Mengenal Privatekey Dalam Dunia Crypto


privatekey

Semua cryptocurrency, termasuk Bitcoin dan Ethereum, menggunakan privatekey  sebagai perangkat keamanan dalam sistem blockchain mereka.

Teknologi Blockchain dirancang untuk merangkul privasi. Kriptografi adalah enkripsi alamat dan data lainnya dengan operasi matematika komputer yang canggih. 

Kriptografi adalah bagian sentral dari mekanisme untuk mengamankan transaksi mata uang kripto. Akibatnya, aset digital ini disebut cryptocurrency yang di Indonesia adalah cryptocurrency. Akses pengguna ke blockchain menggunakan teknik khusus yang disebut kriptografi privatekey.

Prosesnya dimulai dengan privatekey pengguna, yang merupakan rangkaian panjang angka dan huruf yang digunakan untuk nomor akun saat berinteraksi dengan blockchain sebagai dasar kripto. Informasi yang ditujukan untuk pengguna dienkripsi menggunakan kunci publik mereka sendiri saat dikirim ke blockchain. 

Mengenal Privatekey

Iluistrasi Wallet Crypto
Iluistrasi privatekey. Sumber: Mariia Shalabaieva via Unsplash

Privatekey adalah kode yang diasosiasikan dengan kunci publik untuk mengaktifkan algoritma enkripsi dan dekripsi teks. Kunci ini dibuat sebagai bagian dari gambar halaman publik halaman digital dan menggunakannya untuk menyingkirkan informasi dan membaca.

Dua dari keduanya digunakan untuk percakapan yang baik, sebagai email. Mungkin kedua kunci ini tidak cocok untukmu.

Namun, jika kamu mendaftar di beberapa wallet, kamu tidak perlu khawatir kehilangan privatekey kamu. Kamu dapat dengan mudah masuk ke akun wallet dan membuka halaman wallet untuk memverifikasi privatekey.

Sebagai pengguna, kamu tidak perlu lagi membuka dompet dengan kunci tersebut. Setelah memasuki akun, kamu dapat mengakses dompet tanpa mengurangi risiko kehilangan atau kejahatan dengan mempertimbangkan kode rahasia.

Fungsi Privatekey Cryptocurrency 

Ilustrasi Proof of Stake
Manfaat menggunakan privatekey. Sumber: Argent Wallet

Pada dasarnya privatekey adalah kunci rahasia yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi data pada blockchain. Kunci pra-penggunaan yang digunakan untuk menghasilkan uang menggunakan sejumlah kecil hal materi.

Jaga rahasia rahasia ini. Jika tidak, ada kemungkinan orang lain dapat mencuri koin kriptomu. Hal ini berguna karena berbagai alasan. Salah satunya digunakan di berbagai platform perdagangan crypto untuk tujuan perdagangan.

Misalkan orang B mengirim A beberapa Bitcoin. Dalam hal ini, perlu untuk memverifikasi bahwa penerima sebenarnya adalah pemilik sah dari dompet digital (electronic wallet) yang diberikan kepada B.

Pengirim harus memiliki konfirmasi, untuk mengesampingkan bahwa Bitcoin dicuri jika dia adalah altcoin, untuk contohnya virus. dan malware yang mencuri uang dari dompet kripto.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Sistem keamanan ini menggunakan kode yang sangat terenkripsi yang digunakan untuk mengelola dompet digital atau dompet elektronik. Yang disebut kunci publik dibuat dari kunci privat. Kunci publik dapat dibandingkan dengan nomor IBAN.

Sistem keamanan ini tidak boleh dirahasiakan dan merupakan dasar dari alamat e-wallet. Public key dapat digunakan untuk mengirim dan menerima Bitcoin dan altcoin. 

Private key berisi string panjang kata-kata yang terenkripsi. Seringkali bagian dari kunci rahasia diperlukan untuk memulihkan apa yang disebut cadangan.

Baca juga: Pengertian Analisis Regresi Crypto Dan Manfaatnya

Cara Untuk Menyimpan Privatekey

cara mencairkan mata uang kripto
Cara menggunakan privatekey dengan benar

Seperti halnya kata sandi apa pun, menjaga kunci rahasia sangat penting. Tips mengamankannya adalah sebagai berikut.  Hal ini adalah pilihan terbaik dan termudah bagi sebagian besar orang untuk menggunakan dompet kripto virtual. Misalnya, Keluar membawa manajemen kunci pribadi pengguna.

Dengan layanan ini, proses pembelian, penjualan, atau penggunaan mata uang digital dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana menggunakan kartu kredit online.

Pengguna harus memilih dompet digital dari perusahaan yang memiliki rekam jejak panjang dan menawarkan otentikasi dua faktor.

Beberapa pengusaha lebih suka menyimpan kunci rahasia di brankas komputer yang tidak terhubung ke Internet, merekamnya di atas kertas, atau bahkan menghafalnya. Hal ini hanya dalam proses ini sangat buruk dan keselamatan terkenal dan aman lainnya.

Baca juga: Mengenal USDT, Aset Stabil Dalam Crypto!

Sebagai info tambahan untuk kamu sobat Vicigers pecinta crypto dan Web3, saat ini sudah dirilis VCG Token milik VCGamers yang bisa digunakan sebagai alat tukar di Ranverse.

Token ini sendiri berada di dalam jaringan ETH dan BSC. VCG Token bisa kamu beli di platform DEX seperti Indodax atau BitMax.

Dapatkan update VCG Token terbaru hanya di VCNews!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID