Memori Internal Penuh? Lakukan 7 Langkah Ini Segera!

memori internal penuh

Hai Vicigers! Balik lagi nih sama kita, kali ini kita akan membahas langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari memori internal penuh pada smarthone kamu.

Kalau HP kamu sudah memiliki kapasitas memori internal 128GB atau lebih, kayanya,  memori internal penuh tidaklah menjadi hal yang menakutkan untuk kamu.

Namun, untuk kamu yang memiliki memori internal kentang 16-32GB, memori internal penuh merupakan hal yang menakutkan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi keseluruhan kinerja HP kamu.

7 Langkah Mengatasi Memori Internal Penuh Pada HP

  • Hapus cache pada penyimpan internal di HP kamu

Kamu dapat menghapus cache pada setiap smartphone dengan fungsi bawaan dari HP kamu. Untuk beberapa smartphone android mainstream, kamu bisa masuk ke Setting, lalu menu Storage, dan disana kamu akan melihat berapa cache yang dihabiskan pada memori internal kamu.

Menghapus cache dapat membuat memori internal penuh kamu menjadi lega kembali, namun status HP kamu setelah dihapus cache-nya akan memulai ulang sistem aplikasi dari awal lagi.

Namun hal ini memang sangat manjur dan berguna bagi kamu yang memiliki memori internal kentang 16-32GB, jadi silahkan lakukan penghapusan cache, jika kamu rasa hal itu perlu.

  • Hapus file media tidak penting pada aplikasi

Whatsapp adalah aplikasi chatting yang paling banyak memakan memori internal, sehingga menjadi salah satu penyebab memori internal penuh pada HP kamu. Terlebih bila kamu memiliki banyak chat pribadi dan grup chat yang sering mengirimkan foto/video secara intens.

Kamu dapat menghapus media pada aplikasi Whatsapp kamu secara manual, alih-alih kalau kamu menghapus file media Whatsapp dengan bantuan aplikasi pihak ke-3, kamu takut foto/video/file penting kamu akan terhapus secara tidak sengaja.

Kamu juga dapat menghapus secara manual file media pada aplikasi lainnya, seperti Line, Twitter, Facebook, Youtube offline, dll.

  • Hapus file backup Whatsapp secara berkala

Sebelum kamu melakukan hal ini, kita saranin untuk membackup online Whatsapp kamu secara berkala. Karena setidaknya kalau backup-an offline pada aplikasi Whatsapp kamu hapus semua, dan HP kamu mengalami crash/error, kamu dapat dengan mudah menemukan file backup Whatsapp kamu secara online.

Kamu dapat menemukan file backup offline Whatsapp kamu di folder Whatsapp – Databases. Lalu kamu akan menemukan file dengan nama msgstore-thn/bln/tgl.1.db.crypt12, semua file ini dapat kamu hapus, tanpa khawatir Whatsapp kamu akan error.

Tenang, #adavcgamers yang bisa memenuhi kebutuhan game kamu. Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment