Penjelasan Lengkap Logo Lane di Mobile Legends (ML)!

Logo Lane di Mobile Legends (ML).

Para pemain Mobile Legends (ML) pasti tahu keberadaan logo yang menandai setiap lane.  Tapi, apakah kamu tahu arti sesungguhnya?

Kali ini, penulis akan menjelaskan secara lengkap tentang Logo Lane di Mobile Legends (ML).  Penasaran?  Simak di bawah ini!

Logo Lane di Map Mobile Legends

Logo Lane di Mobile Legends (ML). Sumber: VCGamers.

Saat kamu bermain, game 5 vs 5 ini akan meminta kamu untuk memilih lane mana yang akan kamu tempati.  Logo tersebut diikuti dengan nama istilah logo tersebut.  Mulai dari Jungling, Mid Lane, Exp Lane, Gold Lane, dan Roaming.

Bisa dikatakan kalau kelima logo di atas dapat disebut sebagai Laning.  Setiap pemain memiliki laning, tempatnya masing-masing, di dalam permainan untuk bisa menang.

Lalu, apa arti dari kelima logo tersebut?  Kemudian, jika ada enam role, tapi dalam satu pertandingan hanya diisi lima lane, apakah tim harus mengorbankan satu role?

Perbedaan Laning Dengan Role Hero Mobile Legends

Terdapat perbedaan Laning dengan Role.  Singkat, Laning adalah penempatan hero di dalam game, sedangkan Role adalah peran yang diambil setiap pemain di dalam game.  Kedua hal ini jelas berbeda, menurut Mobile Legends Fandom.

Saat ini, Mobile Legends (ML) telah memiliki 118 heroes dengan enam role yang berbeda-beda.  Ada yang menjadi Fighter, Assassin, Mage, Marksman, Tank, Support.  Bahkan beberapa di antaranya memiliki dua buah role sekaligus.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel di bawah ini:

Baca Juga: Hero Terbaik Setiap Role Mobile Legends Untuk Mendapatkan MVP

Sebelum menjawab pertanyaan lainnya, penulis akan menjelaskan kelima logo lane Mobile Legends (ML) terlebih dahulu.  Simak artikel di bawah ini!

Baca Juga: Inilah Hero OP Di Patch Baru Mobile Legends 2022

Logo Lane di Mobile Legend – Mid Lane

Logo Lane di Mobile Legends (ML).
Logo Lane Mid Lane dan Contoh Hero. Sumber: VCGamers.

Logo Midlane adalah logo yang letaknya selalu sama, yaitu di tengah-tengah map.  Logo tersebut bertanda garis diagonal yang menandakan Mid Lane dari kedua tim.

Di Mobile Legends (ML), Midlaner termasuk sebagai posisi yang sangat krusial.  Pasalnya, hero yang berada di lane ini harus bisa melakukan dua hal: clear minion wave dengan cepat dan membantu sekitar.

Dengan posisinya di tengah membuat minion wave datang lebih cepat daripada lane lainnya.  Jadi, selain kamu harus menyerang musuh, kamu juga harus bisa menghabisi minion wave dengan cepat.  Kenapa harus cepat?

Jawabannya adalah, karena posisinya yang berada di tengah map, Midlaner harus bersiap membantu teman yang kesulitan.  Misalkan membantu jungler menyelesaikan farming dengan cepat atau membantu teman di lane lain.  Jadi pastikan midlaner membersihkan minion wave sebelum membantu teman.

Berbicara midlaner juga artinya berbicara untuk melindungi tower.  Analogikan tower pertama midlaner adalah pusat terdepan.  Selagi masih ada, kamu bisa berkeliling lane membantu teman tanpa khawatir serangan musuh.

Tapi, jika tower pertama midlaner hancur, ia akan mulai kehilangan kemampuan mengendalikan map dari tengah.  Membuat kamu sulit untuk rotasi ke setiap lane.  Tidak hanya itu, musuh bisa menguasai beberapa jungle creep kamu yang dekat dengan mid lane.

Tugas seorang midlaner tidaklah mudah.  Maka dari itu, biasanya seorang midlaner diisi oleh role Mage dengan alasan burst damagenya yang mampu membersihkan minion wave dengan cepat.  Sebut saja Parsha, Nana, Gord, Xavier, dan Chang’e.

Baca Juga: Wow 5 Tips Menguasai Area Midlane Mobile Legends Season 20! Wajib Coba!

Jungling

Logo Lane di Mobile Legends (ML).
Logo Lane Jungling dan Contoh Hero. Sumber: VCGamers.

Logo Jungling ditandai dengan logo yang berada di antara dua lane.  Posisi logo tersebut juga berada di hutan atau yang disebut dengan Jungle.

Jungling atau jungler adalah posisi yang tidak kalah krusial.  Ia harus bisa membunuh para creep jungle untuk mendapatkan buff, Gold, dan Exp.  Untuk mempercepat, biasanya dibantu dengan spell Retribution.

Jadi, tugas dari seorang Jungler adalah mencapai level dan mendapatkan Gold secepat mungkin.  Di Dota 2, role yang mirip dengan ini adala Carry.  Ia akan meng-carry satu tim agar timnya bisa menang.

Jika kamu bertanya jenis hero apa yang sering digunakan sebagai jungler, hasilnya pun beragam.  Paling normal, hero yang menduduki posisi ini adalah hero dengan role Assassin.  Namun, ada juga yang menggunakan Marksman ataupun Fighter.

Contoh hero yang termasuk sebagai hero Jungler adalah Fanny, Gusion, Lancelot, Alucard, Martis, dan Zilong.

Baca Juga: Simak! Update Retri ML 2022, Last Hit Saat Jungling Jadi Makin Gampang!

Logo Lane di Mobile Legend – Exp Lane

Logo Lane di Mobile Legends (ML).
Logo Lane Exp Lane dan Contoh Hero. Sumber: VCGamers.

Logo lane Exp Lane di Mobile Legends (ML) ditandai dengan bentuk huruf E,  Untuk lokasinya pun sering bertukar dengan Gold Lane.  Namun yang membedakan kedua lane ini adalah posisi Turtle pertama kali hadir.

Exp Lane akan ditentukan pada lane yang dekat dengan Turtle. Begitupun sama seperti lawan.  Tidak seperti Dota 2 yang Offlaner melawan Safelaner, justru di Mobile Legends, Offlaner akan melawan Offlaner, Safelaner melawan Safelaner.

Sebagai Exp Lane, hal yang diutamakan adalah skill level hero tersebut.  Hero di Exp Lane memang bertujuan untuk mendapatkan level yang tinggi.  Alasannya adalah skill mereka yang sangat bagus membantu teman satu tim.

Terdapat dua cara untuk memperoleh Exp, yaitu dengan membunuh Turtle atau membunuh Siege Minion.  Turtle akan memberikan buff kepada last hitter dan juga Exp kepada teman di sekitarnya yang membantu mengalahkan Turtle.

Sedangkan Siege Minion yang yang penulis sebutkan adalah Siege Minion yang membawa sesuatu di belakangnya.  Jika berada di Exp Lane, Siege Minion akan membawa gulungan berkas yang dapat meningkatkan EXP 50%.

Untuk hero yang cocok dengan lane ini adalah hero tebal dan sakit seperti Role Fighter dan Tank.  Contohnya adalah Balmond, Alucard, Zilong, Bane, dan Terizla.

Baca Juga: Hero Experience Lane ML Terbaik untuk Season 24

Gold Lane

Logo Lane Gold Lane dan Contoh Hero. Sumber: VCGamers.

Ini adalah kebalikan dari Exp Lane. Gold Lane ditandai dengan logo berbentuk seperti $.  Atau, kamu juga bisa melihat posisi Turtle, karena  posisi Gold Lane berada paling jauh dengan posisi Turtle.

