Guide Lengkap Pakai Little Commander Magic Chess Yuki!


Little Commander Magic Chess Yuki

Jika kamu bertanya seberapa kuatnya Little Commander Magic Chess Yuki, jawabannya adalah sangat kuat.  Tapi sebagaimana pepatah “great power comes great responsibility”, Yuki juga sulit untuk dimainkan.

Kali ini penulis akan memberikan guide lengkap cara menggunakan Little Commander Magic Chess Yuki.  Mari simak caranya!

Baca Juga: Little Commander Magic Chess Terbaik Saat Ini!

Little Commander Magic Chess Yuki

Little Commander Magic Chess Yuki
Skin Little Commander Magic Chess Yuki.

Yuki adalah Little Commander ke-11 yang diterbitkan oleh Magic Chess Mobile Legends berwujud hewan meerkat.

Sama seperti Mavis dan Little Commander lainnya, Yuki terinspirasi dari Hero Mobile Legends.  Jika dilihat dengan seksama, Yuki mirip dengan Luo Yi dengan kesamaan orb, jubah, dan dominasi warna ungu.

Sebelum kita masuk pembahasan cara memainkannya, kita perlu tahu secara jelas seluruh skill milik Yuki.

Baca Juga: Guide Lengkap Pakai Little Commander Magic Chess Pao!

Skill Little Commander Magic Chess Yuki

Little Commander Magic Chess
Little Commander Magic Chess Yuki. Sumber: VCGamers.

Yuki memiliki tiga buah skill aktif.  Seluruh skill Yuki memiliki cooldown beberapa ronde dan baru bisa kamu gunakan setelah mencapai Placement Stage.

Skill pertama bernama Deadly Snipe.  Dengan skill ini, Yuki akan menyerap seluruh darah milik heroes kamu sebesar 10% dan memberikan pure damage kepada heroes musuh paling kuat.  Setiap heroes dihitung sebanyak 1500 damage.  Cooldown skill ini selama 3 ronde.

 

Kedua ada skill Absolute Loyalty.  Pemain dapat memilih salah satu heroes untuk dikorbankan untuk memberikan mana sebesar 50/70/100 (mengikuti jumlah bintang hero) ke delapan heroes di sekitarnya.  Cooldown skill ini selama 2 ronde.

 

Terakhir ada skill ketiga bernama Charming.  Pemain dapat memilih salah satu hero untuk mendapatkan Charm dengan cara mengorbankan heroes di sisi kanan dan kirinya.  Charm +50% Max. HP dan 100% physical & magical damage dari kedua heroes yang dikorbankan.  Cooldown skill ini selama 3 ronde.

 

Guide Menggunakan Little Commander Yuki

Little Commander Magic Chess Yuki
Skin Little Commander Magic Chess Yuki.

Setelah mengetahui ketiga skill milik Yuki, saatnya penulis memberikan guide beserta sinergi yang cocok.

Perlu kamu tahu bahwa guide ini penulis dapat dari pengalaman pribadi penulis memainkan Yuki dan analisis lainnya. Kamu bisa menggunakan guide ini sebagai tips dan trick atau sekedar menambah wawasan saja.

Jika kamu memiliki pendapat yang berbeda, silakan tulis di kolom komentar agar kita bisa bertukar wawasan.

Guide Skill 1 Little Commander Yuki

Little Commander Magic Chess Yuki
Tampilan Skill 1 Little Commander Magic Chess Yuki. Sumber: VCgamers.

Dari seluruh skill milik Yuki, Deadly Snipe adalah skill yang paling versatile dan tidak butuh banyak perhitungan.  Tanpa kondisi khusus (seperti letak heroes di atas chessboard), Yuki tetap bisa menyerap 10% HP dari setiap heroes.

Sebagai pengingat, satu hero yang diserap dihitung sebagai 1.500 damage.  Dengan jumlah maksimal 11 heroes di atas chessboard (9 dari level dan 2 dari tambahan capacity), kamu bisa memberikan 16.500 pure damage dengan target heroes terkuat milik musuh.

Kelebihan

Kelebihan dari skill ini adalah tidak mengharuskan pemain menaruh heroes di tempat tertentu.

Jika kamu menggunakannya pada Placement Stage dan Showdown Stage dengan kisaran jumlah 4-7 heroes, kamu bisa langsung mematikan hero bintang-dua non-carry (seperti Archer, Assassin, dan Mage).

Apalagi damage yang diberikan kepada musuh bertipe pure damage.  Pure damage adalah damage yang tidak mempedulikan armor.  Bahasa mudahnya, musuh akan terkena damage sesuai jumlah yang tertera.

Kekurangan

Kekurangan yang pertama adalah menurunnya durabilitas heroes.  Pengurangan 10% HP itu cukup besar bagi heroes berdarah tipis seperti Archer, Gunner, dan Mage.

Kedua adalah cooldown yang cukup lama, yaitu 3 ronde.  Kekurangan ini bisa penulis sebut sebagai penyeimbang dari kekuatan Yuki.

Guide

Semua heroes dapat menjadi hero terkuat dan bahkan kamu tidak bisa mengetahui secara jelas siapa hero tersebut.  Dari hasil riset penulis, indikasi yang membuat hero tersebut menjadi kuat ada empat:

  • Jumlah HP
  • Jumlah damage
  • Tingkat bintang hero
  • Items yang digunakan

Sebenarnya bisa saja kamu melihat chessboard milik musuh dan melihat yang mana heroes dengan item paling banyak.  Karena, sewajarnya, pemain akan stacking items di heroes paling kuat mereka.

Tapi di beberapa kasus yang pernah pemain alami, serangan Yuki tidak menyerang damage dealer musuh, melainkan tank mereka (Franco dan Akai).  Jadi kita tidak bisa bilang kalau hero terkuat adalah damage dealer.

Jika penulis tinjau kembali, pilihan yang paling berguna bagi Yuki saat Fate Box adalah +1 capacity.  Alasannya kembali lagi kepada penjelasan skill Yuki, semakin banyak heroes, semakin besar damage yang diberikan.

Untuk sinergi, ada beberapa sinergi yang terlihat cocok dengan skill ini.  Kamu bisa menggunakan Nature Spirit, Weapon Master, Assassin, dan Lightborn.

Nature Spirit sebenarnya bisa penulis katakan sebagai sinergi yang cocok tapi paling lemah dari empat sinergi di atas.  Sebagai informasi, HP yang Yuki serap adalah 10% dari hasil gabungan HP milik Nature Spirit.

Alasan lainnya adalah meski HP telah berkurang 10%, tapi heroes Nature Spirit memiliki damage reduction yang membuat mereka bisa tetap survive.

Untuk Lightborn, sinergi ini berada di atas Nature Spirit.  Sinergi Lightborn akan aktif saat HP Heroes berada di bawah 30%.  Dengan skill Yuki, pengurangan HP 10% bisa mempercepat trigger sinergi ini.

Untuk Weapon Master, kehilangan HP justru hal baik. Sinergi aktif Weapon Master bersifat lifesteal.  Apalagi jika pemain mengambil evolusi sinergi Mania.  Jika sejak awal Weapon Master kehilangan 10%, maka mereka langsung mendapatkan +12.5% extra physical attack.

Terakhir adalah Assassin.  Berdasarkan patch 289.1, Assassin mendapatkan rework evolusi sinergi, yaitu tambahan 200 HP saat sinergi mereka aktif.  Jadi tidak perlu khawatir karena Assassin bisa dengan cepat memulihkan HPnya sendiri.

Baca Juga: Combo Magic Chess Terbaik Yang Bisa Kamu Coba!

Guide Skill 2 Little Commander Yuki

Little Commander Magic Chess Yuki
Tampilan Skill 2 Little Commander Magic Chess Yuki. Sumber: VCGamers.

Dari opini penulis, skill Absolute Loyalty ini agak tricky.  Singkatnya, kamu harus mengorbankan satu hero untuk memberikan mana sebesar 50/70/100 (mengikuti jumlah bintang hero) ke delapan heroes di sekitarnya.

