League of Legends Kembali Pindah ke Riot Games, Bye Garena!


League of Legends Riot Games
Promo Mobile Legends
Promo Mobile Legends

Kabar gembira bagi para pemain League of Legends di Asia Tenggara. Riot Games akan mengambil kembali hak penerbitan League of Legends dari Garena. Hal tersebut bisa membuka berbagai kemungkinan, salah satunya adalah lebih banyak fitur yang terbuka.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang perpindahan server League of Legends Garena kembali ke Riot Games. Karena hal tersebut, maka para pemain LoL dari Garena harus transfer akun. Bagaimana caranya? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: Rekomendasi Master Yi Build di League Of Legends Season 12

League of Legends di Garena

League of Legends Client Garena
League of Legends Client Garena. Sumber: Reddit/u/Vethrax

Riot Games dan Garena telah bekerjasama sejak 12 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2010 yang menandakan penambahan server Asia untuk League of Legends.

League of Legends pertama kali memiliki server Asia Tenggara pada tahun 2010, dengan Riot memberikan hak penerbitan kepada Garena. Maka dari itu, kamu bisa bermain League of Legends di Asia Tenggara dengan mengunduh Garena terlebih dahulu.

Transisi tersebut awalnya dijalankan oleh Riot Games dan Garena untuk menyebarluaskan League of Legends khususnya di Asia Tenggara. Sebelum adanya transisi tersebut, para pemain LoL dari Asia Tenggara harus bermain di server Amerika, Oceania, atau Eropa dan terpaksa bermain dengan 150 – 200 ping.

Setelah memberikan hak penerbitan League of Legends kepada Garena, Riot Games kemudian juga memberikan hak penerbitan Teamfight Tactics atau TFT.

Bagi para pemain di Asia Tenggara, mereka harus membuat akun Garena terlebih dahulu sebelum bermain LoL. Mereka tidak memerlukan akun Riot Games untuk bermain LoL, berbeda dengan pemain dari benua lainnya.

Baca Juga: 5 Hero MLBB yang Mirip Dengan Game Riot Games, Jiplak?

Riot Games Kembali Mengambil Alih League of Legends

Poster Game Riot
Poster Berisikan Karakter dari Berbagai Game Riot. Sumber: Riot Games

Kerjasama antara Garena dan Riot Games mengenai hak penerbitan League of Legends dan Teamfight Tactics akan selesai secara formal pada bulan Januari 2023.

Hal tersebut berarti bahwa para pemain LoL Garena harus memindahkan akun mereka ke Riot Games. Setelah selesainya kerjasama tersebut, Riot Games kemudian akan membuka server Singapura untuk para pemain dari Asia Tenggara.

Pengambilalihan LoL dan Teamfight Tactics dari Garena ke Riot Games berarti bahwa Riot akan memiliki lima game yakni VALORANT, League of Legends: Wild Rift, TFT, LoL, dan Runeterra.

Sebagai transisi hak penerbitan, maka Riot akan meluncurkan server baru untuk LoL dan TFT. Maka dari itu, server Garena akan tutup pada bulan Januari 2023 dan para pemain Garena tidak bisa mengakses akun mereka setelah itu.

Terdapat cara untuk memindahkan akun LoL dari Garena ke akun Riot Games. Keduanya saat ini sedang bekerjasama untuk memastikan bahwa para pemain Garena bisa melakukan transfer akun dengan aman.

Para pemain LoL Garena sudah bisa melakukan transfer dimulai pada tanggal 18 November 2022. Bagi kamu yang ingin transfer atau link akun tersebut, yuk simak tahap-tahapnya di bawah ini!

Baca Juga: 3 Map Terbaik di Valorant, Pilihan Pro Player!

Cara Link Akun Garena dan Riot Games

Hasil Transfer Akun Riot Games dan Garena
Hasil Transfer Akun Riot Games dan Garena. Sumber: VCGamers

Riot Games secara resmi telah mengumumkan cara mudah bagi para pemain Garena untuk memindahkan semua data yang tersedia.

Menurut halaman resmi Support LoL dari Riot Games, berikut ini adalah cara link akun Garena dan Riot Games:

  1. Buka web LeagueLink dan pilih Start Linking.
  2. Login akun Garena di kolom yang tersedia.
  3. Pastikan bahwa identitas akun Garena sudah sesuai. Akun tersebut hanya bisa kamu link sekali saja.
  4. Log in ke akun Riot. Jika kamu tidak memiliki akun Riot, kamu bisa langsung membuatnya.
  5. Ikuti tahap-tahap dari Riot dan pastikan bahwa identitas akun Garena dan Riot sesuai.
  6. Halaman Ready to Link? akan muncul dan kamu bisa melihat semua identitas yang akan tergabung menjadi satu.
  7. Jika semua sudah sesuai, pilih Link Accounts.
  8. Selesai.

Setelah kamu melakukan link sesuai dengan arahan Riot, maka kamu harus menunggu hingga bulan Januari 2023 untuk bermain LoL melalui akun Riot Games yang baru saja kamu hubungkan.

Semua hal yang sudah kamu dapatkan di akun LoL Garena akan dipindahkan ke akun Riot. Hal utama yang akan berpindah adalah item kosmetik berupa skins.

Jika kamu memiliki koleksi skin di akun Garena, maka koleksi skin tersebut tetap bisa kamu gunakan di akun Riot. Tidak hanya itu, Riot juga akan memberikan hadiah berdasarkan skin yang kamu miliki.

Selain skin, Loot Inventory yang berupa essence juga akan berpindah. Tentunya RP atau Riot Points juga akan berpindah sesuai dengan penyesuaian yang dilakukan oleh Garena dan Riot.

Terakhir, kamu juga akan memiliki Champion Mastery, nama Summoner, daftar teman, dan level akun yang sama. Maka dari itu, jangan lupa untuk link akun Garena ke akun Riot ya!

Keuntungan Pindahnya League of Legends ke Riot Games

Mode Clash di Riot Games
Mode Clash di LoL Riot Games. Sumber: Riot Games

Setelah adanya migrasi League of Legends di bawah Riot Games, maka kamu bisa menikmati berbagai fitur yang hanya dimiliki oleh Riot Games.

Salah satunya adalah mode Clash. Para pemain Garena tidak memiliki mode tersebut dan pada bulan Januari nanti kamu bisa menikmati mode Clash di bawah Riot Games.

Menurut YouTuber League of Legends bernama Necrit, Garena tidak menyediakan Draft Mode ketika bermain Ranked. Setelah adanya migrasi, maka kamu bisa bermain ranked dengan Draft Mode untuk meningkatkan pengalaman kompetitif.

Setelah itu, kamu juga bisa bertemu pemain dari negara Asia Tenggara lain karena server Riot Games akan berada di Singapura.

Kemudian, terdapat 3rd Party API yang sangat membantu para pemain League of Legends ketika mereka pindah ke server Riot. Hal tersebut karena kamu bisa melacak statistik pemain melalui 3rd Party API contohnya dengan OP.GG.

Terakhir, kamu juga bisa menikmati Esports Drops yang berisikan berbagai macam hadiah. Sebelumnya, kamu tidak bisa mendapatkan Esports Drops karena Garena tidak mengimplementasikan sistem tersebut.

Demikian pembahasan mengenai perpindahan League of Legends dari Garena ke Riot Games, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk migrasi akun ya!

Penuhi berbagai kebutuhan top up game hanya di VCGamers Marketplace dan nikmati promo yang masih tersedia!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID