Cara Menghilangkan Air di Minecraft, 100% Berhasil!


Menghilangkan Air di Minecraft.
Promo Mobile Legends
Promo Mobile Legends

Air menjadi salah satu hal yang terkadang menyebalkan di dalam Game Minecraft.  Maka dari itu, penulis ingin memberikan beberapa cara untuk menghilangkan air di Minecraft.

Penasaran apa saja caranya?  Simak di bawah ini!

Baca Juga: Cara Download Minecraft PC Java Edition 2022

Air di game Minecraft

Menghilangkan Air di Minecraft.
Minecraft Berenang di Air. Sumber: VCGamers.

Bicara soal air di game Minecraft adalah hal yang cukup sulit.  Meski kamu bisa mengontrolnya, tapi bukan berarti dia tidak bisa membuat kamu repot, bukan?

Air adalah salah satu dari dua benda fluid (satunya lagi Lava) yang ada di Minecraft.  Kamu bisa menemukannya di banyak tempat, seperti danau, sungai, laut, hingga bawah tanah.

Sebuah fakta menarik adalah warna Air di setiap bioma Minecraft itu berbeda-beda.  Di perairan yang hangat dengan batu koral memiliki air berwarna biru muda, Deep Ocean memiliki warna biru gelap, dan di Swamp memiliki warna kehijauan.

Jika kamu menaruh air di permukaan tanah, ia akan menyebar dengan radius mencapai tujuh blok dengan ukuran yang semakin mengecil.  

Fungsi dari air di game Minecraft ada banyak.  Kamu bisa gunakan untuk berenang, kebutuhan berkebun, menghancurkan non-full block (rumput dan bunga), menahan ledakan, hingga MLG (Major League Gaming).

Jika kamu terjatuh dari ketinggian, selama permukaan blok di bawah kamu tertutup fluid (air atau lava), kamu tidak akan terkena fall damage sama sekali!

Setelah mengenal cukup banyak soal air, kini penulis ingin memberitahukan caran menghilangkan air di Minecraft.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Peta Harta Karun Di Minecraft

Cara Menghilangkan Air di game Minecraft

Untuk menghilangkan air, penulis menemukan empat buah cara yang bisa kamu lakukan.  Jika kamu menemukan cara lain yang bisa menghilangkan air di Minecraft, silakan tulis di kolom komentar.

Menutupnya dengan Block lain

Menghilangkan Air di Minecraft.
Remove Water Minecraft With Other Blocks. Sumber: VCGamers.

Menutupnya dengan Block lain adalah hal termudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan air di game Minecraft.  Yang kamu perlukan hanyalah full block seperti Dirt, Sand, Gravel, atau Cobblestone.

Dengan menaruh full block tepat pada air membuat air pada blok tersebut menghilang.  Seperti pada .gif di atas.

Jika kamu menghancurkan blok yang kamu taruh sebelumnya, maka air tidak akan muncul lagi.

Baca Juga: 5 Blok Minecraft Terbaik Yang Harus Selalu Kamu Bawa

Cara Menghilangkan Air di Minecraft – Mengambilnya Dengan Bucket

Menghilangkan Air di Minecraft.
Remove Water Minecraft With Bucket. Sumber: VCGamers.

Cara kedua adalah mengambilnya menggunakan Bucket.  Kamu bisa membuat Bucket dengan tiga buah iron di crafting table.  Setelah membuatnya, kamu bisa meng-klik kanan pada sebuah blok air yang utuh.

Air tersebut kemudian akan berpindah dari tempat kamu mengambil ke dalam Bucket kamu dan menjadi Water Bucket.  Kamu bisa membuangnya ke tempat lain atau ke tempat blok air yang utuh.

Tapi, pastikan kamu mengambil air saat tidak ada blok air di dekatnya.  Pada Gif di atas memperlihatkan kalau penulis berhasil menghilangkan air menggunakan Bucket.  Tapi tiba-tiba tempat tersebut terisi kembali oleh air.

Alasannya adalah jika terdapat blok kosong di sekitar full blok air, maka air akan mengalir.  Tapi jika ada dua aliran air saling bertemu dengan posisi berdekatan, maka di pertemuan tersebut akan membentuk satu full blok air.

Terlihat rumit, tapi kalau kamu sudah bermain cukup lama, pasti kamu akan mengerti.

Menukarnya Dengan Lava

Remove Water Minecraft Replace Water With Lava.  Sumber: VCGamers.

Ketiga adalah menggunakan Lava.  Jujur, menggunakan Lava sebenarnya dapat menghilangkan air, namun kamu harus berhati-hati.

Jika kamu melihat .Gif di atas, jika hanya ada satu blok air dan kamu menumpuknya dengan lava, maka air tersebut akan berganti dengan lava.

Tapi, jika kamu melakukannya dengan salah, maka air atau lava akan berubah menjadi sebuah blok baru.

  • Jika ada full blok lava terkena spreading water, lava akan menjadi obsidian
  • Jika ada spreading water terkena spreading lava, maka di titik pertemuan mereka akan terbentuk blok cobblestone.  Cara ini sering digunakan untuk membuat Cobblestone Generator.
  • Jika ada full blok air terkena spreading lava, maka air akan menjadi stone

Ya, metode ini dapat menghilangkan air, namun menjadikannya sebuah blok baru.  Setelah menjadi stone, kamh hanya perlu menghancurkannya dengan pickaxe.

Baca Juga: Cara Membuat Cobblestone Generator dengan Mudah

Cara Menghilangkan Air di Minecraft – Menggunakan Sponge

Menghilangkan Air di Minecraft.
Sponge Remove Water Minecraft. Sumber: VCGamers.

Ini adalah cara terakhir, termudah, sekaligus tersulit.  Sponge adalah sebuah blok yang bisa menyerap air di dalam radius 7x7x7 blok, yang artinya jangkauan penyerapannya sangat luas.

Jika telah menyerap air, Sponge akan berubah menjadi Wet Sponge.  Untuk menggunakannya kembali, kamu harus membakarnya menggunakan Furnace.

Tapi masalahnya, mendapatkan Sponge di dunia survival terhitung sulit.  Hanya ada dua sumber blok sponge di dunia Minecraft: Ocean Monument dan Elder Guardian.

Ocean Monument menyediakan lebih dari 12 blok sponge yang bisa kamu peroleh menggunakan hoe tools.  Sedangkan setiap Elder Guardian akan memberikan drop satu sponge.

Penutup

Itulah empat cara untuk menghilangkan air di dalam game Minecraft.  Jika kamu menemukan cara lain untuk menghilangkan air di Minecraft, silakan tulis di kolom komentar.

Jadi, cara mana yang akan kamu gunakan?

Penuhi kebutuhan Steam Wallet kamu dengan Top-Up melalui VCGamers Marketplace dari VCGamers dan dapatkan promo menarik lainnya!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID