik demi detik menuntaskan tiap stage secara santai. Tiap level yang disediakan dalam Monument Valley dirancang secara menarik dan tak seperti kebanyakan. Pemain tak bakal mengalami aktifitas berulang dalam game ini. Segala alur puzzle telah didesain secara cerdik dan tak setiap puzzle divisualkan di satu scene (adegan), pemain boleh saja menuntaskan beberapa puzzle lebih dulu agar bisa mengakses puzzle berikutnya.

Cukup 10 Level

Monument Valley boleh jadi tidak suatu game yang dapat dinikmati untuk waktu lama. Total level di Monument Valley memang tak banyak, cuma ada 10 saja. Akan tetapi kebanyakan level tersusun atas lebih dari 1 scene. Pemain dengan otak brilian mungkin saja dapat merampungkan game ini cukup dengan waktu 90 menit saja atau malah kurang, yang mana waktu yang dibutuhkan dalam menuntaskan tiap stage rata-rata 15 menit sesuai level kesulitan dan kecakapan bermain.

Grafis 2D yang Memukau

Dari sisi grafis, keunggulan visual Monument Valley memang tak usah dipertanyakan lagi. Game ini digambarkan dengan grafis 2D yang mulus, misalnya air yang digambarkan menggunakan model low poly dan pastinya visualisasi impossible object yang brilian. Monument Valley merupakan game yang betul-betul berkelas dilihat dari sisi gameplay dan juga grafis. Yang membuatnya layak dianugerahkan sebagai salah satu calon game of the year di tahun 2014 silam.

Game Premium

Monument Valley dapat diunduh dengan membayar sebesar Rp 45.000 baik di toko aplikasi Apple App Store maupun Play Store untuk Android.  Apabila pemain sedang memilih game yang mampu memberikan sebuah sensasi istimewa yang singkat akan tetapi mendetil, sangat menyenangkan bila memilih Monument Valley ini.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.