Setelah memilih, kemudan akan muncul lingkaran berwarna ungu.  Lingkaran tersebut adalah radius penyebaran skill Yuki.  Semua heroes yang ingin mendapatkan tambahan mana, harus berdiri di dalam lingkaran tersebut.

Letak tricky dari skill ini akan penulis jelaskan di bawah.

Kelebihan

Dari sisi positif, skill ini dapat memberikan mana kepada teman sekitarnya.  Tentunya agar heroes dapat lebih cepat mengeluarkan skill.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Skill milik Yuki ini juga dapat memberikan efek kepada delapan heroes!  Anggap saja saat kamu memulai permainan, kamu telah memiliki delapan heroes yang hampir siap mengeluarkan skill, seperti Northern Vale.

Mungkin ini adalah pertama kalinya penulis menyebutkan cooldown sebagai kelebihan.  Menurut penulis, cooldown dari skill ini (2 ronde) cukup baik, tidak terlalu lama dan terlalu cepat.  Seimbang.

Kekurangan

Celah dari skill ini adalah heroes yang menumpuk.  Seperti gambar di atas, untuk mendapatkan tambahan mana, delapan heroes harus mengelilingi satu hero yang akan dikorbankan.  Ya, menjadi menumpuk.

Kekurangan kedua adalah berkurangnya satu heroes dalam pertempuran.  Perbedaan jumlah hero saat pertempuran, meski hanya satu hero saja, dapat mempengaruhi hasil pertempuran.

Ketiga adalah kamu harus memiliki hero yang banyak.  Soalnya, setelah penulis hitung-hitung, skill Yuki satu ini akan sangat berharga jika banyak heroes yang mendapatkan efeknya.  Tapi kembali lagi kepada celah yang pertama.

Terakhir, kamu harus mengorbankan heroes sesuai dengan level bintang.  Jika tier hero terlalu tinggi, agak kurang worth it rasanya.

Penulis juga masih belum melakukan riset lebih jauh, apakah musuh dengan spell Flicker bisa masuk ke tengah-tengah heroes.  Jika ternyata bisa, maka sangat tidak diuntungkan sekali.

Guide

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penulis telah menemukan beberapa cara untuk menggunakan skill kedua milik Little Commander Yuki.

Hal yang pertama adalah usahakan mendapat hero dengan tier-satu atau dua.  Tujuannya adalah meminimalisir terbuangnya gold untuk skill ini.  Apalagi hero tier-satu dan dua memiliki harga yang paling murah.

Kedua adalah combo sinergi.  Dari penjelasan skill di atas, combo sinergi paling baik adalah Elementalist-Mage.  Ada beberapa sinergi bagus lainnya, seperti Gunner dan Wrestler, tapi paling optimal adalah Elementalist-Mage.

Optimalnya adalah sinergi Elementalist yang baru aktif setelah mengeluarkan skill.  Saat mengeluarkan skill, Elementalist dapat membuat mana para Elementalist jadi penuh lagi.  Jadi bisa mengeluarkan 2 skill berturut-turut.

Kemudian sinergi Mage penulis pilih karena pada banyak sekali heroes yang tidak memiliki magic defense pada status dasarnya.  Jadi hal tersebut menguntungkan sekali bagi para Mage dan juga Elementalist.

Terakhir, dengan fokus mengeluarkan skill, kamu tidak terlalu memperdulikan posisi kamu dan juga skill musuh.  Dengan skill, kamu bisa mengeluarkan burst damage dan dapat mengalahkan musuh dengan hitungan detik.

Baca Juga: Inilah Dia, Combo Magic Chess Terkuat di Patch Terbaru!

Guide Skill 3 Little Commander Yuki

Little Commander Magic Chess Yuki
Tampilan Skill 3 Little Commander Magic Chess Yuki. Sumber: VCGamers

Skill terakhir milik Yuki ini berada di antara bagus dan buruk.  Kamu harus mengorbankan dua heroes dan memberikan statusnya kepada satu hero berupa +50% Max. HP dan 100% physical & magical damage.

Kelebihan

Dengan skill ketiga Yuki, kamu bisa meng-convert tiga heroes menjadi satu.  Penulis ambil contoh menggunakan Helcurt, kemudian penulis padukan dengan Akai dan Granger.

