Ini Generasi Terbaru MacBook Pro dengan Chip M2 Pro dan M2 Max

Apple baru saja mengumumkan Macbook Pro terbaru pada Selasa (17/1/2023) waktu Amerika Serikat. Pada produk terbaru ini, Apple mengatakan adanya fitur dan performa prosesor yang lebih baik dan 6x lebih cepat.

Produk ini hadir dengan dua ukuran yakni 14 inci dan 16 inci yang dihadirkan dengan chip M2 Pro dan M2 Max berbasis 5nm.

Tambahan chip tersebut mampu meningkatkan performa dan efisiensi laptop lebih tinggi daripada produk generasi sebelumnya.

Baca juga: Perbandingan Apple M1 Vs M2, Siapa yang Terbaik?

MacBook Pro dengan Chip M2 Pro dan M2 Max

Battery Life Performance MacBook Pro. Sumber: Apple.com

Pada model MacBook Pro M2 Max terbaru ini tersedia RAM hingga up to 96 GB, port HDMI 2.1 dan dukungan layar eksternal 8K, Wi-Fi 6.E yang dapat mendukung koneksivitas sinyal dengan lebih cepat.

Baterai performance pada MacBook 16 inci diklaim Apple sebagai baterai terawet yang pernah ada dalam produk Mac karena dapat tahan lama selama lebih dari 22 jam.

Sedangkan, pada model 14 inci baru diiklankan dengan masa baterai hingga 18 jam. Daya tahan baterai tersebut memungkinkan pengguna dapat bekerja maupun bermain game dengan lancar dan dalam waktu lama.

Pada chip M2 Max juga memberikan kecepatan lebih besar dibanding Chip M1 Max, memiliki CPU 12 core 20% lebih cepat, dan memiliki GPU hingga 38 core yang mampu mendorong kerja render efek ataupun desain 3D dalam skala yang cukup besar.

Apple mengklaim bahwa dengan chip M2 Max ini, MacBook Pro dapat 6x lebih cepat daripada MacBook Pro dengan prosesor Intel, dan software Cinema 4D yang dinyatakan 30% lebih ngebut.

Untuk MacBook Pro dengan chip M2 Pro memiliki CPU 10 core atau 12 core yang menawarkan kinerja lebih cepat hingga 20%, dan untuk GPU nya memiliki GPU 16 core dan 19 core diklaim mampu meningkatkan grafis lebih cepat sebesar 30%, selain itu, Neura Engine 16 core nya diklaim 40% lebih cepat juga dibanding generasi chip sebelumnya yakni M1 Pro.

Port MacBook Pro Chip M2 Pro dan M2 Max. Sumber: Apple.com/newsroom

Desain pada MacBook Pro terbaru ini tidak banyak memiliki perubahan dari generasi sebelumnya, termasuk slot kartu SD, tiga port Thunderbolt 4, port HDMI, jack headphone 3,5 mm, MagSafe 3 battery charging, dan enam speaker sound system.

Keyboard dan touch bar didesain ulang untuk memberikan pengalaman mengetik lebih nyaman dan lebih mudah mengakses aplikasi yang sering digunakan. Pada layarnya menghadirkan Liquid Retina XDR berbasis panel LCD, dengan dukungan ProMotion refresh rate hingga 120Hz.

Untuk resolusi kamera yang dimiliki MacBook Pro ini sebesar 1080p dengan wide aperture dan large image sensor yang dapat menampilkan performa rekaman atau gambar lebih baik ketika dalam cahaya yang redup.

MacBook Pro Chip M2 Pro
Tampilan Xcode pada MacBook Pro Chip M2 Pro dan M2 Max. Sumber: Apple.com

Produk MacBook terbaru ini ditujukan bagi para professional yang membutuhkan perangkat dengan performa lebih tinggi dalam editing video ataupun desain grafis, produksi musik, 3D rendering dan pekerjaan software berat lainnya.

Software-software tersebut di antaranya termasuk Adobe Photoshop, Xcode, Motion, C4D, DaVinci Resolve, Logic Pro, Final Cut Pro, Affinity Photo 2, dan Capture One.

MacBook Pro ini juga sudah dilengkapi dengan adanya fitur keamanan yang canggih yakni, security chip Apple T2 dan Touch ID yang berguna untuk memberikan perlindungan lebih terhadap data pribadi dan pengguna professional.

Untuk harga resminya yang dilansir dari laman apple.com, MacBook Pro 14 inci dengan chip M2 Pro dibrandrol mulai dari harga Rp30 jutaan dan untuk MacBook Pro 14 inci dengan chip M2 Max dibandrol mulai Rp47 jutaan.

Sedangkan, MacBook Pro chip M2 Pro ukuran 16 inci dimulai harga Rp37 jutaan, dan MacBook Pro 16 inci dengan chip M2 Max diharga Rp53 jutaan. Harga tersebut juga menyesuaikan dengan SSD Storage yang bisa sampai 1TB.

MacBook Pro dengan chip M2 Pro dan M2 Max masih akan segera hadir ke Indonesia dalam waktu dekat.

Namun, dilansir pada laman resmi apple, produk ini sudah bisa dipesan dari 17 Januari 2023 di online store apple.com atau Apple Store App di 27 negara dan wilayah termasuk di Amerika Serikat, dan akan hadir di Apple Store setempat pada 24 Januari 2023.

Jika kamu berada di Singapura, Australia, China, Hong Kong, Jepang, Makau, dan Selandia Baru, kamu bisa menunggu kehadiraan MacBook Pro terbaru ini hadir mulai 3 Febuari 2023.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Sherina Dewi Wulandari

Freelance Content Writer