Mengenal Crypto Cosmos Dan Cara Kerjanya

Crypto Cosmos

Crypto Cosmos (ATOM) mungkin masih terdengar asing di telinga sobat Vicigers. Apalagi jika dibandingkan dengan aset kripto lain yang diperdagangkan seperti Bitcoin atau Ethereum. Crypto ini memiliki fungsi dan nilai yang tidak kalah penting dibandingkan aset kripto lainnya.

Sistem blockchain terdesentralisasi memastikan bahwa setiap aset kripto bertindak sebagai individu. Sulit bagi aset kripto untuk berkomunikasi dengan layanan digital lainnya. Bisnis yang bisa diorganisir juga kecil. Melihat peluang ini, crypto Cosmos (ATOM) muncul dan menghadirkan solusi baru. 

Mengenal Cosmos (ATOM)

Harga Cosmos
Mengenal crypto Cosmos

Dinamakan sebagai “jaringan internet di blockchain”, ATOM adalah sistem blok yang berfungsi sebagai platform untuk banyak blockchain yang dibangun di jaringan Cosmos, memungkinkan mereka untuk terhubung bersama.

Dengan kata lain, ATOM diciptakan untuk memfasilitasi jaringan antar perusahaan cryptocurrency. Crypto Cosmos berfokus pada penyediaan layanan yang menyediakan koordinasi dan interaksi. 

Alih-alih memprioritaskan jaringannya sendiri, mereka mengembangkan lingkungan terbuka di mana jaringan mana pun dapat berbagi data, token, dan program. Hal ini dilakukan untuk mendukung skalabilitas transaksi di blockchain, tanpa merusak sifatnya, tidak berdasarkan aspek tertentu.

Cosmos adalah Interchain Foundation (ICF), sebuah organisasi nirlaba Swiss yang mendukung proyek-proyek blockchain terbuka. Organisasi ini membantu, menciptakan, dan meluncurkan Cosmos.

Setiap blockchain independen yang terintegrasi ke dalam token ini diverifikasi oleh algoritma verifikasi BFT seperti verifikasi Tendermint. Di Cosmos, setiap blockchain independen baru disebut wilayah.

Untuk mendukung misinya, crypto ini telah meluncurkan Cosmos Hub, blockchain bukti kepemilikan yang didukung oleh ATOM sebagai cryptocurrency aslinya, setiap rantai terdesentralisasi dan saling berhubungan.

Tali dibagi menjadi banyak bagian dan terhubung ke banyak bagian dari Kosmos. Ketika transaksi terjadi, bagian tengah ini akan mendukung dan memperbaiki konflik antar rantai.

Setelah verifikasi selesai, data dan nilai aset kripto baru dapat ditransfer. Menariknya, setiap rantai dapat memilih sistemnya sendiri, termasuk paket perangkat lunaknya sendiri, sehingga tidak terpengaruh oleh rantai lainnya.

Cosmos-pegged Token (ATOM) dibuat untuk memfasilitasi transisi antara rantai Proof-of-Work (PoW) dan sistem asli dalam satu komponen inti, Tendermint Core. 

Cara Kerja ATOM

trik trading forex pasti profit
Cara kerja crypto ATOM

Seperti yang dinyatakan di situs resminya, teknologi crypto Cosmos (ATOM) dianggap sebagai solusi untuk masalah umum di pasar crypto dan ini adalah salah satu keunggulan, skalabilitas, dan keramahan ATOM.

Seringkali, sistem hukum yang menerapkan bukti kerja akan menemui kendala seperti sistem jaringan yang panjang, biaya yang signifikan, ketidakmampuan untuk mendukung peningkatan aktivitas bisnis, dan dampak lingkungan yang negatif. Juga, masalah di sisi penggunaan adalah kompleksitas proses aplikasi blockchain.

Masih banyak developer dan pengguna yang belum memahami cara membangun aplikasi ini dengan baik. Dengan infrastruktur kripto ini, pengembang dapat membuat sirkuit blockchain yang kompleks hanya dalam satu minggu.

Bahkan, biasanya diperlukan waktu beberapa minggu untuk melakukan hal yang sama dengan sistem generasi kedua. 

Baca juga: Cara Kerja NFT Art Dalam Dunia Blockchain

Perbandingan ini adalah alasan mengapa pengembang menggunakannya untuk meningkatkan hubungan di pasar properti kripto secara keseluruhan.

Di sisi lain, kehadiran crypto Cosmos juga dapat mengurangi kelemahan interoperabilitas blockchain di pasar cryptocurrency. Domain blockchain dapat diterapkan di berbagai aplikasi. Teknologi mencakup banyak fungsi dan kegunaan. Namun sayangnya, setiap blockchain bekerja di pulaunya sendiri. 

Setiap blockchain bekerja secara independen tanpa pihak ketiga atau perantara. Ini mengurangi kekuatan pasar mata uang kripto secara keseluruhan, terutama kinerjanya. 

Dengan ATOM, setiap blockchain masih dapat bekerja secara independen tetapi terhubung satu sama lain. Ini memungkinkan pengembang untuk fokus pada peningkatan sistem dan layanan, daripada menghabiskan waktu mengelola informasi antar blockchain.

Menariknya, blockchain yang berbeda juga dapat meningkatkan nilai platform lain di ekosistem ATOM.

Baca juga: Prediksi Harga Cosmos Untuk Akhir Tahun 2022

Selain info di atas, kami juga punya info menarik buat sobat Vicigers. Saat ini, kamu sudah bisa membeli VCG Token dan staking tokennya.

VCG Token sendiri adalah sebuah inovasi yang dibuat oleh VCGamers. Token ini berada di atas jaringan BSC dan ETH 20.

Untuk dapat update VCG Token terbaru, silahkan lihat di VCNews!

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!