Sebagai Gold Laner, tugas kamu sebenarnya adalah mencari gold sebanyak-banyaknya.  Alasannya adalah hero Gold Lane mengutamakan basic attack atau skill dengan cooldown yang cepat.  

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan gold: yaitu membunuh Creep Jungle Crab dan membunuh Siege Minion.

Mulai dari Crab.  Posisinya sangat dekat dengan lane kamu.  Siapapun yang bisa membunuh Crab, ia akan mendapatkan Gold Buff, yaitu buff yang dapat memberikan tambahan berupa extra gold.

Cara kedua adalah menghancurkan Siege Minion.  Setiap Siege Minion di Gold Lane membawa semacam gerobak gold yang dapat memberikan tambahan gold 50%.

Dengan gold tersebut, kamu bisa lebih cepat membeli item.  Semakin cepat kamu build item yang sakit di awal permainan, maka semakin mudah bagi kamu untuk menaklukkan game.

Untuk hero yang menempati lane ini dominan berasal dari role Marksman.  Contohnya seperti Miya, Lesley, Claude, dan Wanwan

Baca Juga : Inilah Hero MM Tersakit di Gold Lane Mobile Legends, GG Banget Bro!

Logo Lane di Mobile Legend – Roaming

Logo Lane Roaming dan Contoh Hero. Sumber: VCGamers.

Terakhir adalah Roaming yang digambarkan memiliki logo lane seperti kotak.  Roaming ini merupakan role yang bertugas untuk membantu seluruh lane sekaligus mengganggu musuh.

Role yang satu ini harus pintar membaca Map dan memiliki timing yang bagus.  Jika rekan satu tim kesulitan, kamu harus datang secepat mungkin.  Intinya, jangan sampai membiarkan hero lane tersebut mati.

Beberapa roamer dengan range attack juga terkadang digunakan untuk mengganggu jungler musuh.  Mulai dari menarik buff creep mereka, mencuri last hit, dan lain-lain.

Karena dia selalu bergerak mengelilingi map, seorang roamer akan kesulitan mencari Gold dan Exp.  Maka dari itu, ia harus membeli item khusus roamer yang dapat memberikan Gold terus-menerus saat middle game.

Ada dua role hero yang biasanya menempati posisi ini, yaitu Tank dan Support.  Tapi juga ada hero Mage dan Fighter yang menjadi roamer.

Contoh hero roamer adalah Grock, Angela, Franco, Akai, Alice, dan Estes

Baca Juga: Inilah Hero Roaming ML Terbaik untuk Season 24

Jadi, Bagaimana Menyeimbangkan Antara Lane dan Role?

Beberapa Hero ML Dengan Dua Role. Sumber: VCGamers.

Kamu tidak perlu bingung.  Yang kamu harus pahami adalah mengutamakan Laning daripada Role.  Saat kamu telah memilih Lane, maka Role akan mengikuti.

Misalkan kamu memilih Jungling atau Jungler.  Secara langsung, Mobile Legends akan menyarankan kamu untuk mencari hero Jungler.  Kamu bisa mengetahuinya saat memilih heroes berupa logo lane di sisi kanan akun kamu.

Jika kamu mengutamakan Lane, mengikuti saran dari Mobile Legends, maka kemenangan lebih mudah diraih.  Sedangkan jika kamu fokus mengejar Role saja, maka akan terkesan asal cocok saja.

Terakhir, seperti foto di atas, terdapat beberapa hero yang memiliki role lebih dari satu.  Jadi, seandainya kamu mau tim kamu memainkan seluruh role yang ada, maka bisa menggunakan hero tersebut.

Baca Juga: Taktik Laning Terbaik di Mobile Legends

Penutup

Itulah pengertian dan strategi dari logo lane di Mobile Legends (ML).  Semoga, dengan informasi di atas, kamu bisa paham tentang pemilihan lane atau Laning di Mobile Legends.

Jadi, kamu suka lane yang mana?

Penuhi kebutuhan saldo game kamu dengan Top-Up melalui VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di dalamnya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!