Nantinya Helcurt akan memiliki HP tebal dan damage yang tinggi dari kedua heroes tersebut.  Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Little Commander Magic Chess Yuki
Perubahan Status Helcurt Dengan Skill 3 Little Commander Magic Chess Yuki. Sumber: VCGamers

Tidak hanya skill, tapi efek item juga bisa terserap.  Contohnya saat heroes yang dikorbankan sedang menggunakan Guardian Helmet (+2500 HP).  Saat pertarungan dimulai, hero tersebut akan bertambah darah terlebih dahulu, kemudian mengorbankan dirinya.

Tapi sejauh riset penulis, baru status item saja yang bisa bertambah, tidak bersama efek passive-nya.

Kekurangan

Sebuah kekurangan paling besar adalah kamu akan kehilangan dua heroes dalam satu waktu.  Meski nanti hero yang menerima charm akan terasa seperti dua heroes, tapi tetap saja rasanya sulit.  Apalagi jika yang dikorbankan adalah tank.

Kekurangan kedua adalah item yang digunakan oleh heroes yang dikorbankan.  Meski belum melakukan riset lebih jauh, tapi berdasarkan keterangan skill, ia hanya menyerap HP dan physical & magical damage saja.

Agak rugi rasanya jika kamu mengorbankan dua heroes, tapi lupa mengambil item dari mereka.

Tapi dari sekian banyak kekurangan nantinya, yang paling parah adalah jika nanti hero tersebut terkena Crowd Control seperti skill pertama Benny.  Jika hero tersebut terkena skillnya Benny, then it will be a useless hero.

Guide

Setelah melakukan riset, penulis menemukan beberapa cara yang cocok untuk menggunakan Little Commander ini.

Cara pertama adalah tentukan damage dealer kamu dengan attack speed yang besar.  Kamu bisa menggunakan Archer, Gunner, Assassin, Swordman, Mage, bebas.  Tergantung dari sinergi apa yang ingin kamu buat.

Kemudian, kamu bisa memilih Tank sebagai sumber HP terbesar dari tier agak rendah.  Kamu bisa menggunakan Akai, Grock, Franco, atau Roger.  Meski tier mereka rendah, tapi mudah untuk mendapatkannya.

Terakhir adalah cari sumber damage tambahan.  Untuk ini, penulis membebaskan kamu untuk tier heroes tersebut.  Alasannya adalah siapapun heroes yang kamu pilih, 100% damage mereka akan kamu dapatkan.

Inilah list heroes dengan physical damage dasar tertinggi dari tiap tier:

Cara kedua adalah fokuskan hero terkuat kamu dengan item attack speed dan kedua heroes yang kamu korbankan dengan item penambah HP atau damage.  Jadi saat kamu kamu memadukan ketiga heroes tersebut menjadi satu, maka hasilnya menjadi sangat kuat.

Terakhir, untuk spell yang kamu gunakan, kamu bisa memilih antara Spell Purify, Retribution, atau Inspire. Spell Purify untuk menyelamatkan kamu dari Crowd Control berlebih, Retribution memberikan tambahan damage, atau Inspire agar serangan kamu semakin cepat.

Kesimpulan: Yuki Penuh Perhitungan

Little Commander Magic Chess Yuki
Poster Little Commander Magic Chess Yuki. Sumber: VCGamers.

Mengambil Little Commander Yuki sebenarnya bukan keputusan mudah.  Perlu banyak perhitungan yang bahkan lebih rumit daripada mengukur gold.  Tapi saat kamu telah memahaminya, kamu bisa menjadi yang paling kuat.

Dari segi kemampuan, Little Commander Magic Chess Yuki sangat cocok bagi kamu yang suka bermain strategi dan agresif.

Itulah guide dari menggunakan Little Commander Magic Chess Yuki.  Jika kamu ingin menggunakannya, kamu bisa membelinya dengan harga 24000 Battle Points atau 499 Diamonds.

Selamat Mencoba~

Penuhi kebutuhan Diamonds Mobile Legends kamu dengan Top-up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID